Kuil Hokkaido Kuil Suci di Kota Sapporo

Kuil Hokkaido, Kuil Suci di Kota Sapporo

By

Kuil Hokkaido, Kuil Suci di Kota Sapporo

Kuil Hokkaido Kuil Suci di Kota Sapporo
Kuil Hokkaido

Kuil merupakan kawasan suci untuk aktivitas keagamaan atau spiritual seperti berdoa dan pengorbanan. Kuil juga diksitkan dengan tempat tinggal para dewa. Kuil suci di Kota Sapporo dan berada di Taman Maruyama bernama Kuil Hokkaido . Suasana di kuil sangat tenang dan udaranya terasa sejuk. Anda dapat mencoba cuci tangan di sumber air di depan dan dapat merasakan betapa segarnya tangan saat di basuh dengan air. Untuk lebih jelasnya simak ulasan tentang Kuil Hokkaido di bawah ini.

Tentang Kuil Hokkaido

Kuil Hokkaido
Kuil Hokkaido

Kuil Hokkaido adalah kuil Shinto yang berada di Sapporo, Jepang yang merupakan tempat yang indah dan tenang untuk berdoa. Letaknya di Taman Maruyama , Chuo-ku Sapporo serta memiliki  luas lebih dari 180.000 meteryang ditumbuhi 1.500 pohon ceri yang selalu bermekaran pada awal mei atau ketika liburan musim semi. Suasana alam yang begitu kaya maka kemungkinan para pengunjung bisa melihat tupai liar berada di area kuil. Memang kuil ini sungguh menarik banyak wisatawan lokal maupun asing dimana pada saat musim semi tiba saat bunga sakura bermekaran. Dan pada awal musim panas telah tiba, kuil ini memiliki acara yaitu sebuah festival Kuil Hokkaido dimana sebuah festival keberuntungan akan selalu menyertai apabila pengunjung mengeluarkan 200 yen untuk upacara doa.

jadwal promo paket wisata tour ke jepang terbaru

Sejarah Kuil Hokkaido

Kuil Hokkaido ini dibangun pada tahun 1869 , yang terletak di kota Sapporo. Kuil ini memang salah satu kuil yang populer di Hokkaido. Pada zaman dahulu, kuil ini bernama Kuil Sapporo dan didirikan sebagai persemayaman tiga dewa. Dewa tersebut bernama :

  • Dewa Sukunahikona untuk memberikan penyembuhan,
  • Dewa Ookuninushi bertugas membuat dan membangun landasan kuil dari tanah, dan
  • Dewa Okunitama yang dapat menciptakan segala keajaiban dari alam.

Mereka diabadikan sebagai tiga dewa reklamasi Hokkaido serta mereka dipindahkan ke Sapporo oleh petugas di Kaitakushi, pemerintah prefektur Hokkaido sebelumnya.
Pada tahun 1964 pada saat kepemimpinan Kaisae Meiji , nama kuil berubah menjadi Kuil Hokkaido dan Pada tahun 1974 bangunan itu hancur akibat kebakaran dan dipulihkan pada tahun 1978.

Mencoba Peruntungan dan Nasib di Kuil Hokkaido Jingu

Kuil Hokkaido Jingu Tempat Mengikat Kertas Ramalan
Kuil Hokkaido Jingu Tempat Mengikat Kertas Ramalan

Siapa sih yang tak penasaran dengan peruntungan dan nasib masa depan??? Jika anda berkunjung ke Kuil Hokkaido Jingu, di Sapporo, Jepang, anda bisa mengintip peruntungan dan nasib anda. Percaya gak percaya ya, semua diserahkan pada diri sendiri. Boleh percaya boleh tidak.
Kuil Hokkaido Jinggu pasti disudut kompleks terdapat tempat ibadah agama Shinto. Nah sudut itu merupakan tempat dimana terdapat jimat dan ramalan. Jika anda ingin mencobanya maka dengan x yen anda bisa mendapatkan omikuji atau kertas ramalan.

Terdapat 7 jenis peruntungan dari yang paling baik sampai tidak beruntung. 7 Peruntungan ini yakni shokici,chukichi, kishi,daikyo, suekichi, daikichi dan kyo. Jika para pengunjung tidak puas dan kecewa dengan ramalan peruntungan yang didapat pengunjung masih bisa mencari jimat untuk menangkalnya.

Selain itu, pengunjung di area ini bisa menitip doa dengan menuliskan ema, cita-cita ditiang lapangan kuil. Anda dapat menuliskan di kertas atau kayu yang disediakan.

>> Paket Tour Jepang Paling Populer <<

Berdoa Melalui Hatsumode di Kuil Hokkaido

Hatsumode
Hatsumode

Merayakan pergantian tahun memang memiliki cara tersendiri merayakannya pada setiap negara, begitu dengan Jepang. Tradisi yang dilakukan menjelang pergantian tahun baru, atau saat tahun baru dan setelah beberapa hari setelahnya terdapat Hatsumode.

Hatsumode adalah kegiatan mengunjungi pertama ke kuil. Tradisi tersebut sebetulnya dilakukan oleh kepercayaan Shinto, namun pada kenyataannya, banyak juga yang melakukan hatsumode ke kuil Budha.

Inti dari kegiatan pertama ke kuil tersebut antara lain : mengucapkan rasa syukur atas nikmat yang diperoleh selama tahun lalu,  memanjatkan doa untuk keberuntungan dan keselamatan di tahun baru, kesehatan, bahkan membeli jimat. Ada banyak makanan maupun stand permainan yang berada di area kuil.

Jika anda sedang berwisata ke Jepang pada saat tahun baru dan ingin mencoba melakukan hatsumode, Hokkaido Shrine bisa anda datangi.

Acara Menarik di Kuil Hokkaido

  • Menikmati Hanami di Kuil Hokkaido
Hokkaido Spring
Hokkaido Spring

Salah satu spot yang menarik untuk menikmati bermekarnya bunga sakura dimusim semi ialah Kuil Hokkaido . Musim semi dimulai pada bulan Maret sampai dengan bulan Mei. Di Hokkaido ini anda bisa menyaksikan pohon-pohon Sakura di area yang luas ini. Bunga sakura semakin terlihat elok keberadaannya disaat menyatu dengan kuil. Biasanya akan ada acara makan siang bersama dan ditutup dengan pesta dan keramaian Hanami selama dua minggu.

  • Menikmati Momoji di Hokkaido
Hokkaido Autumn
Hokkaido Autumn

Tak kalah dengan halnya Hanami di musim semi atau menikmati indahnya bunga sakura bermekaran, Di Hokkaido ini merupakan tempat yang menarik untuk menikmati Momoji. Apa sih momoji itu????? Momoji adalah menikmati pemandangan alam sekitar dimana ranting-ranting dan dedaunan yang tadinya berwarna hijau berubah warna menjadi emas, kuning, orange atau kemerahan. Bunga-bungapun berjatuhan di terpa angin dan akhirnya jatuh kepermukaan tanah.

  • Mengikuti Festival Sapporo Matsuri
Festival Sapporo Matsuri
Festival Sapporo Matsuri

Pada saat musim panas pertengahan bulan Juni tanggal 14-16 Juni, kuil Hokkaido menyelenggarakan Festival yang bernama Festival Sapporo. Festival ini melibatkan banyak penduduk di Sapporo, para penduduk akan berkumpul dan pawai mengelilingi jalan kota sambil membawa Mikoshi. Mikoshi sendiri merupakan Kuil berukuran kecil atau Kuil Portable yang didalamnya dipercaya terdapat roh para dewa yang tinggal. Pada saat acara ini banyak wisatawan yang menonton dan ikut serta meramaikan Sapporo Matsuri ini.

Cara ke Kuil Hokkaido

  • Dari Stasiun Sapporo – Naik kereta Tozan Subway Line – Turun Stasiun Maruyama Koen – dari stasiun sampai ke Taman Maruyama.
  • Dengan berjalan kaki sekitar 10 menit dari stasiun Maruyama, lalu berjalan ke arah barat stasiun kereta bawah tanah Tozai menuju ke stasiun Maruyama, lalu berjalan kaki kembali ke Taman Maruyama. Perjalanan melalui taman ini, akan membawa mina-san ke gerbang Torii yang akan memberikan petunjuk untuk jalan mana saja yang bisa dilalui menuju kuil.

Panorama di Kuil Hokkaido

Data Kuil Hokkaido

Kuil Hokkaido (Hokkaidō Shrine) adalah kuil Shinto yang berada di Sapporo, Jepang yang merupakan tempat yang indah dan tenang untuk berdoa. Letaknya di Taman Maruyama , Chuo-ku Sapporo serta memiliki luas lebih dari 180.000 meter2 yang ditumbuhi 1.500 pohon ceri yang selalu bermekaran pada awal mei atau ketika liburan musim semi.
  • Berlokasi di : Hokkaido, Jepang
  • Alamat: 474 Miyagaoka, Chuo Ward, Sapporo, Hokkaido 064-0959, Jepang
  • Dibuka: 1869
  • Gaya arsitektur: Shinmei-zukuri
  • Afiliasi: Shinto
  • Telepon: +81 11-611-0261

Video di Kuil Hokkaido

Leave a Comment

You may also like

Hot News

Hubungi Kami via WhatsApp