kyoto kuil yasaka

Yasaka Shrine Kyoto Situs Warisan Budaya di Jepang

By
Yasaka Shrine
Kuil Yasaka di malam hari

Yasaka Shrine Kyoto Situs Warisan Budaya di Jepang

Jika sedang berlibur di Jepang , terutama di daerah Kyoto para wisatawan sering menjumpai Kuil. Kyoto memang terkenal dengan kuil-kuil. Di Kyoto, kuil menjadi destinasi turis lokal maupun asing karena mudah dijangkau dari pusat keramaian serta memiliki ciri khas arsitektur yang menawan, megah, dan  sakral. Salah satu kuil di Kyoto yang akan kita kunjungi adalah Yasaka Shrine. Di Kyoto, memang kota indah yang berada di wilayah Kansai kerap kali disebut sebagai kota seribu kuil, diantaranya bahkan masuk dalam Situs Warisan Dunia UNESCO. Maka tak heran jika para wisatawan berdatangan ke daerah Kyoto ini.

jadwal promo paket wisata tour ke jepang terbaru

Tentang Yasaka Shrine

Apakah Yasaka Shrine itu? Yasaka Shrine adalah sebuah kuil yang ada di Kyoto yang merupakan kuil paling favorit dikunjungi para wisatawan.  Tempat suci ini terletak di antara Distrik Gion yang populer dan Distrik Higashiyama, terletak di tengah-tengah Gion. Yasaka Shrine ini di bangun pada tahun 656 .

kyoto kuil yasaka
kuil yasaka

Kuil Yasaka ini lah yang telah disebut sebagai penjaga dari kawasan Gion. Kuil Yasaka sangat terkenal dengan tempat berdoa di tahun baru atau yang di sebut dengan hatsu-mode. Jika anda datang pada tengah malam pada
pergantian tahun atau hari-hari awal di tahun baru maka anda akan menemukan keramaian yang luar biasa anda akan menembus keramaian massa dan anda termasuk orang yang beruntung dan diberkati. Tidak hanya terkenal dengan si penjaga kawasan Gion , Kuil Yasaka ini juga merupakan tempat penyelenggaraan Festival Gion Matsuri atau Festival Gion yang merupakan festival besar di Kota Kyoto bahkan di Jepang.Festival ini di selenggarakan dengan berbagai kegiatan yaitu anda bisa menyaksikan arak-arakan, tandu, dan juga kembang api yang begitu
menakjubkan. Festival ini diadakan setiap tahun pada musim panas di bulan Juli. Selain itu, berkunjung ke Kuil Yasaka pada malam hari anda akan disuguhkan susunan lampion yang khas.

Sejarah Yasaka Shrine

Kuil ini dibangun sejak tahun 656 atau lebih dari 1300 tahun yang lalu. Pada tahun 965,Kaisar Murakami memerintahkan supaya utusan Kekaisaran dikirim untuk melaporkan kejadian penting kepada wali kami dari Jepang. Heihaku ini awalnya dipresentasikan ke 16 tempat suci serta di tahun 991, Kaisar Ichijo menambahkan tiga tempat suci lagi ke dalam daftar Murakami. Tiga tahun kemudian pada tahun 994, Ichijō menyempurnakan cakupan daftar komposit tersebut dengan menambahkan Kuil Gion dan Kuil Umenomiya.
Dari tahun 1871 s/d 1946, Kuil Yasaka secara resmi ditunjuk sebagai salah satu dari peringkat pertama tempat suci yang didukung oleh pemerintah atauKanpei-taisha.

Kuil Yasaka disebut juga kuil Kuil Gion dimana nama tersebut digunakan sebagai nama utama sampai tahun 1868 saat namanya diperbaharui. Dimana ini merupakan Kuil Kepala Grand dari sekitar kurang lebih 3.000 Kuil Yasaka di seantero Jepang. Dewa Kuil Yasaka adalah Susanoo no Mikoto(dewa yang muncul dalam mitologi Jepang), Kushinada Himeno Mikoto (dewi yang muncul dalam mitologi Jepang, Yahashira no Mikogami).

Kuil Yasaka merupakan kuil yang utama yang dianggap memiliki manfaat dan berfaedah untuk melindungi dari nasib buruk dan wabah. Namun, ada juga beberapa kuil kecil yang dikelola di bawah Kuil Yasaka, sehingga Anda bisa beribadah di banyak tempat suci untuk mendapatkan keuntungan dan berkah.

Okuninushi dan Kelinci Putih Inaba

Okuninushi dan Kelinci Putih Inaba
Okuninushi dan Kelinci Putih Inaba

Jika anda sedang berlibur ke Jepang dan mengunjungi kuil Yasaka anda akan menjumpai sub-kuil ini, Kuil Okuni. Letaknya berada di sebelah kiri dari area utama kuil Yasaka, dimana kuil ini merupakan tempat yang tepat untuk membeli mantra yang beruntung. Disana terdapat patung berukuran besar yaitu patung Okuninushi dan juga kellinci putih Inaba.

Okunisuhi dianggap dengan Dewa Perkawinan yang memiliki sebuah sub tempat suci yang dipersembahkan kepadan. Namanya secara harfiah berarti “Tuan Tanah Besar”, dan dia diyakini sebagai penguasa Provinsi Izumo , sampai dia digantikan oleh Ninigi . Sebagai kompensasi, dia dijadikan penguasa dunia roh dan sihir yang tak terlihat. Ia dipercaya menjadi tuhan pembangunan bangsa, pertanian, bisnis, dan juga obat-obatan.
Ini cukup sebuah cerita dan banyak pencari calon suami atau pasangan muda datang untuk berdoa di sini. Tempat suci ini dijadikan tempat yang memiliki manfaat dalam hal perjodohan, sehingga banyak orang yang ingin sukses dalam kunjungan cinta ke sana.

Keindahan Kuil Yasaka di Malam Hari

Yasaka Shrine
Keindahan Lampion di Kuil Yasaka

Jika anda berkunjung ke Kuil Yasaka dan tidak ada sebuah acara maka anda akan terasa sepi karena malam hari akan menjauhkan anda dari keramaian para wisatawan dan anda pun bisa berdoa di kuil ini dengan khitmat, suasana sangat sunyi dan anda pun hanya bisa mendengarkan suara jangkrik terutama di musim panas. Namun hal berkebalikan jika terdapat acara di Kuil Yasaka ini misal pada tahun baru dan Festival Gion Matsuri . Jika anda datang pada tengah malam pada pergantian tahun atau hari-hari awal di tahun baru maka anda akan menemukan keramaian yang luar biasa anda akan menembus keramaian massa dan anda termasuk orang yang beruntung dan diberkati. Tidak hanya terkenal dengan si penjaga kawasan Gion , Kuil Yasaka ini juga merupakan tempat penyelenggaraan Festival Gion Matsuri atau Festival Gion yang merupakan festival besar di Kota Kyoto bahkan di Jepang. Anda akan dimanjakan dengan keindahan lampion-lampion yang menyala di Kuil Yasaka ini.

>> Paket Tour Jepang Paling Populer <<

Menikmati Festival Gion  Matsuri di Kuil Yasaka

Festival Gion Matsuri
Festival Gion Matsuri

Gion Matsuri adalah sebuah festival tahunan yang diadakan di Kuil Yasaka-jinja di Kyoto. Festival ini sudah ada sejak lebih dari 1.000 tahun lalu, dan sekarang dianggap sebagai salah satu dari tiga festival besar di Jepang. Hal yang paling menonjol dari Festival Gion-Matsuri adalah arak-arakan Yamaboko. Dimulainya perayaan ini di Festival ini di selenggarakan dengan berbagai kegiatan yaitu anda bisa menyaksikan arak-arakan, tandu, dan juga kembang api yang begitu menakjubkan. Festival ini diadakan setiap tahun pada musim panas di bulan Juli. andai dengan ritual Kuppu iri dan diakhiri dengan ritual Nagoshinoharae puncaknya berupa : Yoiyoiyama ,Yoiyama, dan Yamaboko-junko.

Hoko Gion Matsuri
Hoko Gion Matsuri

Yamaboko adalah istilah untuk Yama dan Hoko. Yama adalah kendaraan beroda besar dari kayu yang dihias dengan megah dan ditarik oleh banyak orang. Hiasan tersebut berupa benda-benda keagamaan dan juga benda seni. Hoko yaitu sejenis  dengan Yama dimana terdapat menara yang tinggi yang diujungnya terdapat hoko. Hoko ini  dijadikan panggung untuk kelompok orang berpakaian Yukata yang terdiri dari pemain musik Gionbayashi.

Festival Gion Matsuri ini pertama kali diadakan pada tahun 869 Masehi ketika ada bencana dan wabah penyakit di Kyoto. Masyarakat menganggap dan percaya bahwa hal tersebut dikarenakan dewa marah. Akhirnya Kepala pendeta Kuil Yasaka memerintahkan kepada masyarakat untuk membuat kayu rakit. Tak hanya membuat dan mengusung rakit kayu, masyarakat juga berdoa akan kejadian itu agar kemarahan dewa mereda dan setelah bencana tersebut berakhir ritual ini di pertahankan hingga sekarang.

Hal yang dapat di lakukan di Kuil Yasaka

  • Melihat Hanami dan Momoji di Taman Maruyama

Kuil Yasaka ini letaknya memang berdampingan dengan taman Maruyama. Taman ini merupakan salah satu tempat yang paling oke untuk pemandangan hanaminya di Kyoto. Maka tak heran jika awal bulan april musim semi (spring) banyak wisatawan yang berkunjung untuk menikmati hanami bermekarnya bunga sakura di Jepang. Tak hanya itu di sepanjang musim gugur (autumn) , di taman ini juga menyuguhkan pemandangan yang indah dimana anda bisa menikmati warna dedaunan kuning dan merah selama musim gugur antara bulan Oktober- November.

  • Ikut serta dalam Festival Gion Matsuri
Gion Matsuri Festival
Gion Matsuri Festival

Sebuah festival tahunan yang diadakan di Kuil Yasaka-jinja di Kyoto. Hal yang paling menonjol dari Festival Gion-Matsuri adalah arak-arakan Yamaboko. Dimulainya perayaan ini di Festival ini di selenggarakan dengan berbagai kegiatan yaitu anda bisa menyaksikan arak-arakan, tandu, dan juga kembang api yang begitu menakjubkan. Festival ini diadakan setiap tahun pada musim panas di bulan Juli dari tanggal 1 hingga 31 Juli.

  • Menikmati Keindahan Lampion di Malam Hari
Yasaka Shrine
Menikmati Keindahan Lampion di Malam Hari

Jika anda berkunjung ke Kuil Yasaka maka anda akan disuguhkan dengan ratusan lampion yang menyala di malam hari. Begitu elok dan nikmat dipandang. Suasana di Malam hari juga merupakan waktu yang pas untuk berdoa dengan khitmat di Kuil Yasaka ini.

Cara Menuju ke Kuil Yasaka

  • Kuil Yasaka bisa dicapai melalui Stasiun Kyoto dengan naik bus nomor 100 atau bisa juga 206, serta turub di halte bus Gion. Melalui Karamachi, anda bisa dengan mudah menemukan kompleks area kuil Yasaka ini.
  • Jika Anda dari Osaka, cobalah naik kereta di jalur Hankyu Line untuk akses yang lebih dekat, yaitu berhenti di Stasiun Kawaramachi

Panorama Yasaka Shrine

Data Yasaka Shrine

Yasaka Shrine atau Kuil Yasaka juga dikenal sebagai Kuil Gion, adalah salah satu kuil paling terkenal di Kyoto. Didirikan lebih dari 1350 tahun yang lalu, kuil ini terletak di antara Distrik Gion yang populer dan Distrik Higashiyama, dan sering dikunjungi oleh wisatawan.
  • Berlokasi di : Kyoto, Jepang
  • Alamat: 625 Gionmachi Kitagawa, Higashiyama Ward, Kyoto, Kyoto Prefecture 605-0073, Jepang
  • Tanggal Peresmian: 656
  • Afiliasi: Shinto

Video Kuil Yasaka Shrine

Leave a Comment

You may also like

Hot News

Hubungi Kami via WhatsApp