Beranda » Wisata Jepang » Sapporo Beer Museum Hokkaido, Wisata Sekaligus Tempat Belajar Tentang Bir di Jepang

Sapporo Beer Museum Hokkaido, Wisata Sekaligus Tempat Belajar Tentang Bir di Jepang

Sapporo Beer Museum Hokkaido, Wisata Sekaligus Tempat Belajar Tentang Bir di Jepang

Sapporo Beer Museum Hokkaido

Hokkaido adalah tempat kelahiran bir di Jepang. Dan Sapporo Beer Museum atau Museum Bir Sapporo adalah satu-satunya museum bir di Jepang yang memberikan pengetahuan tentang bir dan pembuatan bir yang bervariasi. Sehingga pengunjung museum dapat belajar tentang Bir Sapporo dan perjalanan pembangunan bersama dengan Hokkaido sementara juga mendapatkan informasi unik terkait bir dari para pakar pecinta bir di Sapporo Breweries. Museum Bir Sapporo (Sapporo Biru Hakubutsukan) juga merupakan sebuah museum yang terletak di Taman Taman Sapporo di Higashi-ku, Sapporo, Hokkaido, Jepang. Terdaftar sebagai salah satu situs Hokkaido Heritage pada tahun 2004. Bangunan bata merah ini awalnya didirikan sebagai pabrik Perusahaan Gula Sapporo pada tahun 1890, dan kemudian dibuka sebagai museum pada bulan Juli 1987. Bangunan ini juga menampung Kebun Bir Sapporo di sayap selatan.

Di sebelah museum adalah Taman Bir Sapporo, yang terdiri dari beberapa restoran. Di antara restoran ada beberapa, ruang bir atmosfer, tetapi juga restoran Garden Grill yang lebih canggih.
jadwal promo paket wisata tour ke jepang terbaru

Sejarah Museum Bir Sapporo

Sejarah Museum Bir Sapporo berawal dari periode Meiji , ketika William Smith Clark , yang mengunjungi Hokkaido sebagai O-yatoi gaikokujin, memulai produksi bir dan Hokkaido Kaitaku-shi, mantan pemerintah Hokkaido, mendirikan sejumlah pabrik bir di Sapporo. William Clark adalah presiden dari Massachusetts Agricultural College yang memiliki salah satu teknik terbaik produksi bit di Amerika Serikat pada waktu itu, dan dia berharap untuk membangun budidaya bit di Hokkaidō selama masa tinggalnya. Setelah Clark kembali ke Amerika Serikat, Kaitaku-shi mulai memproduksi bit di Desa Nanae, di mana saat ini menjadi bagian dari Hakodate. Ini adalah penanaman bit pertama di Hokkaido.

Pada tahun 1878, penanaman bit yang didelegasikan oleh Kaitaku-shi ke Sapporo Agricultural College, pendahulu Universitas Hokkaido , dan Pabrik Gula Monbetsu dibangun pada tahun 1879, di mana saat ini Date berada. Pabrik gula dibuang ke perusahaan swasta, dan pada tahun 1888, Perusahaan Gula Sapporo didirikan dengan pabrik gula di Desa Naebo, yang akan menjadi daerah Naebo di Higashi-ku, Sapporo. Perusahaan ini didirikan sebagai produsen gula bit, dan meminta saran insinyur asing. Bangunan pabrik Perusahaan Gula Sapporo kemudian menjadi Museum Bir Sapporo dan Kebun Bir Sapporo. Pembangunan gedung ini diawasi oleh pemerintah Hokkaido, dan perusahaan yang berbasis di Jerman Sangerhausen.

Sejarah Museum Bir Sapporo

Bir di Museum Bir Sapporo

Sementara bangunan pabrik gula dibangun, Pabrik Bir Kaitaku-shi didirikan pada 23 September 1876 di tempat di mana Pabrik Sapporo sekarang berada. Itu dibangun oleh pejabat pemerintah Murahashi Hisanari. Insinyur kepala tempat pembuatan bir adalah Seibei Nakagawa, yang belajar teknik pembuatan bir di Jerman. Pelantikan diadakan di tempat pembuatan bir, dan tong-tong bir ditumpuk di depan gedung. Barel ini dipulihkan, dan saat ini terletak di area Museum Bir Sapporo.

Pabrik Bir Kaitaku-shi dibuang, dan Perusahaan Bir Sapporo didirikan pada bulan Desember 1887, yang kemudian menjadi Pabrik Bir Sapporo. Karena mempopulerkan produsen gula Taiwan setelah berakhirnya Perang Sino-Jepang Pertama pada tahun 1895, pabrik gula Jepang menurun, menyebabkan likuidasi pabrik bit yang dijalankan oleh Perusahaan Gula Sapporo. Pada tahun 1903, Perusahaan Bir Sapporo membeli dan merombak pabrik untuk digunakan sebagai tempat pembuatan bir.

Pabrik itu dioperasikan sampai 1965, dan Balai Peringatan Bir Kaitaku-shi dibangun di lantai tiga gedung pada tahun 1967, yang memamerkan sejumlah catatan sejarah, peralatan, dan dokumen yang praktis digunakan di pabrik. Setelah renovasi bangunan, Museum Bir Sapporo secara resmi dibuka untuk umum pada bulan Juli 1987. Setelah fungsi pabrik sebagai tempat pembuatan bir dipindahkan ke Eniwa, bangunan tersebut direnovasi kembali dan dibuka kembali pada bulan Desember 2004.

Pada tahun 1996, Badan Urusan Kebudayaan mengusulkan untuk mendaftarkan Museum Bir Sapporo sebagai salah satu Properti Budaya Penting Jepang. Sisi museum, bagaimanapun, menolak proposal tersebut. Ini terutama karena jika terdaftar, izin pemerintah akan diminta untuk merombak bangunan setiap kali, yang dianggap tidak nyaman oleh museum. Museum ini terdaftar sebagai salah satu situs Warisan Hokkaido pada 22 Oktober 2004.

>> Paket Tour Jepang Paling Populer <<

Ada Apa Saja di Museum Bir Sapporo ?

Museum Bir Sapporo memiliki tiga lantai, dan bebas untuk masuk. Tur museum tersedia. Panel yang menampilkan sejarah orang yang terlibat dalam industri bir dan Sapporo Brewery Inc. dipamerkan. Barang-barang yang dipamerkan lainnya termasuk botol bir, tanda, poster, miniatur bangunan, dan instrumen untuk menyeduh bir. Beberapa dari mereka sebenarnya digunakan di tempat pembuatan bir sebelum Perang Dunia II .

Ada Apa Saja di Museum Bir Sapporo

Interior Museum Bir Sapporo

Karena beberapa produk dari DaiNippon Beer Company, pendahulu dari Brewery Sapporo, juga disimpan di museum, bahan-bahan yang terkait dengan Bir Yebisu dipamerkan serta yang Bir Sapporo. Bar museum terletak di lantai dua, dan pengunjung dapat mencoba produk-produk alkohol dari Sapporo Beer. Lantai pertama memiliki restoran yang disebut “Star Hall”, dan toko museum. Taman Kebun Sapporo juga memiliki Ario Sapporo, pusat perbelanjaan, dan Taman Bir Sapporo, yang terhubung ke museum.

Dapatkan Cita Rasa Brews Eksklusif Saat Tur

Anda tidak perlu mengikuti tur untuk menikmati berjalan-jalan di museum. Jika Anda lebih suka mengikuti panduan, Anda dapat membayar untuk tur premium. Sepanjang jalan, Anda dapat mencoba resep bir Fukkoku Sapporo Bakushu asli, diseduh seperti di tahun 1881. Jangan lewatkan poster dan iklan asli yang digunakan Sapporo Beer selama bertahun-tahun. Ini adalah kesempatan bagus untuk belajar tentang mode dan desain yang populer di Jepang dalam berbagai dekade.

Taman Bir Sapporo Menyajikan Bir Yang Lezat Juga Makanan

Setelah berkeliling museum, pergilah ke Taman Bir Sapporo dan lima restorannya untuk minum dan berpesta. Raja kepiting, sushi, hidangan domba atau kambing yang dikenal sebagai jingisukan (dinamai setelah panglima perang Mongolia) dan lebih banyak suguhan yang ditawarkan. Kessel Hall, Trommel Hall, dan Poplar House semuanya memiliki suguhan makan dan minum sepuasnya. Lilac Restaurant memiliki hidangan ala carte termasuk masakan Jepang, Korea, dan Barat. Jika ingin mencoba domba yang diberi makan biji-bijian, Garden Grill adalah tempat yang tepat. Pemesanan paket tersedia secara online.

Taman Bir Sapporo Menyajikan Bir Yang Lezat Juga Makanan

Taman Bir Sapporo

Populer di aula bir adalah bir all-you-can-drink dan BBQ daging kambing all-you-can-eat, hidangan lokal yang populer dinamai penguasa besar Mongolia Genghis Khan (Jingisukan dalam bahasa Jepang).

jingisukan sapporo beer garden

Jingisukan di Sapporo Beer Garden

Cara Ke Museum Bir Sapporo

  • Dengan Menggunakan Kereta

Dari Stasiun Sapporo di Jalur Toho pergi ke Stasiun Higashi Kuyakusho-mae, 10 menit berjalan kaki.

  • Dengan Menggunakan Bus

Dari pintu keluar Stasiun Sapporo sebelah Utara mengambil Bus Chuo, turun di Taman Sapporo Beer. Atau dari Stasiun Sapporo Utara. Pintu keluar dengan mengambil bus Naebo Jalur Utara, turun di “Sapporo Biruen-mae” halte bus. Museum ini akan berada di depan Anda.

Dengan bus “Loop 88 Factory Line” yang berhenti di antara tempat-tempat lain di Stasiun Odori dan di depan department store Seibu dekat Stasiun Sapporo (berangkat setiap 20 menit, 210 yen per perjalanan). Atau, 25 menit berjalan kaki dari Stasiun JR Sapporo atau 15 menit berjalan kaki dari Stasiun Higashi-kuyakusho-mae di Jalur Subway Toho.

Video Museum Bir Sapporo

Panorama Museum Bir Sapporo

Data Sapporo Beer Museum

Sapporo Beer Museum adalah museum yang terletak di Taman Kebun Sapporo di Higashi-ku, Sapporo, Hokkaido, Jepang. Terdaftar sebagai salah satu situs Hokkaido Heritage pada tahun 2004, museum ini adalah satu-satunya museum bir di Jepang.
  • Berlokasi di : Hokkaido, Jepang
  • Alamat : 9 Chome-1-1 Kita 7 Johigashi, Sapporo, Hokkaido 065-8633, Jepang
  • Dibuka : 1890
  • Jam Buka : 11.00-20.00 (Senin Tutup)
  • Fungsi : Museum
  • Jumlah pengunjung : 143.900 (2006)

Maps Museum Bir Sapporo

Comments are closed.

Kontak Kami

Apabila ada yang ditanyakan, silahkan hubungi kami melalui kontak di bawah ini.