Beranda » Paket Tour Jepang Januari 2019

Paket Tour Jepang Januari 2019

Paket Tour Jepang Januari 2019

Paket Tour Jepang Januari 2019

Moshi moshi Minna-san!! Ogenki desuka?

Di Jepang sedang musim dingin loh!! Bayangin gimana keseruan musim dingin itu, saat salju turun dan mulai menutupi sebagian area jalan, pepohonan, rumah-rumah hingga semuanya tertutup dan menjadi berwarna putih bersih. Ditambah lagi dengan udara yang dingin dan semakin dingin. Dan yang tak kalah serunya kita bisa bermain ski, membuat bola salju, hingga berguling-guling di atas salju serta menyaksikan berbagai festival dan iluminasi musim dingin.

Ada yang lebih menarik lagi, saat ramalan cuaca besok akan hujan tetapi suhu udara mencapai -1゜bahkan -3゜jadi yang turun bukanlah air melaikan salju. Dan saat melihat salju turun dengan lambatnya hingga menghilang adalah salah satu kebahagiaan yang langka untuk dirasakan. Yakin.. tak ingin pergi ke Jepang. Sangat disayangkan jika di musim yang sangat ditunggu-tunggu ini anda melewatkannya. Bersama kami dengan Paket Tour Jepang Januari 2019 rasakan sensasi musim dingin yang luar biasa saat musim dingin berada di puncaknya.

Bagaimanakah Bulan Januari di Jepang?

  • Tanggal 1 – Ganjitsu (Tahun Baru)

Udara yang sangat dingin di tengah-tengah salju, banyak orang yang bepergian mengunjungi kuil untuk berdo’a memohon kesehatan di tahun ini atau ada juga yang pergi untuk melihat matahari tahun baru. Dan saat matahari mulai menampakkan keberadaannya menyusup di antara udara yang dingin, sungguh sebuah keindahan yang tak boleh terlewatkan. Sedangkan yang di rumah menikmati masakan khas Tahun Baru yaitu Osechi ryori. Makanan ini dipersiapkan untuk tiga hari pertama Tahun Baru.

osechi ryori

Osechi ryori

  • Tanggal 1 sampai 3 – Hatsu-mode (kunjungan pertama dalam tahun tersebut ke kuil atau tempat suci)

Hatsu-mode merupakan kegiatan untuk mengunjungi ke kuil atau sebuah tempat suci yang dilakukan pada awal tahun baru untuk berdo’a memohon kesehatan anggota keluarga, kedamaian dunia, kenaikan pangkat, dll. Dulu, biasanya kunjungan dilakukan pada malam Tahun Baru, saat gong sedang berbunyi. Namun saat ini, pada umumnya kunjungan dilakukan pada salah satu hari di tiga hari pertama dalam tahun tersebut. Kuil yang dikunjungi, seperti Kuil Yasaka (Kyoto), Kuil Naritasan Shinsho-ji (Propinsi Chiba), Kuil Meiji (Tokyo), Kuil Kawasaki Daishi (Propinsi Kanagawa), dan Kuil Sumiyoshi (Osaka).

Hatsu-mode

Hatsu-mode

  • Tanggal 2 – Shin-nen Ippan Sanga (ucapan selamat Tahun Baru dari masyarakat kepada Keluarga Kaisar)

Khusus di tanggal 2 Januari setiap orang bisa memasuki Lingkungan Istana Kekaisaran di Tokyo yang biasanya tertutup untuk masyarakat umum. Mereka masuk untuk memberi ucapan selamat Tahun Baru kepada anggota Keluarga Kaisar, yang melambaikan tangan kepada masyarakat dari balkon istana yang menghadap Taman Timur. Para penduduk ini dibolehkan masuk ke lingkungan istana sejak berakhirnya Perang Dunia II.

Shin-nen Ippan Sanga

Shin-nen Ippan Sanga

  • Tanggal 11 (tanggal 4 atau 20 di beberapa daerah) – Kagami-biraki (Memotong kue beras Tahun Baru)

Secara tradisional kue beras kagami-mochi yang bulat besar dipersembahkan kepada para dewa selama perayaan Tahun Baru, kemudian pada tanggal ini kue mochi tersebut dipotong menjadi potongan kecil lalu dimakan dengan o-shiruko (sup kacang azuki) atau o-zoni (sup sayur) yang menandakan bahwa Tahun Baru dianggap telah selesai.

  • Tanggal 15 (kira-kira) – Dondo-yaki

Acara pada Kuil Torigoe di Tokyo ini sangat terkenal. Hiasan Tahun Baru, seperti Shime-kazari (ornamen tali jerami) dan Kado-matsu (hiasan rangkaian tanaman), dibawa ke kuil setempat atau tempat lainnya untuk dibakar. Dan bagi yang menghangatkan diri di dekat apinya mitosnya dapat memberikan kesehatan yang baik dan kebahagiaan selama setahun. Upacara ini dilakukan di seluruh negeri.

  • Hari Senin Kedua bulan Januari – Seijin no Hi (Hari Usia Dewasa)

Walaupun perayaan tahun baru sudah berakhir, tetapi masih ada perayaan di bulan Januari ini, yaitu hari kedewasaan. Hari Usia Dewasa atau Kedewasaan ini adalah untuk merayakan orang-orang yang akan berusia 20 tahun pada tahun tersebut. Dengan berkumpul di aula daerah masing-masing dan para perempuan mengenakan kimono Furisode sedangkan para laki-laki mengenakan Hakama atau setelan jas untuk melakukan upacara kedewasaan. Dan mendengarkan pidato dan acara yang bertujuan untuk menanamkan kesadaran terhadap status mereka sebagai orang dewasa.

Seijin no Hi

Seijin no Hi

Ternyata musim dingin bulan Januari di Jepang ini sangat menyenangkan. Apalagi mulai dari awal Januari hingga akhir Januari banyak sekali toko yang memberikan diskon kepada setiap pembelinya. Jadi tunggu apa lagi?? Siapkan liburan tour ke jepang musim dinginmu bersama kami Tripjepang.co.id.

Pilihan paket Tour ke Jepang bulan Januari :

Comments are closed.

Kontak Kami

Apabila ada yang ditanyakan, silahkan hubungi kami melalui kontak di bawah ini.

HUBUNGI KAMI VIA WHATSAPP