Paket Tour Jepang Winter / Musim Dingin 2021

Paket Tour Jepang Winter Musim Dingin 2018
Winter / Musim Dingin di Jepang

Berrrrr…!! Memasuki bulan Desember, suhu udara di Jepang semakin menurun hingga kita yang berada di Jepang akan merasakan dinginnya udara. Kemudian butiran salju yang lembut itu mulai turun secara perlahan, yang menandakan musim dingin telah tiba. Salju itu akan menutupi semua area jalanan, rumah-rumah dan mengubahnya menjadi warna putih. Dari bulan Desember hingga Februari, musim dingin di Jepang akan berlangsung. Suhu udara di Jepang tak jarang akan berada di bawah titik beku. Perbedaan suhu akan terlihat cukup Jelas antara Hokkaido yang berada di ujung utara dengan Okinawa yang berada di ujung selatan.

Senangnya jika bisa merasakan salju yang tak kita temukan di Indonesia. Dan ada banyak hal yang bisa kita lakukan selama musim dingin di Jepang. Karena akan banyak tempat menarik dan recomended untuk menikmati salju juga adanya pagelaran festival yang hanya ada di musim dingin. Hingga merasakan langsung kelembuatan salju yang sedang turun, itu salah satu momen langka. So, jangan lewatkan ulasan musim dingin di bawah ini dan jadwalkan untuk berlibur ke Jepang di musim dingin.

Suasana Musim Dingin di Jepang

Hampir semua area di Jepang akan tertutup salju. Membuat suasana di Jepang tampak putih bersih dan akan memberikan kesan menyegarkan. Apalagi di daerah Hokuriku, Tohoku, dan Hokkaido salju akan menumpuk. Walaupun suhu udaranya begitu dingin, tapi tetap saja banyak orang yang berdatangan untuk melihat pemandangan musim dingin khas Jepang. Salah satunya adalah pemandangan kuil yang berpadu dengan taman yang diselimuti salju.

Kegiatan Saat Musim Dingin di Jepang

Ada buaaanyyak sekali kegiatan atau hal atau aktivitas yang bisa kita lakukan saat musim dingin. Ada bermain ski, bermain ice skating, snowboard. Kemudian berendam di Onsen (pemandian air panas). Bermain salju, membuat patung dari salju, hingga berguling-gulingan di atas salju juga bisa.

Kegiatan Saat Musim Dingin di Jepang
Ski

Selain itu, kita juga bisa merasakan pergantian tahun dengan ditemani salju. Momen yang langka bukan. Dan menikmati berbagai suguhan musim dingin di Jepang. Ada festivalnya yang unik dan menarik. Ada lagi berlayar menyusuri lautan es ala Kutub Utara itu bisa dilakukan di Jepang. Jangan lupa juga untuk mengunjungi kuil-kuilnya Jepang, menikmati musim dingin sembari belajar budaya. Terakhir, cicipi makanan hangat, seperti Oden, amen, Yosenabe, Yodofu dan sejenis sup lainnya yang biasanya makanan ini laku keras di musim dingin.

Festival Musim Dingin di Jepang

Untuk mengalihkan suhu yang terlalu dingin, maka diadakan festival. Ya.. Jepang memang terkenal dengan festival di setiap musimnya. Di musim apapun, festivalnya selalu seru dan laku keras. Tentunya musim dingin termasuk dong. Namanya saja musim dingin yang identik dengan salju, pasti festivalnya juga berkaitan dengan salju. Ada banyak festival yang digelar. Dan di bawah ini beberapa festival musim dingin di Jepang yang recomended, yang akan membuat liburan musim dinginmu lebih bermakna.

  • Sapporo Snow Festival

Bagi wisatawan yang datang ke Hokkaido di musim dingin, salah satu hal yang ingin dilakukan adalah melihat Sapporo Snow Festival atau Festival Salju Sapporo. Festival berlangsung setiap bulan Februari di Sapporo, Hokkaido. Berbagai patung-patung salju yang terbuat dari pahatan es akan ditampilkan di Tsudome, Susukino, dan Taman odori, yang diiringi pertunjukan musik. Pengunjung juga bisa mencoba area labirin es dan arena seluncuran, serta mencicipi sajian makanan lokal dari seluruh kota Hokkaido selama festival berlangsung.

Sapporo Snow Festival
Sapporo Snow Festival
  • Aizu Painted Candle Festival

Salah satu festival musim dingin yang juga recomended yang diadakan di kota Aizu. Selama festival, lilin bercat akan dihiasi dengan wisteria, gambar krisan, dan peoni yang menyala saat malam hari. Sekitar 7.000 lilin dinyalakan, menutupi salju selama festival dan menciptakan pemandangan yang fantastis. Pemandangan fantastis ini bisa kamu nikmati selama liburan musim dingin di Fukushima.

aizu painted candle festival
aizu painted candle festival
  • Zao Snow Monster Festival

Zao Snow Monster Festival diadakan di Ski Zao Onsen. Festival ini menampilkan iluminasi monster salju, patung es, dan banyak lagi. Monster-monster salju itu sendiri adalah tontonan alam yang menakjubkan. Zao Snow Monster Festival, yang berlangsung pada akhir pekan pertama bulan Februari, diakhiri dengan pertunjukan hebat yang menampilkan maskot Zao Onsen, maskot Prefektur Yamagata, serta VIP maskot lainnya.

zao snow monster festival
zao snow monster festival
  • Ouchijuku Snow Festival

Ouchijuku Snow Festival diadakan pada akhir pekan kedua bulan Februari setiap tahun di Ouchi-juku, Minamiaizu. Ada sejumlah acara selama dua hari yang dapat dinikmati pengunjung dari berbagai usia. Ouchijuku terkenal dengan bangunan tradisionalnya. Dimana bangunan tradisional dihiasi oleh lentera yang akan menimbulkan kesan indah dan magis. Festival makin semarak dengan adanya tari-tarian, festival kostum, dan lomba makan mie. Di puncak acara, pengunjung bisa menyaksikan atraksi main api yang menegangkan.

Ouchijuku Snow Festival
Ouchijuku Snow Festival
  • Yokote Kamakura Snow Festival

Yokote Kamakura Snow Festival adalah festival musim dingin tradisional yang diadakan setiap tahun di Prefektur Akita, dan ini adalah salah satu festival salju musim dingin paling spektakuler di Jepang. Acara ini menampilkan ratusan kubah salju besar dan kecil yang disebut Kamakura yang akan ditempatkan di beberapa lokasi di kota.

Festival dimulai pada siang hari, menampilkan acara khusus, patung salju, kios makanan, dan banyak lagi di beberapa lokasi di kota. Akan ada banyak kubah Kamakura selama festival di mana pengunjung dapat benar-benar masuk dan menikmati makanan tradisional musim dingin Mochi (kue beras lunak) dan Akazake (sake manis hangat) di malam hari. Penerangan Kamakura juga akan diatur oleh Sungai Yokote setelah matahari terbenam yang menampilkan lebih dari 100 lentera salju kecil.

Yokote Kamakura Snow Festival
Yokote Kamakura Snow Festival
  • Urabandai snow Festival

Urabandai snow Festival di Prefektur Fukushima adalah salah satu dari sepuluh festival salju paling populer di Jepang. Festival ini dimulai saat matahari terbenam di sore hari. Pemandangan lentera yang hangat bersinar dari pohon shinning sangat menyentuh. Salju putih di tanah ditutupi dengan cahaya lilin yang hangat, dan nyala lilin bergoyang tertiup angin, menciptakan bayangan indah di salju dan es di sekitarnya.

Urabandai snow Festival
Urabandai snow Festival
  • Kamihinoki-nai Paper Balloon Launch

Kamihinoki-nai Paper Balloon Launch adalah acara tahunan yang sangat fantastis di mana balon kertas dilepas ke langit malam yang gelap satu demi satu. Balon kertas besar sepanjang 8 meter berjumlah sekitar 100 balon kertas dengan pesan doa dari para peserta dilepas setiap tahun.

Hal Yang Harus Disiapkan Saat Liburan Musim Dingin di Jepang

Berlibur ke luar negeri harus ada persiapan khusus. Apalagi perginya saat musim dingin dimana di Indonesia musim dinginnya berbeda banget dengan di Jepang. Dan berbagai hal yang harus dipersiapkan dapat ditemukan di bawah ini.

  • Pelembab

Untuk apa pelembab saat musim dingin? Untuk beberapa orang musim dingin di Jepang bisa jadi adalah sebuah mimpi buruk. Mengapa? Karena terkadang perbedaan musim dari cuaca tropis harus langsung beradaptasi dengan cuaca yang sangat dingin, tentu kulit akan kaget. Dengan pelembap atau lebih baik lagi lotion dari olive oil, bisa digunakan untuk mencegah kulit kering dan pecah-pecah.

>> Paket Tour Jepang Paling Populer <<

  • Dalaman Hangat

Dalaman yang hangat akan sangat dibutuhkan sebagai lapisan pertama dan akan membantu meningkatkan suhu setidaknya 3-5 derajat lebih hangat dari udara di luar saat musim dingin.

  • Penutup Telinga

Kalau cuaca sudah benar-benar ekstrim, atau dinginnya sudah kelewat batas tubuhmu untuk menahannya, bagian dari tubuh yang cukup sensitif untuk menerima perubahan cuaca yang riskan ini adalah telinga. Dengan tingkat dingin tertentu telinga bisa sakit bahkan mengeluarkan darah. Oleh karena itu, sangat disarankan untuk menggunakan topi atau setidaknya penutup telinga yang cukup hangat.

  • Syal

Selain telinga, leher juga merupakan bagian tubuh yang sensitif, apalagi kalau terkena hembusan hawa dingin. Jangan lupa untuk memilih syal dengan bahan yang menghangatkan.

  • Boots

Boots akan sangat membantu terutama jika bepergiannya ke Jepang bagian utara yang saljunya lebih tebal dari selatan. Boots setidaknya lebih dari mata kaki, atau setidaknya setengah betis akan lebih baik. Selain tinggi, pilihlah boots yang bahan dalamannya dapat menghangatkan kakimu seperti bulu, poliester, atau bahan lain yang menghangatkan. Lebih baik lagi jika memilih sepatu boots yang anti air.

  • Down Jacket

Down jacket adalah jaket tebal yang berbahan poliester pada umumnya. Dengan jaket kulit biasa, mungkin masih bisa menahan dinginnya Jepang bagian selatan. Namun kalau kamu pergi ke daerah utara saat musim dingin, dijamin butuh jaket yang lebih tebal. Dan tetap gunakan tambahan baju berlapis di dalamnya.

  • Sarung Tangan

Sarung tangan pun juga diperlukan. Gunakan sarung tangan yang berbahan kulit yang modis, atau polyester fleece.

  • Kesehatan

Ini yang paling utama, jaga kesehatan. Akan sia-sia jika liburanmu dengan kondisi badan kurang fit. Jaga kesehatan dengan makan yang teratur dan istirahat yang cukup.

Obyek Wisata Favorit Musim Dingin di Jepang

  • Sapporo

Sapporo Snow Festival yang diadakan selama satu pekan setiap bulan Februari menjadi agenda tahunan yang tidak boleh Anda lewatkan. Jika berencana berkunjung ke Sapporo Snow Festival, pastikan untuk menjejalahi 3 area utamanya: Odori Site (taman sepanjang 1,5km berisi patung es dan boneka salju yang megah), Tsudome Site (wahana super luas untuk bermain salju yang terbagi menjadi area indoor dan outdoor), serta Susukino Site (pusat pertunjukan patung es dan Ice Sculpture Contest). Jika datang sebelum Sapporo Snow Festival berlangsung, cobalah untuk berkunjung ke Gunung Moiwa, mampir ke Shiroi Koibito Park yang mirip istana Willy Wonka, dan menikmati suasana tenang di Danau Shikotsu.

  • Aomori

Keunikan musim dingin di Aomori terletak di curah saljunya yang sangat lebat dan disebut-sebut sebagai salah satu lokasi terdingin di Jepang. Sewaktu berkunjung ke Aomori, kita dapat menaiki kereta uap Tsugaru Stove Train yang beroperasi sejak tahun 1930-an dan menyusuri jalur sepanjang 20,7km sambil menghangatkan badan di depan tungku api yang tersedia di dalam kereta. Selain untuk menghangatkan, tungku api di Tsugaru Stove Train juga berfungsi sebagai alat memasak dan sering digunakan untuk memanggang surume. Jika ingin melihat keindahan alam, kita bisa naik ke puncak Pegunungan Hakkoda dengan menumpang kereta gantung dan hiking di sekitar Danau Juniko. Bagi pencinta kemeriahan, jangan lewatkan warna-warni lentera buatan warga lokal yang meramaikan Hirosaki Castle Yuki-Doro Festival.

Aomori Jepang
Aomori, Jepang
  • Hakuba

Sebagai tuan rumah Olimpiade Musim Dingin di tahun 1998, Hakuba memiliki beragam fasilitas ski kelas dunia yang menyebar di banyak titik. 11 resort di Hakuba mempunyai lintasan ski dengan panjang/tingkat kesulitan yang bervariasi dan bisa dimanfaatkan oleh siapa pun, termasuk pemula. Jika ingin merasakan suasana tradisional Jepang yang hangat dan otentik, kita dapat menginap di Tokiwatei, satu-satunya penginapan dengan arsitektur asli Jepang yang ada di Hakuba.

Hakuba Jepang
Hakuba, Jepang
  • Tokyo

Meski tidak memiliki agenda tahunan berupa festival musim dingin dan tidak dilengkapi dengan wahana ski yang luas, pesona Tokyo sewaktu winter tidak berkurang sedikit pun. Jika berencana menghabiskan libur musim dingin di Tokyo, kita dapat berkunjung ke Meiji Jingu, hiking di Gunung Takao, dan foto-foto di Hamarikyu yang Instagramable. Bermain dan mengelilingi Tokyo Disneyland serta Tokyo DisneySea di tengah saju pasti menjadi pengalaman menyenangkan yang tak mudah terlupakan.

  • Shirakawa

Lokasinya yang berada tepat di kaki Gunung Haku salah satu gunung terpopuler di Jepang yang dianggap sebagai salah satu dari Tiga Gunung Suci selain Gunung Fuji dan Gunung Tate, membuat Shirakawa menjadi destinasi istimewa. Selain panorama cantik, Shirakawa memiliki daya tarik tersendiri yang terpusat di Ogimachi Village. Di sana terdapat 114 gassho-zukuri (rumah tradisional Jepang) yang memenuhi seisi desa dan tampak sangat cantik sewaktu diselimuti salju. Beberapa rumah kini beralih fungsi menjadi restoran, museum, dan penginapan. Jika merasa lelah, kedinginan, dan ingin menghangatkan tubuh, kita dapat berendam di Shirakawago-hirase-onsen yang menjadi onsen terpopuler di Shirakawa. Cantiknya Shirakawa serta uniknya gassh0-zukuri yang ada di sana membuat wilayah ini tercatat sebagai salah satu Situs Warisan Dunia UNESCO.

Shirakawago Jepang
Shirakawago, Japan
  • Kamakura

Mencari tempat unik untuk menghabiskan musim dingin di Jepang? Kamakura adalah pilihan tepat. Selain tenang dan cantik, Kamakura memiliki Kotoku-in, sebuah kuil yang dilengkapi Kamakura Daibutsu, patung Buddha terbesar di Jepang setinggi 11,3m dengan berat 121 ton yang dibangun pada 1252 masehi. Megahnya Kamakura Daibutsu menjadi harta karun berharga di Kamakura yang tidak pernah gagal menarik minat wisatawan untuk berkunjung. Selain Kotoku-in, Kamakura memiliki beragam kuil menarik lain yang juga patut dikunjungi: Tsurugaoka Hachimangū yang megah, Hase-dera yang bernuansa klasik dan menghadap ke laut, serta Kencho-ji yang dipenuhi sejarah.

  • Kyoto

Tidak jauh berbeda dengan di Kamakura, kita dapat menemukan banyak kuil menarik yang terlihat semakin cantik ketika diselimuti salju di Kyoto. Sebagai destinasi populer di Kyoto, Kinkakuji menawarkan keindahan yang berbeda saat musim dingin tiba. Di musim dingin, warna emas yang menjadi ciri khas Kinkakuji terlihat kontras dengan putihnya salju dan membuatnya semakin menyala. Tidak jauh berbeda dengan Kinkakuji, kita pun dapat menikmati pemandangan magical sewaktu berkunjung ke Daigo-ji.

Kyoto Jepang
Kyoto, Jepang

Kali ini Tripjepang.co.id telah merangkum banyak Paket Tour Jepang Winter / Musim Dingin 2021 yang bisa anda pilih dan sesuai dengan keinginan Anda.

Paket Tour 3 Hari :

Paket Tour 4 Hari :

Paket Tour 5 Hari :

Paket Tour 6 Hari :

Paket Tour 7 Hari :

Jadikan liburan Anda bersama kami ^_^

Informasi Lebih Lanjut, Hubungi Kami :

Telepon/SMS/Whatsapp : 0822-4963-4694

Hubungi Kami via WhatsApp