Beranda » Wisata Jepang » Hitachi Seaside Park Jepang, Indahnya Surga Bunga di Ibaraki
Hitachi Seaside Park Jepang, Indahnya Surga Bunga di Ibaraki

Hitachi Seaside Park Jepang

Hitachi Seaside Park Jepang, Indahnya Surga Bunga di Ibaraki

Di Prefektur Ibaraki, terdapat sebuah tempat yang terdapat hamparan jutaan bunga warna warni. “Lautan bunga”, mungkin 2 kata itulah yang akan terlintas di pikiran kita ketika berwisata ke Hitachi Seaside Park, Jepang. Terlihat semuanya di kelilingi bunga-bunga yang mempesona seakan kita berada di taman surga.

Hitachi Seaside Park atau dalam bahasa Jepang Hitachi Kaihin Koen adalah obyek wisata terpenting dan paling terkenal di Prefektur Ibaraki. Taman seluas hampir 200 hektar sudah dibuka untuk umum sejak tahun 1991. Ada jutaan tanaman bunga di sini yang mekar di musim yang berbeda-beda menjadikan Taman Hitachi dapat dinikmati sepanjang tahun dengan pesona dan kecantikan yang berbeda—beda setiap musimnya. Surga bunga buatan Jepang ini mempunyai banyak jenis bunga, salah satu bunga yang terkenal adalah bunga Nemophila. Taman ini telah dikenal karena bunga biru matanya, dengan mekar 4,5 juta bunga biru petualang yang tembus pandang di mata air yang menarik wisatawan. Selain taman, Hitachi Seaside Park juga dilengkapi dengan taman hiburan mini, lintasan sepeda dan jalan kaku. Desain taman luas dengan kebun bunga yang indah di tepi laut adalah daya tarik utamanya.

jadwal promo paket wisata tour ke jepang terbaru

Dimana Hitachi Seaside Park itu?

Hitachi Seaside Park terletak di sisi Samudera Pasifik pantai Jepang, atau lebih tepatnya di Hitachinaka, Ibaraki, Jepang.  Taman seluas 350 hektar ini menggabungkan keindahan alam dari bukit pasir, hutan, padang rumput dan mata air. Dengan 200 hektar luasnya merupakan taman yang merupakan rumah bagi beragam bunga dan rumput berwarna-warni di sepanjang empat musim.

Hitachi Seaside Park Jepang

Hamparan bunga di Hitachi Seaside Park

Selain kebun bunga, kita juga dapat menikmati pemandangan Hitachi Seaside Park dari atas saat menaiki Giant Flower Ring Ferris Wheel selama 12 menit. Hitachi Seaside Park terbagi dalam beberapa area. Berikut beberapa area di Hitachi Seaside Park :

  • West Entrance Area
    Di area ini terdapat 3 bagian taman. Terdiri dari Suisen Garden, Tamago No Mori Flower Garden dan Kinen No Mori Footpath. Dalam Suisen Garden jenis bunga yang di tanam adalah Narcissuse yang akan mekar dan bagus untuk di kunjungi pada bulan Maret dan April. Sementara di Tamago No Mori Flower Garden terdapat berbagai jenis Tulip yang cocok di kunjungi pada bulan April khusus nya pertengahan hingga akhir bulan. Untuk Kinen No Mori Footpath sendiri terdiri dari berbagai macam bunga. Diantaranya adalah Narcissus, Cristmas Rose, Licorise, Nerine. Dan berbagai macam bunga lainnya yang bisa di lihat sepanjang tahun jadi tidak perlu musim khusus untuk mendatangi Kinen No Mori Fottpath ini.
  • Ocean View Area
    Area ini terbagi menjadi 4. Yang pertama adalah Miharashi No Sato yang di dalam nya terdapat Tenderstem yang bisa di lihat di bulan April dan Mei. Sun Flower atau bunga matahari pada bulan Agustus, Soba pada bulan Oktober dan Zinnia pada bulan Juli sampai September. Yang kedua adalah Miharashi No Oka Nemophila yang di dalam nya terdapat bunga jenis Nemophila yang bisa di lihat pada bulan April dan Mei. Yang ketiga adalah Mirahashi No Oka Kochia. Di dalam nya terdapat jenis dari Kochia yang akan berwarna hijau pada musim panas antara Juli sampai September dan akan berubah menjadi merah pada bulan September dan Oktober. Yang terakhir adalah Mirahashi No Oka Cosmos yang baik di kunjungi pada bulan September dan Oktober untuk melihat berbagai jenis dari bunga Cosmos.
  • Grassland Area
    Hanya ada dua area di dalam Grassland Area ini yaitu Daisogen Flower Garden dan Hitachino Path. Di Daisogen Flower Garden terdapat tiga jenis bunga yaitu Poppies dan Linaria yang akan mekar di musim semi pada bulan Mei sampai Juni dan ada pula dari jenis Various Cosmoses yang akan mekar pada musim gugur pada bulan September dan Oktober. Sementara di Hitachino Path ada jenis bunga dari Bush Clovers dan Ominaeshi yang paling bagus di kunjungi pada musim gugur dari bulan Agustus sampai November.
  • Pleasure Garden Area
    Sedangkan ini adalah area khusus bunga Mawar / Rose yang akan mekar pada musim semi dan musim gugur. Dalam Hitachi Rose Garden ini pada ada sekitar 3400 an batang dari 120 jenis bunga mawar di dunia yang akan mekar secara bersamaan disini. Bisa di pastikan taman ini akan menjadi tempat yang paling romantis bersama pasangan sambil menikmati indah nya bunga mawar yang sedang mekarnya.
  • Sand Hill Area
    Di Sand Hill Area ini ada sekitar 6 kebun yaitu Sakyu Kansatsu Enro, Sakyu Garden, Kaori No Tani, Rock Garden, Ice Tulip, dan Sareki Garden. Di Sakyu Kansatsu Enro terdapat bunga lili dari jenis Sukashiyuri yang sedang tumbuh dan berkembang yang bagus di kunjungi pada bulan Mei sampai Oktober. Sankyu Garden juga terdapat beberapa jenis lili dan linarias yang akan mekar pada bulan Juli dan Agustus. Sedangkan di Kaori No Tani ada berbagai jenis Lavender, Rosemary, dan Cristmas Rose yang bagus di kunjungi pada bulan Maret sampai Oktober. Untuk bunga Tulip bisa di lihat di Ice Tulip pada bulan Desember dan Januari. Yang terakhir adalah Sareki Garden yang di dalam nya terdapat jenis Tiger Lili. Jenis Lili ini bisa di lihat sepanjang tahun selain Desember dan Januari.

Sejarah Hitachi Seaside Park

Di masa lampau, lahan ini digunakan untuk aktivitas militer tentara Jepang yang kemudian digunakan oleh tentara Amerika Serikat setelah Perang Dunia Kedua. Amerika Serikat kemudian mengembalikan lahan tersebut kepada pemerintah Jepang pada tahun 1973 yang kemudian oleh pemerintah Jepang dibangun menjadi sebuah taman. Ketika pertama kali dibuka pada tahun 1991, taman Hitachi hanya seluas 70 ha namun setelah itu diperluas hingga beberapa kali. Hingga saat ini taman ini terkenal dengan ukurannya yang luas yakni sekitar 350 ha, atau lima kali ukuran Tokyo Disneyland. Karena ukurannya yang luas ini, beragam spesies bunga banyak terdapat di taman ini.

Waktu Terbaik Untuk Mengunjungi Hitachi Seaside Park

Semua waktu adalah waktu yang tepat dan terbaik. Karena sepanjang empat musim, bunga-bunga di Hitachi Seaside Park selalu bermekaran dengan jenis bunga yang berbeda-beda di setiap musimnya. Hitachi Seaside Park juga menjadi tuan rumah Festival Rock in Japan di bulan Agustus setiap tahunnya.

  • Hitachi Seaside Park Musim semi (Spring): akhir April sampai awal Mei

Jutaan nemophila biru atau mata biru bayi merupakan daya tarik utama dari Hitachi Seaside Park di musim semi (spring). Terlepas dari nemophila blue, tulip juga bermekaran di Park. Waktu terbaik untuk mengunjungi Hitachi Seaside Park di musim semi adalah dalam liburan Golden Week, 29 April – 5 Mei. Terkadang mata biru bayi masih mekar hingga minggu kedua bulan Mei namun tidak akan semulus akhir April hingga awal Mei. Di taman ini akan sangat padat pada waktu ini. Usahakan tiba sebelum waktu pembukaan dan mulailah mengantri.

Bunga Nemophila di Hitachi Seaside Park Awal Mei

Hamparan Bunga Nemophila di Hitachi Seaside Park

  • Hitachi Seaside Park Musim Panas (Summer): pertengahan Agustus

Kochia hijau dan bunga matahari adalah daya tarik utama musim panas di Hitachi Seaside Park. Jauh lebih baik mengunjungi Taman ini saat bunga matahari bermekaran. Kochia hijau masih akan tumbuh sampai akhir September sampai awal Oktober sebelum mulai berubah warna di musim gugur. Di musim panas, pertengahan Agustus adalah waktu terbaik untuk mengunjungi Hitachi Seaside Park saat bunga matahari bermekaran dan warna hijau kochia berada pada kondisi terbaik.

Kochia Hijau

Bunga Kochia berwarna Hijau di Musim Panas

  • Hitachi Seaside Park Musim Gugur (Autumn): Minggu Ketiga atau Keempat Oktober

Kochia hijau akan benar-benar berubah menjadi warna merah terang di bulan Oktober. Tidak banyak orang tahu kochia merah di masa lalu, sampai muncul di berita. Saat ini, koordinat merah adalah pemandangan fotografer yang paling banyak dicari di musim gugur. Selain keindahannya, jauh lebih mudah memotret kochia merah dibandingkan dengan mata biru bayi di musim semi. Cosmos juga mekar di musim ini dan bertahan hanya selama seminggu. Merah kochia terakhir dua minggu sebelum benar-benar mengubah warna menjadi coklat lalu mati. Minggu ketiga atau keempat bulan Oktober adalah waktu terbaik untuk mengunjungi Hitachi Seaside Park saat warna merah kochia adalah yang paling terang dan semua cosmos bermekaran.

>> Paket Tour Jepang Paling Populer <<

Bunga Kochia dan Cosmos di Hitachi Seaside Park pertengahan oktober

Bunga Kochia dan Cosmos

  • Hitachi Seaside Park Musim Dingin (Winter): Desember sampai Januari

Bunga Tulip bisa di lihat di Ice Tulip pada bulan Desember dan Januari. Yang terakhir adalah Sareki Garden yang di dalam nya terdapat jenis Tiger Lili. Jenis Lili ini bisa di lihat sepanjang tahun selain Desember dan Januari.

Bunga Tulip

Bunga Tulip

Event yang ada di Hitachi Seaside Park

1. Suisen Fantasy (Musim Semi, akhir Maret-awal April)
Di musim semi, bunga-bunga bakung di taman ini bermekaran sempurna. Jika sudah sering merasakan hanami, kita tantang untuk merasakan pengalaman berjalan diantara jutaan bunga bakung dan nikmati semerbaknya harum kebun bunga bakung terbesar yang ada di Jepang ini. Tidak ketinggalan juga bunga Sakura yang menjadi incaran musim semi.

Bunga Narcissus di Hitachi Seaside Park awal April

Suisen Fantasy

2. Tulip World (Musim Panas, akhir April)
Setelah Suisen Fantasy Derakhir, kita bisa mengikuti event Tulip World. Lebih dari 250 ribu bunga tulip dari 200 spesies bunga tulip beraneka bentuk dan warna siap memberikan pengalaman dunia yang penuh warna. Keindahan bentuk dan warna tulip kini tidak hanya bisa dinikmati dari foto di komputer saja, namun bisa dirasakan secara langsung.

3. Nemophilia Harmony (awal Mei)
Lebih dari 4.5 juta tanaman bunga Nemophilia akan bermekaran. Melihat dari ketinggian bukit Mirahashi, kelopak bunga nemophilia yang benwarna biru muda cerah akan berpadu sempurna dengan warna biru langit.

4. Lavender dan Sukashiyuri lily
Bunga-bunga lavender dengan warna ungunya yang khas akan mulai bermekaran di awal musim panas (sekitaran awal hingga pertengahan Juli). Kemudian dilanjutkan dengan bunga lily berwarna putih dengan aksen warna cerah lainnya yang mekar dari awal Juli hingga awal Agustus.

Bunga Lavender

Bunga Lavender di Hitachi Seaside Park Pertengahan Juli

5. Cochia Lightup (Agustus)
Di puncak musim panas dari awal bulan Agustus, akan diadakan Cochia Lightup, yakni festival pencahayaan di kebun tanaman Cochia sepanjang liburan musim panas. Lokasinya biasanya berada Miharashi No Oka, kebun tanaman terbesar di Hitachi Seaside Park, yang punya lebih dari 32.000 pohon cochia. Pohon ini awalnya bewarna hijau, namun berubah warna menjadi merah di musim panas.

6. Cochia Karnival (awal- pertengahan Oktober)
Di awaI musim gugur, pohon kochia berubah warna dari hijau menjadi pink menyala. Bentuknya yang seperti bulat membuat kita seperti melihat bola-bola pink tersebar di seluruh area taman. Jangan lupa juga melihat mekarnya Iebih dari 2 juta bunga cosmos yang di sisi bukit lainnya. Gradasi warna putih, merah, dan pink menjadi pemandangan yang sayang untuk dilewatkan.

Bermain di Pleasure Garden Hitachi Seaside Park

Selain menikmati pemandangan kebun bunga yang indah untuk setiap musimnya, teman-teman juga bisa menikmati beragam permainan di Pleasure Garden yang masuk dalam kawasan Taman Hitachi. Seluruh wahana di sini dirancang untuk permainan keluarga. Ada Water Plaza (wahana permainan air), Gururi Forest Labirin (Wahana Labirin Raksasa), roller coaster, dan area bermain golf untuk keluarga.

Pleasure Garden Hitachi Seaside Park

Pleasure Garden Hitachi Seaside Park

Wahana favorit adalah Flower Ring atau Kincir raksasa yang akan membawa kita ke ketinggian 100 meter dari atas permukaan tanah. Dari puncak, kita bisa melihat pemandangan kebun bunga dengan latar belakang laut Pasifik. Kalau ingin mencoba yang lebih menantang, dapat naik roller coaster dan Disk-O (mirip dengan tornado). Kombinasi unik antara kemajuan teknologi yang terletak di tengah taman yang cantik.

Tiket permainan untuk wahana dijual terpisah mulai dari harga 100-600 yen (bergantung pada jenis wahana). Loketnya bisa ditemukan di sekitar wahana permainan, sebagai catatan ada batasan tinggi (tidak untuk semua umur).

Flower Ring

Flower Ring di Pleasure Garden Hitachi Seaside Park

Wisata Kuliner di Hitachi Seaside Park

Setelah puas menikmati pemandangan bunga-bunga, atau berkeliling area taman dengan bersepeda, kita bisa mencoba makanan khas Ibaraki di Garden Restaurant. Atau jika hanya ingin minum kopi atau teh, juga bisa berkunjung ke Glasshouse dan Lakeside Cafe. Ada beberapa cafe lainnya seperti, BBQ Area, Kinen no Mori Rest House, Soyokaze Kitchen, Mori no Fuwafuwa Crepe Shop dan Kuma-san no Castella. Santaplah kuliner di tempat ini sambil menikmati pemandangan taman yang menawan. Jangan lupa juga untuk mengambil foto-foto kenangan di sini ya!

Informasi Tambahan (Harga Tiket Masuk)

Hitachi Seaside Park buka di jam 09.30 sampai jam 16.30. Harga Tiket masuk Hitachi Seaside Park adalah : dewasa (410 yen), senior (210 yen), untuk anak-anak 7-14 tahun (80 Yen), dan balita gratis.

Cara ke Hitachi Seaside Park

  • Dari Stasiun Tokyo atau Stasiun Ueno bisa naik kereta ekspress Hitachi, ongkosnya 3820 yen dengan waktu perjalanan 1 jam 10 menit. Kalau terlewat kereta ekspress Hitachi-nya, bisa juga dengan kereta ekspress Tokiwa dengan waktu 1 jam 23 menit sampai stasiun Katsuta.
  • Dari Stasiun Katsuta kemudian naik bus Ibaraki Kotsu dari halte nomor 2 stasiun Katsuta sampai ke halte Hitachi Seaside Park pintu selatan (sekitar 15 menit dengan ongkos 400 yen). Bisa juga naik kereta limited ekspress Hitachi dengan waktu tempuh 70 menit dan ongkos 3.610 Yen. Semua biaya perjalanan dengan kereta JR ke Hitachi Seaside Park tercover oleh JR Pass dan JR Tokyo Wide Pass. Harga tiket masuk Hitachi Seaside Park adalah sebagai berikut: dewasa 410 yen, senior (di atas 65 tahun) 210 yen, anak sekolah 80 yen, dan balita gratis. Saat festival bunga musim semi tanggal 25 Maret sampai 14 Mei, Taman Hitachi Seaside Park buka setiap hari!

Panorama Hitachi Seaside Park


suasana taman bunga di hitachi seaside park

Hamparan Bunga Nemophila

Hitachi Seaside Park

Hitachi Seaside Park terletak di sisi Samudera Pasifik pantai Jepang, atau lebih tepatnya di Hitachinaka, Ibaraki, Jepang. Taman seluas 350 hektar ini menggabungkan keindahan alam dari bukit pasir, hutan, padang rumput dan mata air.
  • Berlokasi di : Hitachinaka, Jepang
  • Alamat : Jepang, 〒312-0012 Ibaraki Prefecture, Hitachinaka, Mawatari, 大沼605−4
  • Telepon: +81 29-265-9001

Video Hitachi Seaside Park

# Bagikan informasi ini kepada teman atau kerabat Anda

Leave a Reply

Kontak Kami

Apabila ada yang ditanyakan, silahkan hubungi kami melalui kontak di bawah ini.