Beranda » Wisata Jepang » Danau Ashinoko Jepang, Danau Cantik Berlatar Belakang Gunung Fuji

Danau Ashinoko Jepang, Danau Cantik Berlatar Belakang Gunung Fuji

Berwisata ke Jepang menjadi salah satu ajang plesir untuk melepas penat yang bisa Anda lakukan bersama keluarga Anda tercinta. Selain ada banyak destinasi wisata menarik yang bisa dikunungi, Negeri Jepang juga menyediakan sarana transportasi yang sangat memadai. Ada pesawat, kereta super cepat, bus, dan juga mobil privat yang bisa Anda sewa selama berlibur dan berkeliling di ‘Negeri Sakura’ ini. Pesona wisatanya pun beragam, mau yang modern atau tradisional, semua ada di sana. Budaya leluhur yang masih lestari menjadi daya tarik tersendiri. Nah, kali ini kami akan mengajak Anda untuk mengunjungi salah satu pesona bentang alam Jepang, namanya Danau Ashi / Ashinoko. Seperti apa ya kecantikan danau di Jepang ini? Simak selengkapnya berikut ini!

Danau Ashinoko Jepang, Danau Cantik Berlatar Belakang Gunung Fuji

Danau Ashinoko Jepang, Danau Cantik Berlatar Belakang Gunung Fuji

Asal-usul Nama Danau  Ashinoko

Ada banyak alang-alang yang tumbuh di sekitar danau, oleh karenanya danau itu kemudian dinamakan Ashinoko. Beberapa tulisan lama mengatakan bahwa Ashinoko adalah danau suci tempat biksu-biksu Buddha yang dilatih Hakone Jinja untuk memurnikan jiwa dan tubuh mereka sebelum melayani upacara keagamaan.

Proses Terbentuknya Danau Ashinoko

Danau Ashinoko (芦ノ湖, Ashinoko) terbentuk di kaldera (cekungan  besar) Gunung Hakone setelah letusan gunung berapi pada 3000 tahun yang lalu. Lava dari Gunung Kamiyama kemudian menghentikan aliran sungai Hayakawa dan membuat danau di kaldera. Di sekitarnya ada banyak pohon yang disebut Jindai-sugi sebagai salah satu bahan utama kerajinan kayu Hakone Zaiku. Kini, danau yang membentang sepanjang ± 8 Km dan berlatar belakang Gunung Fuji ini merupakan simbol Hakone. Pemandangan danau terbaik berkombinasi dengan Gunung Fuji ini dapat Anda saksikan dari Moto-Hakone (beberapa langkah ke selatan dari dermaga kapal wisata), dari Taman Istana Terpisah Hakone dan dari perahu wisata yang menjelajahi danau.

Gunung Fuji, Kuil Hakone, dan Danau Dilihat dari Moto-Hakone

Gunung Fuji, Kuil Hakone, dan Danau Dilihat dari Moto-Hakone

Sumber Air Danau Ashinoko

Sumber air di danau terutama berasal dari air hujan. Air Danau Ashinoko biasanya mengalir ke kota Susono di prefektur Shizuoka, di sebelah barat pegunungan Hakone melalui sungai buatan yang dibangun pada zaman Edo. Kecepatan maksimal air adalah 1,6 meter kubik per detik. Curah hujan dan salju yang turun di daerah ini menyeimbangkan antara masuk dan keluarnya air Danau Ashinoko.

Acara di Tepi Danau Ashinoko

Desa spa Ashinoko yang didirikan pada tahun 1966 telah menarik banyak pengunjung karena keindahan Danau Ashinoko dan Gunung Fuji. Sebagian besar dari 13 losmen spa menyediakan pemandangan eksotis itu. Selain itu, ada beberapa tempat bersejarah (seperti Hakone Sekiosho (Pos Pemeriksaan Lama), Kuil Hakone Jinja) dan juga beberapa acara seperti Festival Kosui pada tanggal 31 Juli dan Hakone Ekiden Collegiate Relay Race. Banyak pemancing juga yang mengunjungi danau untuk memancing ikan smelt (ikan kepala batu), blackbass, dan brokktrout.

Kapal / Perahu di Danau Ashinoko

Kapal Pesiar di Danau Ashinoko

Kapal Pesiar di Danau Ashinoko

Naik perahu wisata membawa Anda ke beberapa tujuan di sekitar sisi danau yang berbeda. Ada banyak tempat wisata seperti Kuil Hakone, Museum Harta Karun, dan Taman Istana (Hakone Shrine, Treasure Museum and Palace Garden) di seberang danau.  Tour menggunakan perahu yang berangkat dari pelabuhan utama Moto-Hakone dan kota di sebelahnya, Hakone-machi, menawarkan pelayaran sekitar setengah jam di sekitar danau dan dilengkapi juga dengan pemandu berbahasa Jepang, Cina, dan Inggris. Ada juga speedboat (dengan lisensi yang valid) atau perahu angsa yang mungkin terasa lebih seru, bisa disewa dari pelabuhan dengan biaya sekitar 1.000 Yen.

Kapal atau Perahu di Danau Ashinoko

Perahu Angsa di Danau Ashinoko

Dua perusahaan yang melayani rute perjalanan air, Hakone Sightseeing Boats dan Izuhakone Sightseeing Boats mengoperasikan kapal mereka antara Moto-Hakone dan Hakone-machi di pantai selatan danau dan Togendai & Kojiri di ujung utara danau. Sebuah kapal pesiar yang berlayar antar 2 ujungnya membutuhkan waktu sekitar 30 menit dengan biaya sebesar 1.000 Yen. Hakone-Machi dan Moto-Hakone, keduanya bisa Anda temukan di bagian selatan Danau Ashinoko.

Akses Menuju ke Danau Ashinoko

Ada beberapa pilihan yang bisa Anda coba untuk menuju ke danau ini yaitu:

  • Diakses dengan Kereta Api

Dari Tokyo:

  1. Ambil jalur Shinkansen / JR ke stasiun Odawara. Transfer ke bus atau naik jalur kereta Odakyu ke Stasiun Hakone Yumoto.
  2. Jalur Odakyu dari Stasiun Shinjuku ke Hakone Yumoto. Ada beragam kereta yang berjalan di sepanjang jalur ini dengan tingkat kenyamanan dan kecepatan yang berbeda.

Dari Kyoto / Osaka:

  1. Naik Shinkansen ke stasiun Odawara.
  • Rute Populer

Cara terpopuler untuk mencapai danau adalah kereta lokal dari stasiun Odawara. Ambil jalur Odakyu ke stasiun Hakone-Yumoto, itu akan menjadi perhentian terakhir. Berganti ke kereta Hakone Tozan yang romantis dan indah saat menuju ke gunung, selama 45 menit ke terminal stasiun Gora di pegunungan. Gora akan menjadi titik perubahan ke kereta gantung yang akan membawa Anda lebih jauh ke atas gunung ke Ropeway Hakone. Lalu akan membawa Anda ke Owakudani dan kemudian turun ke terminal Togendai di tepi Danau Ashi. Perjalanan singkat yang menyenangkan dengan kapal pesiar akan membawa Anda ke seberang danau, tempat banyak situs menarik berada.

  • Diakses dengan Bus:

Bus menghubungkan Danau Ashi dengan Gotenba, Mishima, Yugawara, dan Atami. Bus-bus ini beroperasi setiap hari, tetapi jumlahnya masih terbatas.

Kuil Hakone di Area Danau Ashinoko

Kuil Hakone di Area Danau Ashinoko

Kuil Hakone di Area Danau Ashinoko

Salah satu destinasi menarik di dekat danau yaitu Kuil Hakone. Obyek wisata ini bisa ditempuh dengan berjalan kaki dari stasiun bus utama Ashinoko. Kuil Hakone (箱根 神社, Hakone Jinja) berdiri di kaki Gunung Hakone di sepanjang tepi Danau Ashi. Bangunan kuil disembunyikan di hutan lebat, tetapi bisa diketahui dengan adanya gerbang torii yang besar, satu berdiri menonjol di danau dan dua lainnya di atas jalan utama Moto-Hakone.

Panorama Danau Ashinoko

Maps Danau Ashinoko

Danau Ashinoko

Rated 4/5
based on 2505 reviews from Trip Advisor Reviews
Danau Ashinoko (Danau Hakone atau Danau Ashi) adalah danau yang indah di daerah Hakone Prefektur Kanagawa di Honshū, Jepang. Ini adalah danau kawah yang terletak di sepanjang dinding barat daya kaldera (cekungan besar) Gunung Hakone, sebuah gunung berapi yang terakhir meletus pada tahun 1170 M di Owakudani.
Berlokasi di : Honshū, Jepang
  • Alamat: Motohakone, Hakone, Ashigarashimo District, Kanagawa Prefecture 250-0522, Japan
  • Ketinggian permukaan: 723 m
  • Luas: 7,1 km²
  • Panjang: 6 km
  • Kedalaman rata-rata: 15 m

Video Danau Ashinoko

Comments are closed.

Kontak Kami

Apabila ada yang ditanyakan, silahkan hubungi kami melalui kontak di bawah ini.

HUBUNGI KAMI VIA WHATSAPP