Akihabara pusat Elektronik dan Anime

Mengenal Akihabara, Surganya Para Otaku di Jepang

By
Mengenal Akihabara, Surganya Para Otaku di Jepang
Mengenal Akihabara, Surganya Para Otaku di Jepang

Tour Jepang – Para penggemar anime dan manga pasti sudah tidak asing lagi mendengar nama Akihabara. Hal ini bukan tanpa alasan, karena Akihabara sering digambarkan sebagai surganya para otaku. Dan kali ini kita akan mengunjungi dan mengenal lebih tentang Akihabara.

Akihabara adalah Surganya Para Otaku

Akihabara adalah salah satu distrik kota Tokyo yang selalu dikaitkan dengan para otaku. Karena kawasan ini merupakan surga otaku di bidang anime, manga, dan permainan video. Apa itu Otaku? Otaku adalah sebuah kata untuk mendeskripsikan orang-orang yang tergila-gila akan sesuatu atau merupakan istilah bahasa Jepang yang digunakan untuk menyebut orang yang betul-betul menekuni hobi. Dalam bahasa Indonesia, maniak mungkin pas dipadankan dengan otaku. Otaku biasanya di identikkan dengan manga atau anime, bisa juga soal permainan atau game hingga penyanyi atau artis idola. Dan Di tempat ini terdapat banyak maid cafe. Di sini juga terdapat theater AKB48. Di Akihabara, kita tidak hanya akan menemukan barang-barang berbau otaku terbaru, tapi juga manga, game, dan action figure langka yang sulit ditemukan. Jika ingin berfoto sebagai cosplayer, disini pun juga ada tempatnya. Dan Akihabara adalah tempat terbaik untuk merasakan budaya otaku yang kental, .

jadwal promo paket wisata tour ke jepang terbaru

Akihabara Anime
Manga di Akihabara

Ada juga department store dengan tinggi 6-lantai yang baru dibuka di Akihabara dan semua lantai sekarang terbuka untuk umum, yaitu Akiba Culture Zone. Toko ini dikhususkan untuk para Otaku karena berisi tokoh-tokoh karakter animasi dan game, manga, barang idol, pakaian, dan masih banyak lainnya. Lantai basement adalah food court dengan sebutan “One Fes Cafe.” Lantai satu dan dua merupakan tempat K-Books yang terdapat kurang lebih 400,000 komik, novel, majalah dan buku game. “Astop” di lantai tiga menjual T-shirt dan barang-barang pop idol, sementara di lantai empat merupakan gudangnya “Akiba Asobi Kan: Jam Gakuen.” Di sini kita akan melihat banyak sekali mainan dan action figure, dilengkapi dengan pelayan yang berpakaian ala ‘maid’. Selain barang karakter idol dan anime, ada juga barang-barang militer. Di lantai lima adalah “Good Smile and Karaoke no Tetsujin Cafe” dimana pengunjung juga dapat menikmati karaoke dan membeli souvenir. Dan terakhir lantai enam adalah Kafe “Akihabara Backstage Pass”, di mana terdapat gadis-gadis berpakaian cosplay melayani para pengunjung.

Akiba Culture Zone
Akiba Culture Zone

Akihabara Anime dan Pusat Elektronik

Akihabara adalah salah satu tempat perbelanjaan terkenal di Jepang, terletak di distrik kota Taito dan kawasan Soto-kanda di distrik kota Chiyoda, di sekitar Stasiun Akihabara Tokyo. Akihabara atau Akiba merupakan sebuah kawasan yang menjadi pusat penjualan elektronik di Jepang yang menjual barang-barang elektronik, suku cadang elektronik, anime, manga, dan doujinshi. Dari pusat elektronik sembilan lantai, kafe bertemakan karakter-karakter anime, pemuda-pemudi yang berpakaian costume-play, maka menjadikan Akihabara sebagai kotanya para otaku. Untuk urusan belanja ketika berkunjung ke Jepang, Akihabara juga menjadi tujuan yang paling tepat. Kita bisa menemukan banyak toko barang elektronik yang menjual hardware bagi para otaku. Harga yang ditawarkan cukup terjangkau. Bisa disesuaikan dengan kondisi keuangan.

akihabara tokyo
Akihabara Anime dan Pusat Elektronik

Di Akihabara kita akan melihat beberapa orang yang berpakaian maid yang menjajakan brosur untuk mengunjungi Maid Cafe. Selain itu, kota ini penuh dengan wanita maupun laki laki yang bercosplay dengan pakian karakter anime-anime yang digunakan. Di Jepang ada suatu sebutan bagi orang yang tinggal di Akihabara, yaitu Akiba Type. Wanita atau laki yang tinggal di Akihabara akan dipanggil “Wanita Akiba” atau “Laki laki Akiba”. Di Akihabara juga terdapat sebuah cafe AKB48, sebuah girlband yang cukup terkenal di Jepang dan memiliki reputasinya tersendiri, di Indonesia juga terdapat girlband seperti AKB48 yaitu JKT48. Ada banyak tempat menarik yang bisa kita kunjungi di Akihabara yang pastinya sangat menyenangkan dan tidak membuat bosan.

Sejarah Akihabara

Akihabara pusat Elektronik dan Anime

Akihabara identik dengan pusat perbelanjaan untuk barang elektronik, anime, manga dan doujinshi, bahkan saat ini pun sudah banyak mewabah di Akihabara. Tetapi, lain dulu lain sekarang, karena sejarah Akihabara sendiri sangatlah panjang hingga sampai menjadi tempat terkenal seperti saat ini. Sejarah Akihabara dimulai ketika stasiun Akihabara dibuka pada tahun 1890 sebagai terminal angkutan yang terkait dengan stasiun Ueno. Pada tahun 1925 stasiun ini dibuka untuk umum dan karena semakin banyaknya masyarakat yang mengunjunginya stasiun tersebut menjadi tempat untuk transaksi jual beli sayur dan buah.

Akihabara mulai menjadi tempat pertama yang menjual komponen elektronik seperti tabung vakum setelah tahun 1937. Pada tahun-tahun setelah Perang Dunia II, mahasiswa Tokyo Denki University sering membeli komponen pasar gelap untuk radio. Pasar gelap pun perlahan menghilang digantikan oleh toko legit.

Beberapa toko elektronik rumah tangga banyak didirikan di sini selama tahun 1960, yang membuat Akihabara dijuluki “Kota Listrik” karena mayoritas toko tersebut menjual mesin cuci dan lemari es. Selama tahun 1980, “Kota Listrik” ini dikembangkan lebih lanjut secara bertahap menjadi Akihabara yang kita kenal sekarang ketika menjadi pasar yang penting untuk komputer, peralatan musik, permainan dan produk manga/anime.

Maid Cafe Kebudayaan Otaku di Akihabara

Maid Cafe Kebudayaan Otaku di Akihabara
Akihabara Maid Cafe

Apa itu Maid Cafe? Maid Cafe adalah sebuah cafe yang memiliki konsep para gadis bekerja dengan mengenakan pakaian pelayan atau Maid yang sangat manis. Sebagai seorang Maid, gadis-gadis tersebut memanggil para tamu dengan sebutan Tuan dan Nyonya. Para penggemar manga akan terpenuhi fantasinya saat berkunjung di kafe ini. Di sini kita akan mendapatkan pelayanan unik dari para Maid. Para Maid akan memberikan menu yang bisa kita minta untuk digambari, sehingga memberikan kesan lebih lezat pada makanan. Selain makanan, kita juga bisa bermain game dengan para Maid dan dapat menikmati hiburan live para Maid di cafe tersebut. Bagian terbaik dari Maid Cafe adalah interaksi dan percakapan yang menyenangkan dengan Maid. Maid Cafe juga merupakan fasilitas hiburan.

Maid Cafe
Bermain Bersama Pelayan di Maid cafe

Para maid menyapa pelanggan dengan ucapan ([Okaerinasaimasu, goshujinsama] “Selamat datang kembali, Master~”) dan kemudian menawarkan mereka sapu tangan dan menu. Maid juga akan berlutut di depan meja seorang pelanggan unutk mengaduk krim dan gula dalam kopi mereka, atau bahkan menawarkan untuk menyuapi para pelanggan.Sebagai pusat budaya otaku, di Akihabara terdapat banyak sekali Maid Cafe yang beroperasi. Berikut adalah maid cafe terbaik di Akihabara.

>> Paket Tour Jepang Paling Populer <<

  1. Maid Cafe @Home
    Maid Kafe @home adalah sebuah cafe yang terletak di Akihabara. Disana terdapat pelayan-pelayan cantik yang berbusana menyerupai tokoh-tokoh anime jepang yang sangat ramah. Di cafe ini juga ditampilkan pertunjukan menarik dari para pelayan untuk para pelanggannya. Selain itu makanan yang dihidangkan dan disajikan sangat unik dan juga enak. @home juga mempunyai “maid premium” yaitu menyediakan pelayan yang bisa berbahasa Inggris tentunya dengan bayaran yang lebih mahal.
  2. Maid Cafe Highschool Akiba Gumi
    Maid Cafe ini bertemakan kehidupan anak SMA di Jepang. Saat kita memasuki cafe, kita akan dibawa dalam nostalgia masa SMA. Pelayan cafe disini sangat ramah dan menyenangkan. Bahkan kita bisa berfoto gratis dengan salah satu pelayannya. Di sana terdapat meja kursi yang biasa digunakan anak SMA di Jepang. Di sudut dinding cafe kita bisa melihat foto-foto anak SMA. Menu di cafe ini juga bertema anak SMA, menu disini adalah menu yang biasa di pesan oleh mereka.
  3. Maid Cafe Schatzkiste
    Maid cafe ini bertemakan suasana tradisional barat, mulai dari interior dan bangunannya membawa kita ke zaman kuno. Cafe ini sangat diminati para pengunjung sebagai tempat menenangkan diri, karena atmosfer di dalamnya sangat tenang dan nyaman. kita bisa mengobrol dengan para pelayan, namun para pelayan tidak bisa berlama-lama mengobrol dengan kita. Di sini kita bisa memesan teh herbal, kopi atau biskuit. Terdapat juga menu makanan seperti pasta dan sup. Ada rak buku yang dipenuhi dengan manga dan anime favorit sehingga kita bisa membaca di cafe sambil bersantai.
  4. Cure Maid Cafe
    Cure maid cafe adalah maid cafe pertama yang berdiri di Akihabara dan menjadi inspirasi bagi berdirinya konsep maid cafe di Jepang. Pelayan disini memakai pakaian ala Prancis seperti seragam victoria, yaitu mengenakan gaun berlengan panjang dan berkerah tinggi. Sayangnya pengunjung tidak diperbolehkan mengambil foto para pelayan ataupun berfoto bersama mereka. Namun kita bisa membeli beberapa souvenir seperti cangkir atau piring yang terbuat dari porselen, terdapat juga boneka porselen yang berbentuk seperti pelayan aslinya. Benda-benda itu bisa menjadi kenangan bahwa kita pernah mengunjungi cafe ini.
  5. Maid Cafe Nagomi
    Cafe ini cukup populer di kawasan Akihabara Jepang karena memakai konsep Tsundere. Yaitu konsep sikap para pelayannya yang sangat dingin terhadap pengunjungnya, apalagi pengunjung laki-laki. Para pelayan akan sinis berkata “kenapa kamu kesini?” namun anehnya jika pengunjung akan pergi sesudah menikmati hidangan, para pelayan akan berusaha mencegahnya. Walau konsep ini cukup aneh, namun Nagomi Maid Cafe adalah salah satu maid cafe di Akihabara yang sering dikunjungi.

Tempat yang Wajib Dikunjungi di Akihabara Tokyo Jepang

1. Donki / Don Quijote Akihabara
Don Quijote sebenarnya adalah rangkaian toko yang menjual hampir semuanya, terkadang dengan potongan harga, dan Akihabara adalah toko cabangnya. Apa yang membuat Don Quijote menonjol? karena disini menjual dari belanjaan (permen, minuman, makanan ringan, dll.) Ke kosmetik, tindikan (dan aksesori lainnya) ke barang elektronik ke kostum, bahkan yang paling aneh sekalipun. Bagi yang suka dengan AKB 48, bis apergi ke lantai paling atas untuk melihat galeri dan ruang pertunjukan markas AKB 48 di Akihabara.

Don Quijote Akihabara
Don Quijote Akihabara

2. AKB48 Cafe & Shop
Kita semua tahu AKB48 Jepang, kelompok gadis J-Pop yang sangat populer yang terdiri dari banyak cewek (tepatnya 48 anak perempuan). Ada sesuatu yang mungkin tidak kita perhatikan adalah bahwa AKB sebenarnya adalah singkatan dari AKiBa (di Akihabara) – di mana kelompok tersebut memulai usaha mereka. Tidak hanya menawarkan suguhan manis tapi AKB48 Shop juga merupakan butik yang menjual segala hal yang berhubungan dengan anak perempuan.

AKB48 Cafe & Shop
Akihabara AKB48 Cafe & Shop

3. Gundam Cafe dan nikmati makanan bertema Gundam
Gundam Cafe terletak tepat di sebelah AKB48 Cafes and Shop, meskipun tidak memiliki relevansi satu sama lain. Gundam adalah serial animasi Jepang tentang setelan robot raksasa yang diujicobakan oleh manusia. Berbicara tentang Cafe, ini adalah pengalaman yang menyenangkan dan tak terlupakan untuk menikmati makanan bertema Gundam, mulai dari kue hingga latte, para staf juga berpakaian dengan seragam modifikasi Gundam. Cafe ini juga menjual barang Gundam (untuk souvenir). Di cafe ini juga banyak poster atau label gundam, pokoknya serba gundam.

Gundam Cafe
Gundam Cafe di Akihabara

4. COSPA Gee Store AKihabara
COSPA adalah produsen yang memproduksi barang dagangan yang berkaitan dengan kehidupan karakter di anime, manga, dan game. Cospa Gee Store di Akihabara mengkhususkan diri dalam menjual apparels (cosplay kostum) dan barang lain-lain! Jika merasa sulit untuk membuat kostum untuk diri sendiri untuk acara cosplay manapun, kemudian datang ke Gee Store kita bisa mengambil yang sesuai untuk diri kita sendiri.

5. Mandarake di Akihabara
Mau cari DVD anime, action figure, komik, game? Boleh lah mampir ke sini. Di sini minasan bisa belanja sepuasnya dan barang-barang di sini juga lengkap. Di Mandarake Akihabara ini memiliki 8 lantai dan masing-masing lantai dibagi untuk beberapa kategori. Lantai ke-1 menjual anime, games, manga, action figure dan lainnya. Suka Cosplay ? lantai ke-2 ini khusus Cosplay, Artwork, dan juga boneka. Lantai ke-3 di sini juga untuk manga dan komik. Lantai ke-4 ini terdapat Doujin untuk laki-laki, kalau untuk perempuan di lantai selanjutnya. Kalau Lantai yang ke-5 untuk perempuan. Lanjut ke lantai ke-6 untuk video games, Anime, PC game dan juga console. Lantai ke-7 mainan retro, action figure, model dan lainnya. Dan untuk lantai yang terakhir atau ke-8 yaitu mainan model baru. Kalau dilihat dari masing-masing lantai ini sangat lengkap ya minna-san.

6. Yodobashi Akihabara
Sejak dibuka tahun 2005. Yodobashi Camera Akihabara menjadi trademark dan pusat elektronik terbesar di Jepang. Meskipun ada nama Camera. Yodobashi Akihabara juga menjual segudang peralatan elektronik tercanggih dan mutakhir di Jepang. Kita bisa menemukan peralatan masak, peralatan mandi, alat musik, permainan anak, alat kesehatan dan gym, sikat gigi elektroniK, jam tangan, Iampu LED, telepon genggam, laptop, dan segala macamnya.

Yodobashi Akihabara
Yodobashi Akihabara

Toko dengan 15 Iantai (6 Iantai di bawah tanah dan 9 Iantai di atas) memiliki Iuas total 6000 meter persegi dan menyediakan barang-Darang elektronik terbaik di Jepang. Kita tidak perlu kuatir mengenai bahasanya, karena para pelayan dan penjaga toko biasanya sudah dilatih untuk berkomunikasi dengan bahasa Inggris, Korea, atau China. Tidak perlu segan-segan bertanya. sebab mereka pasti membantu kita menemukan barang paling pas dan terbaik. Jangan lupa juga tunjukkan paspor untuk mendapatkan potongan harga.

Hal yang Bisa Dilakukan di Akihabara Tokyo

Di Akihabara ada apa saja? Dan hal apa saja yang bisa kita lakukan di Akihabara? Berikut beberapa hal yang bisa kita lakukan di Akihabara.

1. Berbelanja Barang Elektronik
Lebih dari 250 toko listriknik berada di kawasan perbelanjaan yang berpusat di Chuo-dori Street tersebut. Kita dengan mudah mendapati produk elektronik terbaru dan tercanggih seperti smartphone, laptop, video game player, dan lainnya. Salah satu bangunan terbesar yang disarankan untuk datang dan dijelajahi adalah Yodobashi. Dan jangan lupa untuk mengecek tegangan listriknya jika akan membeli barang agar bisa terpakai ketika berada di Indonesia.

2. Bermain di koloseum Surechigai
Disini kita akan melihat pemandangan aneh. Orang-orang duduk di bangku sambil melihat ke bawah bermain Nintendo DS atau Nintendo 3DS. Disinilah para maniak game berkumpul untuk bertarung saru dengan yang lainnya. Kita bisa menemukan lawan sepadan pada game favorit.

Koloseum Surechigai
Para gamers sedang bermain di Koloseum Surechigai

3. Kunjungi Pameran di Tokyo Anime Center
Tokyo Anime Center yang terletak di lantai 4 Gedung UDX di Akihabara Crossfield. Ini menyelenggarakan pameran dan acara yang berhubungan dengan anime, dan couse. Toko ini juga menjual mainan, alat tulis dan souvenir lainnya, karakter anime / manga serta gambar.

4. Lihat barang—barang di Toko Anime
Buat yang suka karakter-karakter anime Jepang. Jangan lupa mampir di toko anime di Akihabara. Kita bisa menemukan bantal, gantungan kunci, hinga kaos dan kostum anime dan manga. Di antara banyak toko di Akihabara, terdapat toko Kotobukiya yang bisa direkomendasikan untuk semua orang. Di dalam toko ini dilengkapi dengan bermacam-macam barang yang berhubungan dengan anime, manga, dan game. Walaupun tidak tahu banyak tentang budaya otaku, kita tetap bisa masuk ke toko ini dengan mudah dan menemukan oleh-oleh khas Akihabara.

5. Mainkan Gachapon di Akihabara Gachapon Kaikan
Gachapon adalah jenis mesin penjual otomatis khusus Jepang, namun bukannya menjatuhkan minuman atau makanan, mesin ini menurunkan hadiah kecil (tapi sangat lucu), terutama setiap mesin Gachapon menjatuhkan hadiah yang berbeda dan sebagian besar mengkhususkan pada manga, anime, permainan, film dan mainan kecil. seperti miniatur binatang atau makanan.

Akihabara Gachapon Kaikan
Miniatur di Akihabara Gachapon Kaikan

6. Membeli Oleh-Oleh Khas Jepang
Di Akihabara terdapat banyak toko oleh-oleh yang menyediakan produk yang hanya bisa dibeli di sini, seperti peralatan elektronik, barang-barang berbau otaku, dan lain-lain. Toko-toko tersebut lengkap dengan barang-barang khas Jepang, jajanan Jepang, dan produk-produk lain yang bisa dijadikan oleh-oleh. Semakin banyak toko-toko yang menjual barang-barang khas Jepang, salah satunya adalah “Kuramoto Stand” yang menjual botol sake Jepang (Nihonshu) orisinal.

Cara Menuju ke Akihabara

  • Dari Shinjuku Station
    Shinjuku Station – Akihabara Station dengan JR Chuo Sobu Line (160 Yen)
  • Dari Tokyo Station
    Tokyo Station – Akihabara Station dengan JR Yamanote Lie (130 Yen)
  • Menghubungi Tripjepang.co.id
    Yup, ini cara paling mudah, tinggal menghubungi kami untuk ikut open trip jepang yang ada jadwal kunjungan ke Akihabara, atau bisa langsung sewa mobil di jepang melalui kami, selengkapnya bisa dibaca disini : Sewa Mobil di Jepang dengan Sopir Beserta Biaya

Panorama Akihabara


Akihabara di siang hari

Akihabara di malam hari

Video Akihabara

Leave a Comment

You may also like

Hot News

Hubungi Kami via WhatsApp