Waktu Terbaik Untuk Mengunjungi Tokyo

Waktu Terbaik Untuk Mengunjungi Tokyo, Cari Tahu Cuaca dan Acara Setiap Bulannya!

By

Waktu Terbaik Untuk Mengunjungi Tokyo, Cari Tahu Cuaca dan Acara Setiap Bulannya!

Waktu Terbaik Untuk Mengunjungi Tokyo

Pengen banget ke Tokyo? Langsung aja agendain dong.. Bisa bareng tripjepang.co.id loh.. Tapi, kapan aja waktu terbaik untuk berkunjung ke Tokyo? Terus gimana cuaca di Tokyo setiap bulan? Kapan festival dan acara terbaik di Tokyo?

Sebenernya kapan aja kamu bisa mengunjungi Tokyo, karena sepanjang tahun cuacanya sedang. Tapi untuk waktu yang terbaiknya adalah di musim gugur (akhir September hingga November) dan musim semi (Maret hingga Mei). Kalau mau ke Tokyo di musim panas dan musim dingin juga oke kok.. Musim panas di Tokyo itu panas dan lembap, sedang musim dinginnya gak terlalu dingin untuk bepergian. Biasanya musim hujan berlangsung dari pertengahan Juni hingga akhir Juli, tetapi gak turun hujan setiap hari dan kamu tetep bisa bepergian.

Untuk lebih lengkapnya, simak aja deh cuaca dan acara serta festival di setiap bulannya di Tokyo, scroll terus sampai bawah!

>> Paket Tour Jepang Paling Populer <<

Cuaca Tokyo Pada Bulan Januari

  • Tinggi rata-rata (C/F): 9/48
  • Rata-rata rendah (C/F): 1/34
  • Januari cenderung cerah dan dingin. Hujan atau salju turun beberapa kali selama sebulan. Salju biasanya tidak menempel. Sebagian besar bisnis tutup dari tanggal 29 Desember hingga 3 Januari untuk liburan shogatsu (Tahun Baru). Ini adalah bulan yang sepi (kecuali di kuil selama shogatsu).

Festival Dan Acara Tokyo Di Bulan Januari:

  • 1, 2, 3 Januari: Hatsumode (kunjungan kuil pertama di Tahun Baru). Tempat-tempat populer termasuk Kuil Meiji-jingu , Kuil Yasukuni-jinja , dan Kuil Senso-ji.

Cuaca Tokyo Pada Bulan Februari

  • Tinggi rata-rata (C/F): 10/50
  • Rata-rata rendah (C/F): 2/34
  • Musim dingin berlanjut hingga Februari. Ini biasanya bulan kering tetapi bisa hujan atau salju sedikit. Jika turun salju, biasanya tidak menempel di tanah. Ini adalah bulan yang baik untuk dikunjungi jika kamu tidak suka keramaian.

Festival dan Acara Tokyo di Bulan Februari:

  • 2 Februari: Pidato Kekaisaran di Istana Kekaisaran. Pada hari ini, kamu dapat memasuki halaman dalam Istana Kekaisaran untuk mendengarkan pidato Tahun Baru Kaisar.

Cuaca Tokyo Pada Bulan Maret

  • Tinggi rata-rata (C/F): 13/56
  • Rata-rata rendah (C/F): 4/39
  • Maret adalah saat mulai hangat di Tokyo, tetapi cuacanya bisa berkisar dari dingin hingga cukup hangat, jadi bersiaplah untuk apa pun (bawalah pakaian yang mudah dilapisi). Pada pertengahan Maret, bunga plum keluar. Pada akhir Maret, sakura biasanya mulai mekar. Sebagian besar bulan Maret tidak ramai, tetapi minggu terakhir biasanya sudah banyak turis (pesan jauh-jauh hari).

Festival dan Acara Tokyo di Bulan Maret:

  • Akhir pekan ketiga bulan Maret: Pameran Anime Tokyo. Diadakan di aula acara Tokyo Big Sight di Odaiba, ini adalah salah satu pertemuan top dunia untuk para penggemar anime.
  • Akhir Maret: Hanami (melihat bunga sakura): Bunga sakura biasanya mulai mekar pada akhir Maret. Tempat terbaik untuk melihat sakura meliputi Taman Ueno-koen, Taman Yoyogi-koen, dan Shinjuku Gyoen.
Hanami in Ueno Park
Hanami in Ueno Park

Cuaca Tokyo Pada Bulan April

  • Tinggi rata-rata (C/F): 19/67
  • Rata-rata rendah (C/F): 9/48
  • Musim semi benar-benar dimulai pada bulan April. Minggu pertama atau lebih adalah waktu puncak untuk pariwisata di Jepang karena bunga sakura. Jika kamu ingin berkunjung pada bulan April, pesan jauh-jauh hari! Kawasan wisata kota akan dikemas selama ini. Sakura biasanya memuncak pada minggu pertama bulan April dan biasanya bertahan hingga sekitar 15 April (tetapi jatuh lebih awal di tahun-tahun hujan). Cuaca bisa berkisar dari dingin hingga cukup hangat, jadi bawalah pakaian yang bisa kamu pakai berlapis-lapis. Paruh kedua bulan ini cenderung sepi dan indah.

Festival dan Acara Tokyo Pada Bulan April:

  • Awal April: Hanami (melihat bunga sakura). Sakura biasanya memuncak pada minggu pertama bulan April. Tempat terbaik untuk melihat ceri meliputi Taman Ueno-koen, Taman Yoyogi-koen, dan Shinjuku Gyoen.

Cuaca Tokyo Pada Bulan Mei

  • Tinggi rata-rata (C/F): 23/74
  • Rata-rata rendah (C/F): 14/57
  • Mei mungkin bisa menjadi bulan favorit di Tokyo. Hangat tapi tidak panas dan langit sering cerah. Ada banyak hal yang bermekaran di taman dan kebun dan kehijauan musim semi yang baru itu indah. Dan, ini bukan musim turis yang sibuk. Sore dan pagi hari masih bisa sedikit sejuk, jadi bawalah lapisan atas yang ringan.

Festival dan Acara Tokyo Pada Bulan Mei:

  • Awal Mei (dua tahun sekali): Kanda Matsuri. Diadakan dua tahun sekali (yang berikutnya akan diadakan pada tahun 2017), festival besar ini diadakan di distrik Kanda di pusat kota Tokyo.
  • Akhir pekan ketiga bulan Mei: Sanja Matsuri. Ini adalah festival terbesar di Tokyo (menjadikannya salah satu yang terbesar di Jepang). Aksi berlangsung di sekitar Asakusa . Jangan lewatkan!
Festival Sanja Matsuri, Salah Satu Festival Terbesar di Tokyo Yang Menjadi Pesona Asakusa
Festival Sanja Matsuri

Cuaca Tokyo Pada Bulan Juni

  • Tinggi rata-rata (C/F): 25/77
  • Rata-rata rendah (C/F): 18/65
  • Juni adalah waktu yang tepat untuk berkunjung. Cuacanya bisa dibilang hangat tapi belum panas. Biasanya cerah di awal bulan dan kemudian musim hujan dimulai di akhir bulan. Biasanya tidak hujan setiap hari atau sepanjang hari (namun kamu bisa mengharapkan banyak hujan sore – jadi bawalah payung portabel).

Festival Dan Acara Tokyo Pada Bulan Juni:

  • Pertengahan Juni (dua tahun sekali): Sanno Matsuri. Diadakan dua tahun sekali, festival dan pawai ini berpusat di Kuil Hie-jinja. Yang berikutnya akan diadakan pada tahun 2016.

Cuaca Tokyo Pada Bulan Juli

  • Tinggi rata-rata (C/F): 29/84
  • Rata-rata rendah (C/F): 22/72
  • Musim hujan berlangsung hingga Juli dan biasanya panas dan lembab dengan seringnya hujan. Tetap saja, mungkin untuk bepergian di Tokyo pada bulan Juli dan tidak ramai. Musim hujan berakhir pada akhir bulan, kemudian menjadi cerah, panas dan lembab.

Festival Dan Acara Tokyo Pada Bulan Juli:

  • 13-16 Juli: Mitama Matsuri. Festival ini diadakan di Kuil Yasukuni-jinja, diadakan untuk mengenang orang mati (kebanyakan korban perang Jepang). Ini adalah acara nasionalis yang mungkin menarik bagi mereka yang tertarik dengan sejarah Jepang.
  • Sabtu lalu di bulan Juli: Festival Kembang Api Sumida-gawa. Festival kembang api yang mengagumkan ini diadakan di Sungai Sumida-gawa di Asakusa. Sangat dianjurkan!

Cuaca Tokyo Pada Bulan Agustus

  • Tinggi rata-rata (C/F): 31/88
  • Rata-rata rendah (C/F): 23/73
  • Agustus adalah bulan terpanas di Tokyo. Jalan-jalan kerja di bulan Agustus bisa menguras keringat, tetapi keuntungannya adalah tidak banyak turis asing lainnya. Transportasi jarak jauh seperti shinkansen (kereta peluru) ramai saat liburan Obon, yang biasanya jatuh di pertengahan bulan (cek online untuk tanggal tahun ini).

Festival dan Acara Tokyo Pada Bulan Agustus:

  • Pertengahan Agustus: Obon. Ini adalah festival orang mati Buddhis, ketika orang Jepang kembali ke kampung halaman mereka untuk berdoa kepada leluhur mereka. Transportasi ramai selama ini. Tanggal bervariasi menurut tahun jadi periksa online untuk tanggal tahun ini.
  • Minggu terakhir di bulan Agustus: Asakusa Samba Carnival. Penggemar samba Jepang, banyak di antaranya adalah orang Brasil-Jepang, menampilkan tarian samba yang fantastis di tengah-tengah Asakusa. Acara ini populer di kalangan fotografer yang ingin mendapatkan bidikan terbaik dari para wanita berpakaian minim.

Cuaca Tokyo Pada Bulan September

  • Tinggi rata-rata (C/F): 27/81
  • Rata-rata rendah (C/F): 20/68
  • September adalah waktu yang tepat untuk berwisata di Tokyo. Biasanya cerah, panas, dan lembap di awal bulan, sedang hingga cerah dan hangat di akhir bulan. Ini adalah musim sepi untuk pariwisata dan hotel bisa sangat murah.

Festival dan Acara Tokyo Pada Bulan September:

  • Pertengahan atau akhir Agustus: Tokyo Game Show. Penggemar game elektronik berkumpul di pusat acara Makuhari Messe di dekat Chiba untuk melihat penawaran terbaru.

Cuaca Tokyo Pada Bulan Oktober

  • Tinggi rata-rata (C/F): 22/73
  • Rata-rata rendah (C/F): 14/57
  • Oktober memiliki beberapa cuaca terbaik dalam setahun: hari yang cerah dan hangat biasanya, dengan malam yang sejuk. Ini adalah waktu yang sangat nyaman untuk bepergian. Di akhir bulan, dedaunan mulai berubah warna di taman dan kebun kota.

Festival dan Acara Tokyo Pada Bulan Oktober:

  • Sepanjang bulan: Festival Krisan: Acara ini diadakan di berbagai taman, kuil, dan wihara di sekitar kota untuk merayakan bunga-bunga ini, yang mekar di bulan Oktober. Tanyakan di pusat informasi turis untuk detailnya.

Cuaca Tokyo Pada Bulan November

  • Tinggi rata-rata (C/F): 16/61
  • Rata-rata rendah (C/F): 8/46
  • November menyaingi Mei sebagai bulan favorit saya untuk mengunjungi Tokyo. Cuaca biasanya sejuk dan langit cerah biasa terjadi. Daun berubah warna bulan ini dan dedaunan di taman dan kebun kota sangat spektakuler.

Festival dan Acara Tokyo Pada Bulan November:

  • 3 November: Jidai Matsuri (Festival Zaman). Diadakan pada Hari Kebudayaan Nasional, orang-orang yang mengenakan kostum yang mewakili berbagai periode sejarah di Jepang berbaris dalam parade di Asakusa.
  • Sepanjang bulan: Dedaunan gugur. Warna musim gugur sangat spektakuler di taman dan kebun kota bulan ini. Tempat-tempat populer termasuk Koishikawa Koraku-en , Taman Ueno-koen.
Taman ueno musim gugur Tokyo
Taman Ueno Musim Gugur

Cuaca Tokyo Pada Bulan Desember

  • Tinggi rata-rata (C/F): 12/54
  • Rata-rata rendah (C/F): 3/37
  • Musim dingin benar-benar dimulai pada bulan Desember dan suhu berkisar dari sejuk hingga dingin, tetapi tentu saja tidak terlalu dingin untuk jalan-jalan. Ini umumnya bulan kering tetapi bisa hujan atau salju sedikit (biasanya tidak menempel di tanah). Jika kamu tidak menyukai keramaian, inilah saat yang tepat untuk berkunjung, tetapi perlu diingat bahwa semuanya ditutup dari 29 Desember hingga 3 Januari untuk liburan shogatsu.

Festival dan Acara Tokyo Pada Bulan Desember:

  • Awal Desember (dua tahun sekali): Pameran Robot Internasional. Diadakan dua tahun sekali di aula acara Tokyo Big Sight di Odaiba, ini adalah pertemuan para pembuat robot top dunia (kebanyakan dari Jepang). Selanjutnya akan diadakan pada tahun 2017.
  • 31 Desember: Shogatsu (Tahun Baru): Orang-orang berkumpul di rumah mereka untuk merayakan Tahun Baru. Banyak orang mengunjungi kuil untuk membunyikan lonceng kuil pada pendekatan tengah malam. Setelah tengah malam, banyak orang mengunjungi kuil untuk berdoa memohon keberuntungan. Tempat yang bagus untuk melihatnya adalah Kuil Meiji-jungu.

Nah, itulah perkiraan cuaca setiap bulannya di Tokyo dan beberapa festival dan acara yang digelar setiap bulannya. Tinggal pilih dong mau berangkat bulan apa, biar lebih mudah kamu bisa cek paket wisata ke Jepang di sini!

You may also like

Hot News

Hubungi Kami via WhatsApp