Wisata Osaka Castle

Osaka Castle Jepang, Sebuah Legenda dari Osaka

By
Osaka Castle di Jepang
Osaka Castle di Jepang

Osaka Castle Jepang adalah Legenda dari Osaka

Apa Osaka Castle itu?

Osaka Castle atau yang biasa disebut Istana Osaka ini adalah sebuah istana yang terletak di bagian barat kota Osaka di Jepang. Osaka Castle merupakan istana kerajaan Jepang yang berdiri pada awal abad ke 16. Walaupun di juluki sebagai istana, namun tempat ini sebenarnya merupakan sebuah museum yang menceritakan perjalanan sang pendiri istana “Toyotomi Hideyoshi“, yang semasa hidupnya adalah seorang penguasa di daerah Osaka.

Istana Osaka adalah bangunan peninggalan budaya Jepang yang sangat dilindungi oleh pemerintah. Dan menara utama Osaka yang menjulang tinggi merupakan simbol dari kota Osaka. Bangunan-bangunan ini juga masih sangat dijaga keasriannya, sehingga bangunan bersejarah dari zaman Edo itu terlihat kuno dan masih sangat terjaga. Keindahan dan kemegahan istana juga akan sangat terasa ketika melihat pemandangan dan juga kesejukan taman yang dapat di rasakan ketika menuju ke bangunan utama Osaka Castle.

jadwal promo paket wisata tour ke jepang terbaru

Sejarah Osaka Castle

Istana Osaka berdiri mencolok tepat di tengah kota Osaka. Tembok-tembok yang di buat dari batu granit ini berdiri kokoh di sekitar Osaka Castle dan dikelilingi saluran air yang berukuran cukup besar. Pada Jaman dahulu tembok ini berfungsi sebagai tembok pertahanan yang di bangun oleh Shogun Tokugawa. Walaupun pada saat ini fungsinya sudah tidak untuk menghalau musuh seperti dulu, akan tetapi agar tetap dapat terlihat.

Pada awalnya sebelum menjadi Osaka Castle, di tahun 1496 berdiri sebuah kuil yang bernama Honganji Temple. Dan ketika Nobunaga Oda berniat untuk menyatukan seantero Jepang, barulah saat itu pertempuran terjadi. Dan kemudian Nobunagalah yang memenangkan pertempuran itu sehingga berhasil menguasai Honganji dan membakarnya di tahun 1580.

Di tahun 1582 Nobunaga Oda akhirnya tewas terbunuh di Honnoji Temple, dan kekuasaan berpindah kepada Hideyoshi Toyotomi. Dan berniat meneruskan ambisi Nobunaga untuk menyatukan Jepang. Pada masa itu mulailah Hideyoshi membangun Osaka Castle. Pembangunan di mulai pada tahun 1583, dan selesai di bangun sepenuhnya di tahun 1629. Namun Restorasi Meiji hingga Perang Dunia ke-II kembali merusak struktur asli Osaka Castle. Dan barulah kemudian di tahun 1955 Osaka Castle mendapat pengakuan sebagai “Situs Bersejarah Spesial” oleh Pemerintah Jepang.

Akhirnya Osaka Castle yang dulunya menjadi simbol Hideyoshi Toyotomi, kini beralih menjadi simbol dari Kota Osaka. Dan Osaka Castle menjadi tempat wisata populer di kalangan turis Jepang maupun turis mancanegara. Setelah terbuka untuk umum, Osaka Castle pun menjadi terkenal dan semakin ramai dikunjungi.

Wisata Osaka Castle Museum di Jepang

Osaka Castle Museum adalah salah satu wisata di Jepang yang wajib untuk anda kunjungi. Karena selain dengan keindahan struktur bangunan dan juga sejarahnya yang menarik, anda juga akan disuguhi berbagai kemegahan yang di hasilkan dari bangunan bersejarah ini. Osaka Castle memang memiliki arti sebagai istana kerajaan Jepang, tetapi tempat ini sebenarnya sebuah museum yang kental menceritakan perjalanan sang pendiri dari istana tersebut, oleh karena itu istana ini sangat menandung arti sejarah dari masa pejuang kerajaan. Dan ketika berkunjung ke Osaka Castle anda akan melewati tembok yang terbuat dari batu granit dan juga 13 struktur yang tersebar di Osaka Castle serta bagian-bagiannya yang turut diakui sebagai bagian dari budaya penting oleh Pemerintah Jepang.

Wisata Osaka Castle
Wisata Osaka Castle

Perjalanan wisata Osaka Castle Park

Setelah melewati tembok batu, perjalanan dilanjutkan menuju Osaka Castle Park. Area ini memiliki luas 106,7 hektar yang di tumbuhi oleh berbagai jenis tumbuhan. Taman ini memiliki 600 pohon sakura, 95 bunga aprikot dan 1250 pepohonan lainnya.

Memasuki area taman Istana Osaka, terdapat museum dengan diorama dan artefak tentang sejarah Osaka Castle. Sedangkan di lantai teratas terdapat observation deck dengan ketinggian lebih dari 50 meter. Pemandangan Osaka pun terlihat sangat indah ketika dilihat dari puncaknya, cantik dan megah serta suasana pun sangatlah damai.

Ada yang tak boleh ketinggalan dan tak boleh di lewatkan, adalah berfoto dengan balutan baju ziarah Shogun dan kimono. Pastilah suasana akan sangat terasa seperti kembali berada di zaman kerajaan dan samurai pada masa itu. Untuk berfoto dengan menyewa baju dikenakan biaya sebesar 300 Yen per orangnya.

>> Paket Tour Jepang Paling Populer <<

Kegiatan yang dapat dilakukan di Taman Osaka Castle

  • Melihat Keindahan dari puncak Osaka Castle

Meski menaranya merupakan hasil dari rekontruksi, namun masih ada kurang lebih 13 bangunan yang berada di dalam kompleks istana yang merupakan bangunan asli. Diantaranya ialah sumur Kinmeisui dan Kinzo Storehouse yang dulunya digunakan sebagai tempat menyimpan emas dan perak. Terdapat beberapa dinding perlindungan di sekeliling Osaka Castle yang juga merupakan bengunan asli dan di golongkan sebagai dinding baru terbesar di Jepang. Menariknya Osaka Castle memiliki diorama yang terletak di lantai 7 dan berisi scenes kehidupan Hideyoshi Toyomi atau yang sering disebut Karakuri Taikoki.

Pemandangan puncak Osaka Castle
Pemandangan puncak Osaka Castle
  • Menikmati Hanami musim semi di Taman Nishinomaru

Dimusim semi yang jatuh di sekitar awal April, kita dapat bergabung dengan hanami dan dapat melihat keindahan 600 pohon bunga sakura bersama penduduk sekitar. Kita juga dapat menikmati bersantai di bangunan yang sering digunakan untuk upacarea minum teh.

  • Merasakan sensasi naik Kapal Gozabune ala Toyotomi Hideyoshi

Di Osaka Castle anda dapat mencoba wisata kapal Gozabune ini. Dermaganya terletak di bagian utara osaka. Anda akan di ajak menyusuri bagian parit luar osaka castle selama kuranglebih 20 menit. Kapal ini berbeda dangan kapal-kapal pada umumnya, karena kapal ini di hias ala Toyotomi Hideyoshi sang penguasa Osaka yang terkenal. Parit luar Istana ini sangat terkenal diantara kastil di Jepang lainnya. Itu semua karena Osaka Castle memiliki tembok batu yang tinggi dan juga parit yang cukup dalam, sehingga sangat sulit para musuh untuk menyerang. Arsitektur yang unik dengan tembok batu yang megah tentunya akan membuat penglaman yang sangat berharga dan tak terlupakan untuk anda ketika berada di Osaka Jepang.

Kapal Gozabune ala Toyotomi Hideyoshi
Kapal Gozabune ala Toyotomi Hideyoshi

Kapal Gozabuna beroperasi pada bulan Maret hingga November, setiap hari mulai 10.00-16.30. Kapal berangkat setiap 10-15 menit sekali. Dengan biaya 750 yen untuk pelajar SD dan SMP dan 1.500 yen untuk dewasa.

Untuk mencapai dermaga dapat ditempuh dengan menggunakan kereta subway Tanimachi Line dan turun di Stasiun Tanimachi 4-Chome. lalu keluar di pintu exit 1B atau 9. Selain itu bisa juga naik Tanimachi Line atau kereta Keihan Line dan turun di Temmabashi Station exit no 3.

Informasi Tambahan (Harga Tiket, Waktu, Musim)

Ketika berkunjung waktu dimulai dari pukul 9.00 hingga 17.00. Dan harga tiket masuk 600 yen untuk dewasa dan gratis untuk anak-anak.

Jika hanya ingin mengunjungi Taman Nishinomaru, akan dikenakan tiket masuk seharga 200 yen dan 350 yen untuk musim hanami bunga sakura.

Tips Mengunjungi Osaka Castle

  • Waktu yang direkoendasikan untuk mengunjungi Osaka Castle adalah pada saat pagi hari, karena perjalanan dari stasiun terdekat cukup jauh dan memakan waktu, dan lebih baik dilakukan saat suhu udara masih sejuk dipagi hari.
  • Osaka Castle paling bagus dikunjungi saat bulan April, karena bunga sakura sedang bermekaran dan juga momiji musim gugur pada bulan November.
  • Selain terdapat benda-benda bersejarah anda wajib mencoba photo booth dengan mengenakan pakaian perang ala Jepang.
  • Melihat pemandangan taman hijau dan juga keindaham kota Osaka dari ketinggian paling atas Istana.

Cara ke Osaka Castle

  1. Dari Stasiun Osaka, anda bisa naik kereta JR Osaka Loop Line dan turun di Stasiun Osakajokoen. Lama perjalanan sekitar 10 menit dengan ongkos 160 yen (tercover oleh JR Pass).
  2. Dari Namba Station
    Naik kereta bawah tanah Sennichimae Line menuju Stasiun Tanimachi Kyuchome, kemudian pindah ke Tanimachi line (Osaka Subway) menuju Stasiun Tanimachi Yonchome membutuhkan waktu 8 menit dan biaya 240 yen.
    Naik kereta Midosuji Line menuju Stasiun hilotomachi. Dari Stasiun Motomachi naik kereta Chou Line menuju Stasiun Tanimachi Yonchome membutuhkan waktu 13 menit dengan ongkos 240 yen.
  3. Dari Umeda Station di Osaka
    Pertama jalan menuju Stasiun Higashi Umeda dan kemudian naik kereta Tanimachi Line menuju Stasiun Tanimachi Yonchome dan membutuhkan waktu 13 menit dan biaya 240 yen. Dan waktu 11 menit dengan ongkos 240 yen.
  4. Dari Kansai Airport
    Bisa naik kereta rapid JR atau kereta ekspress Haruka sampai Tennoji Station. Dari Tennoji Station, kemudian bisa naik kereta JR Osaka Loop Line dan turun di Stasiun Osakajokoen. Semua ongkos keretanya tercover oleh JR Pass.

Panorama Osaka Castle di Jepang

Osaka Castle

Osaka Castle merupakan istana kerajaan Jepang yang berdiri pada awal abad ke 16. Walaupun di juluki sebagai istana, namun tempat ini sebenarnya merupakan sebuah museum yang menceritakan perjalanan sang pendiri istana “Toyotomi Hideyoshi“, yang semasa hidupnya adalah seorang penguasa di daerah Osaka.
  • Berlokasi di : Osaka, Jepang
  • Alamat: 1-1 Osakajo, Chuo Ward, Osaka, Osaka Prefecture 540-0002, Jepang
  • Dibuka: 1597
  • Tinggi: 58 m
  • Jam buka: Buka Setiap Hari, pukul 09.00 – 17.00
  • Fungsi: Puri

Video Osaka Castle Jepang

Leave a Comment

You may also like

Hot News

Hubungi Kami via WhatsApp