Dotonbori Jepang, Tempat Wisata Bersejarah dan Pusat Perbelanjaan di OsakaDotonbori Jepang, Tempat Wisata Bersejarah dan Pusat Perbelanjaan di Osaka

Dotonbori Jepang, Tempat Wisata Bersejarah dan Pusat Perbelanjaan di Osaka

By

Dotonbori Jepang, Tempat Wisata Bersejarah dan Pusat Perbelanjaan di Osaka

Dotonbori Jepang, Tempat Wisata Bersejarah dan Pusat Perbelanjaan di OsakaDotonbori Jepang, Tempat Wisata Bersejarah dan Pusat Perbelanjaan di Osaka
Dotonbori Jepang

Dotonbori adalah salah satu tempat wisata di Osaka yang letaknya di sebelah pusat perbelanjaan Shin Saibashi. Dotonbori ini juga dikenal sebagai kawasan bersejarah karena sudah ada sejak tahun 1612. Nama Dotonbori digunakan untuk menyebut kawasan yang membentang sepanjang Kanal Dotonbori, dari Jembatan Dotonboribashi hingga ke Jembatan Nipponbashi di Distrik Namba, Osaka. Kanal Dotonbori memegang peranan penting bagi perdagangan di masa itu. Sampai saat ini kanal itupun masih ada. Dan di sepanjang sungai juga terdapat banyak pusat perbelanjaan yang disebut Tombori River Walk yang merupakan tempat terkenal untuk berkumpul.

Dotonbori tak hanya berbicara tentang kawasan bersejarah, Dotonbori juga merupakan pusat perbelanjaan, gastronomi, dan hiburan di sisi selatan Kanal Dotonbori. Di seruas jalan antara Jembatan Dotonbori dan Jembatan Nipponbashi ini terdapat berbagai macam rumah makan dan fasilitas hiburan. Dotonbori ini juga merupakan tempat yang terkenal untuk kuliner dan juga dikenal sebagai “Kuidaore” atau “Dapurnya Nasional”. Di Dotonbori terdapat restoran yang terkenal dan bagus untuk masakan kepiting, Okonomiyaki, dan Takoyaki. Karena memang di Osaka, banyak orang dapat menikmati beberapa makanan yang sangat enak dengan harga yang sangat rendah. Dan banyak orang dari dalam maupun luar Jepang mengunjungi tempat ini setiap tahun untuk wisata kuliner lokal.

jadwal promo paket wisata tour ke jepang terbaru

Dotonbori Sebagai Oasis Kota Osaka yang Tak Pernah Tidur

Dotonbori menjadi area ikonik yang tak pernah sepi pengunjung. Baik dari dalam maupun luar negeri. Dotonbori memang penuh energi dan kegembiraan. Papan-papan iklan dan lampu-lampu neon berukuran besar menghiasi gedung-gedung restoran dan hiburan malam di tepi Kanal Dotonbori. Hal yang menarik hingga menjadi pusat perhatian para pengunjung adalah adanya lampion fugu rumah makan Zuboraya, kepiting papan reklame Kani Douraku, jajanan khas Osaka (okonomiyaki, takoyaki, dan udon), dan neon Glico. Di sekitar area ini juga terdapat teater idola NMB48, teater bunraku, gedung bioskop, dan gedung sandiwara komedi/manzai Namba Grand Kagetsu. Dotonbori yang menjadi simbol kota Osaka, berulang kali dijadikan lokasi film Jepang maupun luar negeri.

Di kedua sisi kanal Jembatan Ebisubashi terdapat promenade Tonbori Water Park yang dilengkapi tempat-tempat duduk. Di tepi kanal juga terdapat pusat diskon Don Quijote yang memiliki kincir ria berbentuk elips. Kemudiaan ada Jembatan Ebisubashi merupakan ujung selatan dari arkade perbelanjaan Shinsaibashi. Di Dotonbori juga terdapat sebuah kuil yang dibangun pada tahun 1637 bernama Hozen-ji. Dengan adanya kuil ini diharapkan akan mendatangkan keberuntungan. Di depan kuil ada sebuah gang sempit berlantai batu yang disebut Hozen-ji Yokocho.

Dotonbori.jpg
Dotonbori Osaka

Dotonbori adalah tempat yang menghibur dan tak akan terlupakan selama bertahun-tahun ke depan. Jelajahi jalan mengagumkan ini dengan sebuah penggabungan dari segala sesuatu yang ada di Osaka. Dan yang pasti kita juga akan terpesona oleh banyak sekali lampu neon, labirin jalan-jalan dengan toko-toko multi warna termasuk pachinko, karaoke, toko obat, butik, toko-toko suvenir hingga restoran yang melayani semua jenis permintaan. Jalan ini selalu penuh kebisingan, penuh cahaya, penuh energi. Dotonbori adalah jantung dari Osaka, sebuah jalanan yang tidak pernah tidur.

Sejarah Dotonbori

Yasui Doton (Nariyasu Doton, 1533-1615) bersama adiknya, Ando Toji, Hirano, dan Yasui Doboku adalah pengusaha Osaka yang membangun kanal dengan memakai uang sendiri. Pembangunan dimulai pada tahun 1612 oleh Yasui Doton setelah mendapat perintah dari Toyotomi Hideyoshi. Pembangunan selesai pada tahun 1615. Untuk mengenang Yasui Doton yang memulai pembangunan kanal, maka Matsudaira Tadaaki menamakan dengan Dotonbori (Kanal Doton).

Penaataan kawasan ini mulai pada tahun 1621. Pada Keshogunan Edo kawasan selatan Dotonbori ditetapkan sebagai pusat gedung pertunjukan dan distrik hiburan. Hingga selama berabad-abad Dotonbori dikenal sebagai gedung teater bunraku dan kabuki. Banyak rumah makan mulai bermunculan untuk memenuhi kebutuhan penonton, artis, dan orang-orang yang mendatangi keramaian. Dan Dotonbori pun berkembang menjadi pusat epikureanisme penduduk Osaka sekaligus pusat kota di kawasan Minami. Hingga akhirnya kawasan sekitar Dotonbori di terjang tsunami yang gempa bumi Nankai 1854 dan mengakibatkan kawasannya terendam air.

Jembatan Ebisubashi dan Neon Glico yang berada di atasnya termasuk salah satu simbol kota Osaka. Di Jembatan Ebisubashi ada tradisi meloncat dari atas jembatan yaitu para penggemar tim bisbol Hanshin Tigers bila timnya menjadi juara. Jembatan Ebisubashi dibangun pada tahun 1925 yang hampir bersamaan dengan digalinya kanal. Kemudian di renovasi yang membutuhkan waktu 3 tahun dan selesai pada 22 November 2007.

Berbagai Pesona di Dotonbori Osaka Jepang

Dotonbori memang memiliki pesona tersendiri. Tetapi apa saja hal menarik yang mempesona yang bisa dinikmati selama di Dotonbori?

  • Banyak Kedai dengan Papan Nama yang Menarik

Di Dotonbori ini terdapat banyak kedai yang memiliki papan nama menarik. Misalnya papan nama kedai sushi ini yang menggambarkan tangan koki sushi yang sedang membuat sushi. Ada juga papan nama kedai takoyaki yang terlihat mencolok ini sehingga sekali lihat, orang-orang akan tahu bahwa kedai ini menjual takoyaki. Lalu, papan nama kedai gyoza. Gyoza adalah masakan Cina, terbuat dari daging cincang yang dibungkus dengan adonan tepung yang dipipihkan (seperti kulit pangsit). Tetapi, gyoza ala Jepang lebih sering dimasak dengan cara dipanggang di atas wajan besi. Dan papan kedai masakan ikan buntal yang juga tidak kalah menarik. Agar dapat bersaing dengan kedai-kedai lainnya, maka papan kedai dibuat semenarik mungkin.

Dotonbori Food
Dotonbori Food
  • Semua Jenis Kuliner Khas Osaka Ada di Dotonbori

Di Dotonbori, kita dapat menemukan semua kuliner khas Osaka. Di sini kita bisa membeli takoyaki, kuliner khas Osaka yang paling terkenal, untuk menemani kita selama berjalan-jalan di Dotonbori. Bila tidak suka makan sambil berjalan, di sepanjang pinggir sungai juga tersedia bangku yang dapat digunakan. Ada takoyaki yang unik di Dotonbori ini, yaitu Kurotako (takoyaki hitam).

Selain takoyaki, ada juga Kani Doraku yang direkomendasikan bagi pengunjung. Kedai yang menjual masakan berbahan dasar kepiting. Di bagian luar kedai juga dijual kepiting bakar. Selanjutnya ada kedai Kinryu Ramen. Di bagian atas kedai ini terdapat naga besar. Tak hanya eksterior kedai yang menarik namun interiornya pun tak kalah menarik. Kemudian ada Tatami (lantai dari anyaman jerami) dan meja diletakkan di pinggir jalan sehingga pelanggan makan mie ramen sambil dilihat orang-orang yang lewat. Bila makan di sini, kita akan makan sambil dilihat oleh pengunjung yang berlalu-lalang di Dotonbori.

takoyaki dotonbori kukuru
Takoyaki Dotonbori Kukuru
  • Menelusuri Sungai Dotonbori dengan Perahu Motor

Hal yang menarik lainnya adalah kita bisa menikmati pemandangan hiruk-pikuk Dotonbori dari atas Sungai Dotonbori dengan naik perahu motor. Apalagi jika kita naik perahu ini dimalam hari, maka suasana yang didapat akan lebih romantis. Atau tur dengan kapal di sore hari akan memberikan sensasi yang berbeda karena kita bisa melihat matahari terbenam, dan di saat yang bersamaan melihat puluhan lampu neon pada billboard di sepanjang pinggiran kanal menyala.

>> Paket Tour Jepang Paling Populer <<

Naik Perahu di Dotonbori
Naik Perahu di Dotonbori

Panorama Dotonbori

Tips Mengunjungi Dotonbori

  • Dotonbori akan lebih mempesona jika dikunjungi dari sore hari hingga malam hari. Selain banyak yang menawarkan makanan hangat dengan harga murah, kita juga bisa berfoto di spot terkenal.
  • Jika masuk ke dalam restoran jangan lupa tanya “Charji?” Karena ada beberapa restoran yang mengenakan biaya tambahan.
  • Jika berkunjung di waktu yang tepat, kita bisa melihat cara pembuatan makanan Jepang seperti takoyaki dan sushi. Dari memotong ikan atau gurita, cara mengolahnya hingga siap disajikan.

Video Dotonbori

Tempat Wisata di Dekat Dotonbori

  • Tombori River Cruise Osaka
    Tur dengan naik kapal menyusuri sungai Dotonbori
  • Namba
    Merujuk kepada seluruh area Minami Osaka yang menjadi tempat wisata paling terkenal di Osaka. Jika pergi ke Dotonbori jangan lupa untuk mengunjungi tempat yang satu ini. Kita bisa jalan-jalan di Namba Osaka.
  • Shin-saibashi
    Pusat perbelanjaan dan restoran di area Namba

Kegiatan Seru di Dotonbori

  • Foto dengan Dotonbori Toko Signboard

Dotonbori memiliki banyak papan toko terkenal. Ada Kani Doraku memiliki kepiting raksasa dengan bergerak cakar. Zuboraya yang telah menyalakan lentera kertas dalam bentuk ikan pukulan. Gurita raksasa yang mengintai luar restoran, iklan yang takoyaki favorit Osaka atau babak belur bola gurita dapat ditemukan di dalam. Model raksasa sushi, naga dan wajah seorang atlet dalam kemenangan yang disebut Glico Man.

Glico Man di Dotonbori
Glico Man di Dotonbori
  • Menikmati Iklan Illuminated besar dan Lampu Neon

Dotonbori juga dikenal sebagai jalan yang tidak pernah tidur. Salah satu alasannya karena papan iklannya yang selalu menyala. Melihat iklan tersebut dengan lampu neon yang mentyertainya di seluruh sisi toko adalah hal yang menarik di Dotonbori.

  • Wisata Kuliner Lokal

Osaka dikenal sebagai surga makanan di Jepang, khususnya di sini di Dotonbori. Dari kios takoyaki hingga restoran okonomiyaki, kita tidak akan pernah merasa cukup dengan keahlian memasak yang berlimpah di sini.

takoyaki di Dotonbori
Takoyaki di Dotonbori
  • Carilah 100 Yen Toko

Dotonbori dibanjiri banyak toko-toko mulai dari outlet pakaian untuk kios souvenir. Dalam hal ini, kita dapat menemukan pernak-pernik kecil, seperti permen, stasioner, hadiah kecil dan patung ‘Biliken dewa Osaka keberuntungan’. Ada juga anime dan manga toko jika kita tertarik untuk hiburan Jepang ini. Salah satu toko yang mungkin tidak pernah terdengar adalah 100 Yen toko, di mana semuanya dihargai 100 Yen. Ini sangat populer di Jepang dan kita akan menemukan begitu banyak item lucu dan unik tidak dapat ditemukan di tempat lain, atau untuk yang harga murah.

  • Lihat Teater Jepang

Kita dapat menemukan berbagai drama di layar. Beberapa teater seperti Teater Yoshimoto yang menampilkan drama komedi, ada teater kabuki, gaya teater yang menggunakan topeng dan menari dari Kuno Jepang. Dan masih banyak teater-teater yang lainnya.

  • Lihat Tradisional Wayang

Salah satu jenis drama yang ditampilkan dalam teater Dotonbori adalah bunraku. Ini adalah jenis permainan di mana wayang bercerita bukan aktor. Banyak mengunjungi acara-acara ini di Dotonbori sebagai bentuk seni ini berasal di sini di abad ke-17. Kita biasanya akan menemukan salah satu acara ini bermain di Teater Nasional Bunraku.

  • Berjalan-jalan di Sepanjang Canal

Dotonbori itu sendiri terletak di sebelah kanal, dan banyak hal menarik terjadi di sepanjang promenade berair ini. Jika ingin melihat kehidupan malam dari Osaka, berjalan-jalan sepanjang kanal akan didampingi oleh pemain musik dan suara dari toko-toko terdekat. Jika merasa lelah setelah berjalan-jalan bisa mencari hotel di dekat Dotonbori untuk beristirahat.

  • Mengunjungi Hozen-Ji Temple

Alasan yang menarik untuk mengunjungi kuil ini adalah untuk melihat lampion di sekitar kuil, yang indah karena mereka menyala dan mengeluarkan cahaya hangat untuk pengunjung yang datang suci ini.

Hozen-Ji Temple
Hozen-Ji Temple
  • Mendengar Musik Jazz

Di Dotonbori juga ada ruang jazz dan kafe, dan musisi jazz internasional diundang untuk bermain di sana. Jadi jangan lewatkan nagi yang suka musik jazz.

Cara ke Dotonbori

  • Dari Stasiun Namba keluar dari pintu keluar 14 atau 15B kemudian jalan ke arah utara. Hingga menyebrangi Kanal buatan dan belok kiri. Jika melihat hiasan kepiitng merah, belok kanan dan sampai di pintu masuk Shin Saibashi.
  • Dari Stasiun Umeda menggunakan kereta subway Midosuji Line dan turun di Stasiun Namba. Dari Stasiun Namba mengikuti cara di atas.

Pertanyaan Yang Sering Diajukan Tentang Dotonbori

Apa itu Dotonbori?

Dotonbori adalah pusat kota skala besar di sepanjang tepi selatan Kanal Dotonbori-gawa. Osaka dikenal sebagai kota gastronomi, dan dengan demikian seluruh area Dotonbori dipenuhi dengan sejumlah restoran dan fasilitas hiburan yang luar biasa, dan sangat dicintai oleh orang Osaka.

Apa yang paling terkenal di Osaka?

Nama panggilan Osaka – Tenka no Daidokoro (dapur bangsa) – awalnya mengacu pada status Periode Edo sebagai pusat perdagangan beras Jepang. Saat ini, ini mengacu pada reputasinya sebagai surga gourmand. Dan okonomiyaki adalah hidangan paling terkenal di Osaka.

Area terbaik untuk tinggal di Osaka?

Tempat Menginap di Osaka

  • Tempat terbaik untuk tinggal di Osaka adalah Namba dan Umeda.
  • Tempat lain yang baik untuk tinggal di Osaka adalah hotel dekat jalur kereta bawah tanah Midosuji, Istana Osaka atau Universal Studios.
  • Namba dan Umeda adalah pusat transportasi utama dengan banyak toko dan restoran.
  • Menginap di Namba pilihan tepat jika Anda menyukai makanan dan kehidupan malam.

Apa yang ada di Shinsaibashi?

Shinsaibashi (心 斎 橋) adalah sebuah distrik di lingkungan Chūō-ku dari Osaka, Jepang dan area perbelanjaan utama kota. Di pusatnya adalah Shinsaibashi-suji (心 斎 橋 筋), jalan perbelanjaan tertutup, yang berada di utara Dōtonbori dan paralel dan timur dari jalan Mido-suji.

Di mana tempat terbaik untuk menginap di Kyoto?

Tempat Menginap Di Kyoto

  • Downtown Kyoto. Semua hal dipertimbangkan, Downtown Kyoto adalah tempat terbaik di kota yang akan didirikan.
  • Higashiyama Selatan. Southern Higashiyama juga merupakan tempat yang bagus untuk ditinggali.
  • Area Stasiun Kyoto. Stasiun Kyoto adalah tempat yang bagus untuk dituju.
  • Central Kyoto.
  • Higashiyama Utara.
  • Arashiyama.
  • Kibune.
  • Ryokan.

Data Dōtonbori

Dotonbori atau Dotombori adalah salah satu tujuan wisata utama di Osaka, Jepang, yang membentang sepanjang kanal Dotonbori dari Jembatan Dotonboribashi ke Nipponbashi Bridge di distrik Namba di kota Chuo
  • Berlokasi di : Osaka, Jepang
  • Alamat: Dotonbori, Chuo Ward, Osaka, Osaka Prefecture 542-0071, Jepang
  • Pendiri: Yasui Dōton
  • Telepon: +81 6-6211-4542

You may also like

Hot News

Hubungi Kami via WhatsApp