pilar kayu berlubang di kuil Todaiji

Kuil Todaiji Nara, Kuil Daibutsu Terbesar di Jepang

By
Kuil Todaiji Nara, Kuil Daibutsu terbesar di Jepang
Kuil Todaiji Nara, Kuil Daibutsu terbesar di Jepang

Todaiji Temple Nara atau Kuil Daibutsu adalah Kuil terbesar di Jepang

Apa itu Todaiji Temple? Berikut ini deskripsi Kuil Todaiji

Trip jepangTodaiji Temple adalah salah satu kuil bersejarah yang paling terkenal di Jepang. Kuil Todaiji ini terletak di kota Nara, Prefektur Nara. Kuil ini termasuk situs warisan dunia menurut UNESCO yang kini menjadi obyek wisata terfavorit di Nara. Selain itu kuil ini juga mempunyai history dan merupakan landmark dari Nara. Kuil Todaiji mulai dibangun pada masa pemerintahan kaisar Shomu pada tahun 728.

jadwal promo paket wisata tour ke jepang terbaru

Sekilas tentang kota Nara

Pada tahun 710-784 Masehi ini di namakan periode Nara dan kota Nara menjadi Ibu kota permanen pertama di Jepang. Dan di masa ini agama Buddha mengalami masa puncak dan menjadi agama nasional di Jepang. Meski hanya dalam kurun waktu yang relative singkat (74 tahun menjadi ibu kota negara), Nara menjadi awal dari lahirnya seni dan sastra Jepang yang banyak diilhami dari budaya dari China. Nara mengimpor agama, seni dan arsitektur dari negeri bambu ini.

Di kota Nara inilah Todaiji Temple berada, dan terletak di sebelah Utara dari Taman Nara (Nara Park). Kuil Todaiji juga ditetapkan sebagai salah satu warisan dunia oleh UNESCO. Bangunan-bangunan yang masuk dalam daftar UNESCO World Heritage Site di Nara lainnya adalah 4 buah kuil Buddha Kofukuji, Gangoji, Yakushiji dan Toshodaiji, 1 buah kuil Shinto Kasuga Shrine, 1 istana adalah Heijo Palac dan 1 hutan yang dibiarkan asli sejak jaman dahulu yaitu Kasugayama Primeval Forest.

Todaiji Temple di Jepang

Sejarah Kuil Todaiji Nara

Pembangunan Kuil Todaiji dimulai pada masa pemerintahan kaisar Shomu di tahun 728. Di dalam kuil ini terdapat patung Buddha yang terbuat dari tembaga dan perunggu yaitu “Daibutsu” yang juga menjadi pusat dari kuil todaiji. Patung ini merupakan patung Buddha terbesar di dunia yang memiliki tinggi kurang lebih 15 meter dengan berat hingga sekitar 550 ton. Patung perunggu ini menghabiskan hampir seluruh produksi tembaga dan perunggu nasional selama pembangunan hingga beberapa tahun yang hampir menyebabkan kebangkrutan bagi negeri samurai ini. Area kuil ini seluruhnya memiliki radius yang sama, yakni 1 kilometer ke utara, selatan, barat dan timur dari Patung Buddha Daibutsu.

Memasuki area Kuil Todaiji Jepang

Sebelum memasuki Kuil Todaiji yang terdapat di negara jepang ini, kita akan melewati pintu gerbang yang terbuat dari kayu, yang dinamakan Nandaimon. Disini terdapat dua buah patung raksasa Nio atau Benevolent King, dengan tinggi sekitar 8m. Menariknya di dalam Daibutsu selain patung Buddha juga terdapat sebuah pilar kayu yang berlubang dibagian bawahnya. Dan siapa yang berhasil masuk dan melewati lubang itu niscaya dia akan mendapatkan pencerahan pada reinkarnasi berikutnya.

pilar kayu berlubang di kuil Todaiji
Pilar Kayu Berlubang di Kuil Todaiji

Karena pengaruh Kuil Todaiji menjadi sangat kuat, pada tahun 784 ibu kota Jepang dipindahkan ke Nagaoka untuk mengurangi pengaruh agama dalam urusan-urusan kepemerintahan dan kemudian berpindah lagi ke Kyoto yang menjadi ibu kota Jepang selama lebih dari 1000 tahun. Sejak kuil Todaiji berdiri, perbaikan dan renovasi telah beberapa kali dilakukan, akibat gempa (pada abad ke 9) dan kebakaran (pada abad 12 dan 16).

Rusa Komplek Todaiji

Rusa-rusa yang hidup di komplek Todaiji ini dianggap sebagai utusan dewa yang berkelana di bumi. Jumlah rusanya pun diperkirakan ada sekitar 1200 ekor. Rusa-rusa ini bebas berkeliaran di kompleks Todaiji Temple dan Nara Park, akan tetapi tidak diperkenankan masuk kedalam area Daibutsu.

Rusa di komplek Todaiji
Rusa di komplek Todaiji

Rusa-rusa ini merupakan rusa yang sangat jinak dan seperti halnya manusia yang mempunyai berbagai macam karakter. Tak jarang rusa-rusa ini menggigit untuk sekedar berkomunikasi dengan para pengunjung agar memberikannya makanan. Tetapi berbeda untuk rusa-rusa betina yang biasanya meminta dengan cara halus, mengikuti dari belakang.

>> Paket Tour Jepang Paling Populer <<

Ada juga rusa yang hanya duduk bersantai atau sekedar berjalan-jalan tanpa ada keinginan untuk mendapatkan makanan dari pengunjung. Bahkan ada yang mengikuti pengunjung, yang bertanda rusa tersebut nyaman berada di dekatnya. Makanan untuk rusa-rusa ini juga dijual oleh pedagang di sekitar kuil dengan harga mulai dari 100 Yen sampai 150 Yen.

Kegiatan yang bisa dilakukan di Kuil Todaiji

  • Melihat pintu Nandaimon
pintu gerbang Nandaimon
Pintu Gerbang Nandaimon

Pintu Nandaimon adalah pintu masuk utama Kuil Todaiji. Nandimon berarti pintu Besar Selatan, yang selesai dibangun sekitar abad ke -13 dan terdiri dari dua buah patung Nio (Raja Kebajikan atau Raja Kebaikan) yang memiliki tinggi lebih dari 8 meter.

  • Melihat Patung Buddha terbesar di dunia

Patung Daibutsu merupakan ikon di Kuil Todaiji yang juga menjadi patung Buddha terbesar di dunia. Patung ini memiliki ketinggian hingga 14.98 meter (49 kaki) dengan berat mencapai 550 ton. Patung ini di buat dari perunggu yang dilapisi dengan emas. Uniknya patung ini ditempatkan di bangunan setinggi 48 meter (157 kaki) bernama Daibutsu-den yang terletak di dalam kuil Todaiji.

Patung Daibutsu terbesar di dunia
Patung Daibutsu terbesar di Dunia
  • Melihat Octagonal Lantern

Octagonal Lantern merupakan lentera besar yang dibuat dari bahan perunggu sejak abad ke -8 dan termasuk ke dalam warisan budaya negara Jepang. Di lentera sebesar 4.62 meter ini terdapat tulisan buddha mengenai fungsi cahaya bagi dunia. Octagonal Lantern ini juga dipercaya membawa terang bagi Todaiji, Nara dan Jepang.

Video Todaiji Temple Nara

Festival Omizutori di Kuil Todaiji Jepang

Festival Omizutori ini diadakan di kuil Todaiji, Nara yang biasanya diadakan pada awal bulan maret yang berlangsung selama dua minggu penuh. Daya tarik festival ini adalah penyalaan obor raksasa (Otaimatsu) hingga setinggi 8 meter. Besarnya cahaya yang dihasilkan dari api tersebut, hingga bisa menerangi seluruh kawasan kuil Todaiji. Dan Obor-obor raksasa ini dipercaya dapat menerangi kehidupan selama setahun kedepan.

Omizutori sendiri merupakan ritual mengambil air suci dari mata air yang berada di bawah Kuil Todaiji. Para pendeta melakukannya di hari ke 12 dan hari 13 festival. Air ini nanti kemudian akan dibagi-bagikan kepada para pengunjung yang diyakini dapat menyembuhkan segala penyakit. Nama ritual mengambil air suci ini kemudian menjadi nama Festival Matsuri di Todaiji.

Festival Matsuri di Todaiji
Festival Matsuri di Todaiji

Informasi yang Mungkin Diperlukan

Buka

* 8:00 – 16:30 November sampai Februari
* 8:00 – 17:00 Maret
* 7:30 – 17:30 April sampai September
* 7:30 – 17:00 Oktober

Tiket Masuk

* 500 yen untuk dewasa
* 300 yen untuk anak-anak

Cara ke Kuil Todaiji Nara di Jepang

  • Naik kereta dari Kyoto

Dari stasiun Kyoto, kemudian naik kereta Miyakoji selama 45 menit untuk sampai ke stasiun Nara, dengan harga tiket 710 yen (dan gratis jika menggunakan JR Pass). Dari stasiun Nara, anda bisa naik bus dengan nomor 1,2 atau 6 untuk sampai ke Kuil Todaiji. Atau juga bisa berjalan kaki dengan menempuh perjalanan 20-30 menit.

  • Naik kereta dari Osaka

Dari Stasiun Osaka, anda bisa naik kereta Yamatoji dengan lama perjalanan 45 menit untuk sampai di stasiun Nara, dengan harga tiket 800 yen (dan gratis jika menggunakan JR Pass). Kereta Yamatoji akan berhenti sebentar di stasiun Tennoji. Setibanya di stasiun Nara, anda bisa naik bus atau berjalan kaki selama 20-30 menit untuk sampai ke kuil Todaiji.

  • Bersama Tripjepang.co.id

Anda bisa menyewa mobil melalui kami untuk menuju ke Kuil Todaiji, dan didampingi oleh Tour Guide Professional kami, atau anda juga bisa mengikuti Paket Tour jepang kami yang menuju ke kuil ini. Silahkan hubungi kami di nomer yang ada di website ini. Berikut link yang bisa anda baca jika ingin sewa mobil di jepang : Sewa Mobil di Jepang dengan Sopir Beserta Biaya

Data Kuil Todaiji Nara

Kuil Todaiji ini terletak di kota Nara, Prefektur Nara. Kuil ini termasuk situs warisan dunia menurut UNESCO yang kini menjadi obyek wisata terfavorit di Nara. Selain itu kuil ini juga mempunyai history dan merupakan landmark dari Nara.
  • Berlokasi di : Nara, Jepang
  • Alamat: 406-1 Zoshicho, Nara, Nara Prefecture 630-8211, Jepang
  • Dibuka: 728 M
  • Mulai dibangun: 728 M
  • Tahun didirikan: awal abad ke-8
  • Arsitek: Kaisar Shōmu

Panorama Kuil Todaiji Nara di Jepang

Leave a Comment

You may also like

Hot News

Hubungi Kami via WhatsApp