Odaiba Jepang, Tempat Wisata Baru Yang Memanjakan Mata

Odaiba Jepang, Tempat Wisata Baru yang Memanjakan Mata

By

Odaiba Jepang, Tempat Wisata Baru yang Memanjakan Mata

Odaiba Jepang, Tempat Wisata Baru Yang Memanjakan Mata
Odaiba Jepang

Odaiba adalah sebuah pulau buatan terbesar yang berada di Teluk Tokyo, Jepang. Melalui Jembatan Rainbow, kawasan ini dihubungkan dengan pusat kota Tokyo. Odaiba ini juga merupakan tempat wisata relatif baru karena baru dibangun sekitar 20-30 tahun yang lalu. Odaiba juga tempat wisata yang akan memanjakan mata kita selama berkunjung ke sana. Karena tempat ini menawarkan beragam permainan seru, wisata kuliner, perbelanjaan, onesn, dan pemandangan yang mengesankan di siang dan malam hari. Dan yang lebih menarik lagi, di kawasan ini juga terdapat Kantor pusat jaringan televisi Fuji Television. Dan keseruan lainnya dapat kita nikmati dengan mengikuti ulasan dibawah ini.

jadwal promo paket wisata tour ke jepang terbaru

Tentang Odaiba Jepang

Odaiba Tokyo adalah salah satu tujuan wisata Jepang yang menjadi bagian dari pariwisata Tokyo. Menurut sejarah, Odaiba ini dulu hanya sebuah pulau kecil buatan manusia yang difungsikan sebagai benteng untuk mempertahankan Tokyo dari kemungkinan serangan yang berasal dari laut. Seiring berjalannya waktu, kawasan ini mulai direklamasi dan dibangun bangunan baru. Ada apartemen-apartemen mewah, gedung-gedung perkantoran dan bisnis. Pusat perbelanjaan dan hiburan terus dibangun hingga kini. Dan sekarang, Odaiba sudah banyak mengenal, hingga banyak wisatawan yang berlomba-lomba untuk datang ke tempat ini. Para wisatawan tak hanya menikmati keindahan teluk Tokyo tetapi juga gemerlapnya gedung pencakar langit di malam hari.

Odaiba pun terus berkembang, menyambut acara Olimpiade 2020 yang akan digelar di Tokyo. Tempat ini akan dijadikan sentral pertandingan olahraga dan juga para atlet olimpiade. Dan pastinya akan semakin banyak spot-spot menarik yang akan dibangun. Jadi, jangan lupa datang ke Odaiba.

Sejarah Odaiba Jepang

Nama “Odaiba” berasal dari sebutan untuk enam pulau yang ada di Teluk Tokyo, yang dibangun oleh Keshogunan Tokugawa yang difungsikan sebagai benteng. Sejak tahun 1853, pembangunan “daiba” (meriam-meriam yang diletakkan di sepanjang pantai) dan pulau-pulau dimulai. Saat itu, Keshogunan Tokugawa menghadapi ancaman dari Angkatan Laut Amerika Serikat yang dipimpin oleh Komodor Perry. Sebuah pulau buatan yang disebut Dai-San Daiba (meriam nomor 3) pada tahun 1928 dibuka sebagai Taman Metropolitan Daiba yang berkembang sekarang sebagai Odaiba.

Ada Apa Saja di Odaiba Jepang?

Odiaba Jepang itu memang menawan, ada banyak sekali tempat-tempat yang bisa dikunjungi di Odaiba bersama keluarga, teman, kerabat, ataupun pasangan.

  • Tokyo Big Sight

Tokyo Big Sight adalah gedung yang menjadi pusat eksibishi dan pameran-pameran terkenal di Tokyo. Gedung ini berarsitektur unik yang berbentuk limas segiempat. Contoh pameran yang terkenal adalah Tokyo Motor Show, Comicet (pameran manga terbesar di Jepang), dan Anime Japan.

Tokyo Big Sight Odaiba
Tokyo Big Sight Odaiba
  • Oedo Onsen Monogatari

Oedo Onsen Monogatari adalah sarana pemandian air panas dalam ruangan yang dilengkapi dengan atraksi hiburan. Suasana shitamachi (kota lama) pada zaman Edo akan terasa jika kita berada di area ini. Daya tarik dari tempat ini yaitu adanya 13 jenis kolam pemandian yang di dalamnya termasuk sumber mata air panas alami. Dari kedalaman 1.400 meter di permukaan bawah tanah sumber mata air ini mengalir. Tak hanya itu, disini juga terdapat ashiyu (tempat merendam kaki sepanjang 50 meter yang berada di dalam taman tradisional Jepang seluas 2.310 meter). Batu-batu kecil yang berada di dasar kolam akan memberikan stimulus pada telapak kaki, sehingga rasa lelah yang menumpuk pun akan lepas dari tubuh kita. Beragam yukata disediakan secara gratis untuk laki-laki maupun wanita.

  • Museum Miraikan

MUseum Miraikan memiliki arti museum masa depan. Di dalam museum ini ada beragam objek dan penjelasan mesin-mesin yang berteknologi mutakhir, contohnya seperti Virtual Reality, Google Street Map, tentunya dengan bahasa yang mudah dipahami. Walaupun anak-anak kemungkinan kurang mengerti dengan penjelasannya, tetapi robot-robot mungil, alat-alat percobaan, bola dunia, dan mesin-mesin canggih lainnya tentu akan menggugah rasa ingin tahu dan belajar anak-anak.

  • Gundam Front Tokyo dan Diver City

Bagi penggemar Gundam atau pra-model Gundam, Gundam Front Tokyo dan Diver City adalah tempat yang pas. Di kawasan ini kita bisa menyaksikan pertunjukkan Gundam dengan tampilan musik dan cahaya yang keren di senja hari. Dan di lantai 7 Driver City, kita dapat membeli banyak aneka produk Gundam dan pra-model Gundam dengan harga yang sangat murah. Dan yang pasti ada si robot dalam skala aslinya.

  • Pallete Town

Pallete Town adalah tempat wisata multifungsi di Odaiba. Kita bisa menemukan berbagai koleksi mobil-mobilan unik zaman dahulu di Toyota Mega Web History. Berbelanja di Venus Fort yang bertemakan arsitektur Mediterania. Dan ada tempat bermain arcade, arena batting center (pemukul softball), dan yang menarik adalah adanya bianglala besar untuk melihat pemandangan Odaiba dari ketinggian.

Pallete Town Odaiba
Pallete Town Odaiba
  • Takoyaki Museum dan Odaiba Decks

Odaiba Decks merupakan tempat yang mana kita bisa berkuliner dan bermain sepuasnya. Kita bisa mencoba beraneka macam kuliner khas Jepang di gang Odaiba Icchome Shotengai yang memiliki tema Jepang di Zaman Showa atau Jepang tahun 1950-an. Gang Odaiba Icchome Shotengai ini berada di lantai 4 Odaiba Decks dengan terdapat lebih dari 20 restoran dan kios yang unik. Dan kita juga akan menemukan kios-kios unik dengan putaran lagu-lagu lawas khas Jepang, jadi kita bisa merasakan Jepang tempo dulu. Kalau di Takoyaki Museum, kita bisa melihat penjelasan tentang makanan bola-bola isi ini.

  • Tokyo Trick Art Museum

Semua bagian museum ini, dari dindingnya hingga lantainya dipenuhi gambar-gambar ilusi yang akan menambah keseruan jika berkunjung kesini. Tempat ini cocok untuk anak-anak. Letaknya berada di lantai 4 Odaiba Decks yang dibuka mulai jam 11 siang. Jangan lupa membawa kamera jika pergi ke tempat ini.

Tokyo Trick Art MUseum Odaiba
Tokyo Trick Art MUseum Odaiba
  • Legoland

Di Odaiba Decks lantai 3 terdapat Lego Discovery Center. Di tempat ini, kita bisa bermain lego sepuasnya membuat benda-benda dari ribuan keping lego. Ada benda seperti mobil atau gajah mungil terbuat dari lego yang tentunya akan membuat senang anak-anak. Pukul 10 pagi tempat ini sudah muai dibuka.

  • Madame Tussaud Museum

Di Madame Tussaud Museum ini kita bisa bertemu dan berfoto dengan artis dan orang terkenal di seluruh dunia. Disini tersimpan banyak patung lilin dari tokoh terkenal seperti presiden Barack Obama, Johnny Depp, Lady Gaga, group music One Direction dan lain sebagainya.

  • Sega Tokyo Joypolis

Bagi pecinta game arcade, jangan lupa untuk datang ke tempat ini. Kita bisa bermain simulasi dan arcade (seperti di Timezone) dengan sepuasnya. Jika ingin untuk mencoba semua permainan secara berkali-kali sampai puas, ada one-day pass. Hindari hari Sabtu, Minggu, dan hari libur nasional Jepang karena tempat ini akan sangat padat sekali. Jika datang bersama rombongan, ada banyak permainan multiplayer yang bisa dimainkan secara bersama-sama dan tentunya lebih seru.

  • Aqua City

Di lantai lima Aqua City, kita bisa berburu banyak makanan, terutama ramen. Karena disana bisa ditemukan berbagai jenis ramen dari seluruh Jepang. Aqua City juga memiliki Ramen Museum. Yang tak kalah menariknya lagi, di Aqua City ada panggung khusus yang selalu mengadakan pertunjukan di setiap bulannya.

  • Gedung Fuji TV

Salah satu tv swasta terbesar di Jepang. Buat pecinta drama Jepang, harus mampir kesini. Kalau beruntung, kita bisa melihat shooting acara tv live.JIka tidak, kita bisa membeli oleh–oleh di toko souvenir Fuji TV. Disini kita juga bisa mengunjungi dek observatory yang berbentuk bola.

Gedung Fuji TV Odaiba
Gedung Fuji TV Odaiba
  • Taman Odaibakaihin Koen

Taman Odaibakaihin Koen adalah taman yang pas untuk berfoto-foto ria, karena pemandangannya yang spesial dan bagus. Di tempat, terdapat Patung Liberty dan Rainbow Bridge. Di malam hari, pencahayaan Jembatan Rainbow Bridge dan Patung Liberty akan menambah suasana semakin romantis.

Panorama Odaiba

>> Paket Tour Jepang Paling Populer <<

Teknologi Terdepan Jepang di Museum Miraikan

National Museum of Emerging Science and Innovation (Miraikan) adalah museum sains yang letaknya di Odaiba. Pameran yang ada di Museum Miraikan berpusat pada teknologi terkini yang memiliki kaitan dengan kehidupan manusia di masa depan. Dan ada apa saja di dalam Museum ini. Yuk simak ulasan berikut ini.

  • Geo-Cosmos, Simbol Miraikan

Yang menarik perhatian pengunjung jika masuk ke dalam musuem ini adalah adanya Geo-Cosmos. Geo-Cosmos adalah replika bumi pertama di dunia yang dibuat dari panel organik yang disusun membentuk bola. Geo-Cosmos menampilkan berbagai data yang berkaitan dengan keadaan bumi, seperti peta klasifikasi tanah, konsentrasi ozon, dan lain-lain dengan resolusi panel lebih dari 10 juta pixel. Data bumi ini diperbarui setiap hari sehingga pengunjung bisa mengetahui penampakan bumi saat ini dari berbagai sudut. Replika bumi ini berada di ruang terbuka yang menghubungkan lantai 1 sampai lantai 6.

  • Berinteraksi dengan Robot Android yang Mirip Manusia

Miraikan juga memamerkan robot android, seperti Kodomoroid (robot android berbentuk anak-anak) dan Otonaroid (robot android berbentuk orang dewasa). Robot android ini menampilkan gerakan halus dan ekspresi manusia dengan perlahan. Tersedia pula ruang untuk mengendalikan Otonaroid, jadi cobalah berinteraksi dengan robot android ini. Mungkin ini menjadi kesempatan baik juga untuk mencoba memikirkan permasalahan filosofis perbedaan manusia dan robot.

  • Bertemu ASIMO si Robot Berbentuk Manusia yang Bisa Berlari dan Menari

Kita bisa melihat pertunjukan ASIMO robot berkaki dua yang dibuat dan dikembangkan oleh HONDA, perusahaan otomotif Jepang. Bagi ASIMO, berjalan dan berlari bukanlah hal yang sulit. Saat ini ASIMO telah pandai menari dan berbahasa isyarat. Penampilan dan gerakan ASIMO yang lucu dan unik layaknya manusia itu bisa membuat pengunjung merasakan kemajuan teknologi sains dan juga terhibur.

Teknologi Terdepan Jepang di Museum Miraikan
ASIMO
  • Naik HONDA UNI-CUB untuk Merasakan Masa Depan

UNI-CUB merupakan kendaraan elektrik yang dapat bergerak hanya dengan satu buah roda dan berukuran kecil. Dan pengunjung bisa mencoba menaiki UNI-CUB itu di Miraikan. Pengendara dapat mengatur kecepatannya dengan cara memindahkan beban tubuh. Benar-benar seperti mengendarai kendaraan masa depan.

  • Merasakan Sensasi Pengalaman Refleksi 3D Belahan Bumi di Dome Theater GAIA

Dome Theater GAIA adalah teater refleksi keadaan belahan bumi yang terletak di lantai 6. Terdapat berbagai program refleksi yang ditampilkan, seperti dimana pengunjung bisa menikmati langit berbintang refleksi 3D (planetarium binocular vision).

  • Berbelanja Oleh-Oleh Unik Di Museum Shop

Di lantai 1 terdapat Museum Shop dimana pengunjung bisa membeli berbagai macam produk dan oleh-oleh, mulai dari pernak pernik ASIMO, makanan luar angkasa, JAXA (pengembang teknologi luar angkasa Jepang), Midori Mushi Cookie (kue kering berbentuk euglena), dan lain-lain.

  • Kafe Unik di Dalam Miraikan Ini

Jika lelah berkeliling, coba mampir ke kafe di lantai 5 ini. Yang menyediakan berbagai menu makanan ringan dan minuman unik bertema sains yang bisa menghilangkan lelah, seperti Es Meteor, Soda Bumi, dan sebagainya.

Selain beberapa hal yang dibahas di atas, masih banyak lagi hal yang bisa dilihat di Miraikan, seperti pameran khusus musiman, pameran kumpulan data mengenai kehidupan dan luar angkasa, pameran bertema tempat tinggal manusia masa depan, dan sebagainya. Walaupun biasanya museum sains disebut sebagai tempat bermain anak-anak, tetapi Miraikan adalah sebuah fasilitas di mana anak-anak maupun orang dewasa dapat menikmati “masa depan”.

Belanja di Odaiba VenusFort, Outlet Floor Pertama di Odaiba

VenusFort adalah outlet floor pertama di Odaiba, Tokyo diantara 23 distrik yang ada di Tokyo yang juga merupakan tempat belanja. Area shopping yang ada disini didesain seperti jalanan perkotaan di Eropa abad ke-17 atau 18-an yang tersusun dengan begitu indah. Di langit sore sesuai pergantian waktu, langit-langit kubahnya akan berganti dari biru langit ke sunset. Lalu pada malam harinya pun pemandangan kubah akan berubah mengikuti langit malam, dan masih ada lagi yang lain. Hanya dengan mengitari tempat ini pun kita akan terhibur. Lantai khusus outlet berada di lantai 3 dengan berbagai toko didalamnya. Semua outlet disini menerapkan free tax (apabila pembelian di atas 10.000 yen). Kabar baiknya, semua outlet disini menerapkan free tax (apabila pembelian di atas 10.000 yen). Perlu di coba nih!

Video Odaiba

Odaiba Gundam Unicorn di Driver City Odaiba

Ini nih ikonik dari Odaiba yang begitu populer, yaitu RX-0 Gundam Unicorn yang berada di depan Driver City Tokyo Plaza. Patung Gundam ini memiliki ketinggian mencapai 19,7 meter. Gundam ini dapat berubah menjadi 2 macam mode yaitu Destroyer (Gundam memperlihatkan panel cahanyanya yang tersembunyi )dan Unicorn (ketika Gundam memiliki satu tanduk di kepalanya). Perubahan ini dapat dilihat beberapa kali selama sehari. Siapkan kamera untuk mengabadikan momen perubahan ini yang terjadi pada pukul 11.00, 13.00, 15.00, dan 17.00. Pergantian panel baja terjadi selama 10 detik saat perubahan mode terjadi.

Patung Gundam Unicorn di Driver City Odaiba
Patung Gundam Unicorn di Driver City Odaiba

Tampilan visual terus berlanjut hingga malam setelah matahari terbenam. Saat pergantian menjadi mode Destroyer lampu mulai menyala, panelnya bercahaya mirip menara suara di malam hari. Pada pukul 19:30 hingga 21:30 Klip anime juga diputar di bagian luar Diver City dan berbagai macam lagu bertema Gundam diputar dengan mesin pengeras suara dengan durasi tiga puluh menit lamanya. Saat lagu diputar, kita juga bisa melihat patung ini berubah menjadi mode Unicorn.

Bersantai di Tepi Pantai Odaiba

Salah satu tempat favorit para penduduk lokal Tokyo maupun non lokal adalah tepi pantai Odaiba. Saat sore hari, kita bisa menikmati indahnya sunset juga senja yang akan mengantar kita untuk menuju malam hari. Dan dimalam hari kita juga akan dibuat terpana oleh indahnya iluminasi Rainbow Bridge yang wow banget! So, jangan lewatkan kunjungi tempat ini, walaupun hanya duduk-duduk santai saja.

Rekomendasi Tujuan Wisata Odaiba Bersama Keluarga

  • Pukul 10.00-13.00: Museum Sains Miraikan

Ada baiknya mengunjungi museum tepat setelah museum buka yaitu pukul 10 pagi. Tak hanya anak-anak, siapapun pasti akan terhanyut dalam kegembiraan saat bermain sambil melihat pameran di dalamnya. Merasakan langsung teknologi mutakhir bersama keluarga, tentu hal yang sangat menyenangkan. Ditambah lagi, pengunjung usia di bawah 18 tahun dapat masuk ke dalam museum dengan cuma-cuma pada hari Sabtu.

  • Pukul 13.00-15.00: Venus Fort
Venus Fort Odaiba
Venus Fort Odaiba

VenusFort adalah tempat belanja yang bergaya Eropa. Disini bisa menikmati makan siang bersama keluarga. Food courtnya luas dan ramai sehingga kita dapat menikmatinya bahkan saat bersama anak-anak.

  • Pukul 15.00-17.00: Oedo Onsen Monogatari

Setelah lelah berjalan-jalan, kemudian kunjungi tempat yang satu ini yaitu Oedo Onsen Monogatari. Kita bisa beristirahat di pemandian air panas. Terdapat tempat istirahat yang bisa dikunjungi setelah selesai mandi. Berbagai jenis makanan mulai dari makanan pengiring sake (dengan berbagai jenis), set menu, hingga sushi juga tersedia di sini. Saat makan sambil mengenakan yukata, maka kita akan merasakan seolah seperti kembali ke Jepang pada zaman dahulu.

Oedo Onsen Monogatari Odaiba
Oedo Onsen Monogatari Odaiba

Cara ke Odaiba

  • Dengan Bus

Ada 3 bus, yaitu bus Odaiba Rainbow dan bus Km Flower (dari Shinagawa dan Tamachi), bus Toei (dari Monzen Nakacho) dan bus Toei (dari stasiun Oimachi dan Omori).

  • Dengan Kereta Jalur Rinkai

JIka dari Ikebukuro, Shinjuku dan Shibuya bisa menggunakan Kereta Jalur Rinkai yang langsung terhubung ke jalur Saikyo yang akan mengantar menuju Odaiba.

  • Dengan Yurikamome Monorail

Ini adalah rekomendasi akses terbaik. Monorail berangkat mulai dari stasiun Shimbashi dan berhenti di sepanjang area Odaiba.

Odaiba Jepang

Diakses melalui Jembatan Rainbow atau kereta Yurikamome futuristik, Odaiba adalah pusat hiburan berteknologi tinggi di sebuah pulau buatan di Teluk Tokyo. Pengunjung menuju ke pantai di Seaside Park, nikmati Mt. Fuji dilihat dari roda Ferris Daikanransha, dan berinteraksi dengan robot di museum sains Miraikan. Mal termasuk Aqua City dan VenusFort Venesia-bertema, dan ada bar sushi dengan pemandangan di sepanjang pantai.
  • Berlokasi di : Tokyo, Jepang

Pertanyaan Yang Sering Diajukan Seputar Odaiba

Apa yang terkenal dengan Odaiba?
Odaiba (お 台 場) adalah distrik perbelanjaan dan hiburan populer di pulau buatan di Teluk Tokyo. Terlepas dari kemunduran awal, beberapa proyek pengembangan yang mewah telah terwujud, termasuk beberapa kreasi arsitektur paling berani di Tokyo, seperti Fuji TV Building, Telecom Center, dan Tokyo Big Sight.

Apa saja tempat yang harus dikunjungi di Odaiba pada malam hari?
Inilah tempat terbaik yang dapat dikunjungi di Odaiba, Tokyo pada tahun 2018!

  • Ooedo Onsen Monogatari. Ooedo Onsen adalah taman hiburan air panas terbesar di Tokyo.
  • DiverCity Tokyo Plaza.
  • Museum Nasional Sains dan Inovasi Baru.
  • Toyota Mega Web.
  • Benteng Venus.
  • Tokyo JOYPOLIS.
  • Night View.
  • MORI Membangun MUSEUM ART DIGITAL.

Apa itu Odaiba?
Odaiba (お 台 場) adalah pulau buatan besar di Teluk Tokyo, Jepang, di seberang Rainbow Bridge dari pusat Tokyo. Daiba (台 場) secara resmi mengacu pada satu distrik pengembangan pulau di Minato Ward.

You may also like

Hot News

Hubungi Kami via WhatsApp