Panduan Liburan ke Jepang

Panduan Liburan ke Jepang

Pariwisata di Jepang
Wisata Jepang

Yuhuuu.. SEMUA TENTANG JEPANG ada disini! Mulai dari tempat wisatanya, musimnya, pakaian yang pas setiap musimnya, tips berwisata, makanannya hingga pembuatan visa akan kami ulas di artikel kali ini. Jadi, buat kalian yang akan pergi liburan ke Jepang, tak perlu khawatir atau bingung tentang apa saja yang harus dipersiapkan. Karena TripJepang.co.id akan berbagi tips yang berkaitan dengan Jepang. Baiklah langsung saja, simak ulasan berikut ini.

Informasi Umum di Jepang

Banyak hal yang belum diketahui oleh orang-orang tentang Jepang. Kalaupun tau mungkin itu hanya sebagian kecil saja. Dan banyak hal menarik tentang Jepang yang akan membuatmu ingin terbang kesana. Jika ini merupakan pengalaman anda pertama kali maka kami punya ulasan yang menarik untuk anda : Tips Liburan Ke Jepang Untuk Pemula, Biar Liburanmu Makin Seru

Tips Liburan Ke Jepang Untuk Pemula, Biar Liburanmu Makin Seru

Musim di Jepang

Jepang masuk dalam negara empat musim. Yang diantaranya adalah musim dingin (Desember-Februari), suhu di musim dingin ini bisa mencapai minus derajat. Jadi, bisa diperkirakan pakain yang dibawa harus yang hangat dan tebal. Menariknya, bisa melihat salju secara nyata. Wisata terbaik musim dingin di Jepang di Hokkaido.

Selanjutnya musim semi (Maret-Mei), terkenal akan bunga sakura yang sedang mekar-mekarnya. Bunga yang cantik ini selalu ditunggu-tunggu oleh banyak orang, kamu juga jangan ketinggalan. Suhu musim ini berkisar antara 4 derajat celcious hingga 17 derajat celcious. Tetap bawa pakaian yang hangat.

Paket Wisata Tour ke Jepang 6 Hari 5 Malam Maret Musim Semi (Spring) 2019
Sakura Musim Semi di Jepang

Kemudian musim panas (Juni-Agustus), di Jepang musim panas itu terkenal dengan berbagai festivalnya. Festivalnya banyak sekali yang berhubungan dengan air. Agar bisa melupakan suhu panas yang berkisar 21 – 26 derajat celcious. Lebih baik menggunakan pakaian yang lebih tipis atau pendek.

Lalu musim gugur (September-November), kalau musim ini terkenal akan keromantisannya. Saat dedaunan berubah warna menjadi orange kemerahan dan bergugurnya ranting-ranting pohon, suasana ini juga banyak ditunggu oleh warga lokal maupun non lokal. Bawa pakaian hangat karena suhunya berkisar 8 – 22 derajat celcious. Dan jika ingin liburan murah ke Jepang, datang saja dibulan September. Karena sering terjadi badai dan hujan yang membuat tarif hotel lebih murah dan banyak diskon karena sepi pengunjung.

Jadi, kamu suka musim apa? Apakah hujan salju atau hujan bunga sakura? Atau mungkin berbagai festival yang unik? Atau malah suasana romantis dari Jepang? Apapun itu, pergi ke Jepang tak akan mengecewakan. Lebih lanjut anda bisa baca artikel kami berikut ini :

Paket Tour Jepang Winter / Musim Dingin 2019

Paket Tour Jepang Spring / Musim Semi 2020

Paket Tour ke Jepang Summer / Wisata Jepang Musim Panas 2019

Paket Tour Jepang Autumn / Musim Gugur 2019

Makanan di Jepang

Di Jepang, kuliner tersebar dimana-mana. Apalagi saat festival berlangsung, gampang sekali untuk mencari makanan. Dari pedagang kaki lima hingga restoran hotel bintang lima, semuanya ada di Jepang. Untuk harganya beragam, dari yang super murah hingga super mahal. Bagi travelers muslim, tak perlu khawatir, karena di Jepang sudah ada restoran halal yang sudah tersebar di beberapa kota di Jepang. Dan biasanya ada juga wisatawan yang meminum air kran. Pasti banyak yang bertanya-tanya, memangnya amankah? Tentu aman, karena biasanya ada tulisannya aman diminum atau tidak.

Ada Apa Saja di Susukino
Kuliner Kepiting di Susukino

Sedikit tips untuk anda yang ingin menghemat pengeluaran makan di Jepang yaitu :

  • Belilah makanan di Supermarket atau warung kaki lima.
  • Atau bisa juga pergi ke Makanan Cepat Saji seperti McDonald’s.
  • Jika ingin makan ramen, pilih saja Ramen Instan.
  • Jika ingin makan restoran, pergi ke Izakaya karena harganya masih masuk akal di kantong.
  • Pergi ke Kaiten Zushi, untuk mencoba sushi yang murah meriah.

Dan, untuk apa saja makanan yang wajib dicoba ketika pergi ke Jepang bisa dilihat di

6 makanan khas jepang beserta namanya yang wajib kamu icip

Atau ingin mencoba mesin penjual otomatis bisa juga di coba di

6 Vending Machine unik di Jepang yang menjual aneka barang

Budget Travel Jepang

Untuk harga tour ke Jepang tergantung dari berapa lama anda akan berlibur. Dan TripJepang.co.id menyediakan tour ke Jepang yang terpercaya. Ada banyak piliha untuk tour ke Jepang, semuanya bisa dilihat di TripJepang.co.id.

ATM di Jepang

Kartu ATM Indonesia yang bisa digunakan di Jepang adalah yang berlogo jaringan Master Card atau Cirrus. Dan salah satu kartu ATM Indonesia yang memiliki logo Cirrus adalah ATM BNI. Biaya yang dipotong untuk penarikan menggunakan jaringan Cirrus adalah 25.000 IDR per transaksi. Mudah bukan? Sedangkan untuk kartu kredit, para travellers bisa menggunakannya. Namun, pastikan dulu apakah tempat belanja menerima pembayaran dengan kartu kredit.

>> Paket Tour Jepang Paling Populer <<

Tradisi Jepang

Tips bagi anda yang akan liburan ke Jepang. Ikuti budaya mereka, seperti mengantre dan tidak mengganggu kepentingan umum. Dan yang perlu diingat, orang Jepang itu ramah-ramah kepada wisatawan. Jadi, jangan sungkan jika ingin bertanya kepada mereka perihal lokasi dan yang lainnya. Dan yang terpenting, ikuti peraturan dalam membuang sampah. Karena orang Jepang membuang sampahnya dengan rapi. Lalu, jika para travellers tersesat ketika berada di Jepang, bertanya saja pada petugas stasiun maupun staf penginapan atau ikuti Tips Ampuh Jika Anda Tersesat di Stasiun Jepang.

Pendidikan & Pekerjaan di Jepang

Bagi yang ingin kuliah di Jepang bisa mendaftar melalui lembaga pendidikan Jellyfish Education Indonesia. Mulai dari pengurusan dokumen, pendaftaran hingga mencari part time di Jepang akan dibantu. Tapi, tour ke Jepang ini tak ada hubungannya dengan pendidikan dan pekerjaan.

Oleh-oleh Khas Jepang

Jika sudah liburan ke Jepang, jangan lupa untuk beli oleh-oleh khas negeri sakura ini. Ada baiknya beli di Duty Free Shop atau Toko bebas pajak. Karena biasanya harganya lebih murah dan banyak diskon. Dan disetiap prefektur, memiliki oleh-oleh tersendiri. Seperti, Tokyo – Tokyo Banana. Hokkaido – Shiroi Koibito. Osaka – Pudding Kuidaore Taro.

Tokyo Banana, Suvenir Manis Dari Jepang
Tokyo Banana

WiFi di Jepang

Jalan-jalan di Jepang sambil buat vlog dan langsung di upload, itu bisa banget! Karena ada banyak lokasi wisata, stasiun, terminal yang menyediakan free wi-fi. Kelemahan wifi di Jepang, harus login dengan satu email dan penggunaannya dibatasi sekitar 30 menit-1 jam saja. Jika waktu koneksi habis, kamu harus masuk akun baru untuk mengakses internet kembali. Dan jika ingin tetap online atau terhubung ke internet bisa sewa wifi router. Kapanpun dan dimanapun bisa langsung terhubung tanpa harus login. keuntungan menggunakan wifi router bisa digunakan 10 orang, hemat baterai, dan mudah dibawa. Cara menyewa wifi router pun mudah, bisa via internet. Untuk pembayaran bisa menggunakan kartu kredit, sedangkan lokasi pengambilan bisa dipilih pada kolom pemesanan.

Dokumen yang harus dipersiapkan untuk ke Jepang

Electronic Paspor (E-Paspor)

Ada keuntungan sendiri bagi pemegang e-paspor, karena bisa bebas visa Jepang. Pembuatan e-paspor ini hanya dilayani di Jakarta, Batam, dan Surabaya dan tidak bisa diwakilkan. Namun pengambilannya bisa diwakilkan dengan syarat masih satu KK dan bawa fotocopy KTP dan KK. Bagi yang memiliki paspor biasa pun bisa diajukan untuk diganti menjadi e-paspor. Ada baiknya bagi anda yang sudah bekerja membawa surat rekomendasi kantor, dengan demikian kemungkinan pengajuan akan diterima cukup besar. Dan bagi anda yang belum bekerja dan masih pelajar tak perlu khawatir karena bisa memawa surat keterangan domisili yang disahkan pejabat setempat. Dengan begitu ke Jepang akan lebih menyenangkan.

Visa Waiver (Bebas Visa Jepang)

Pengurusan bebas visa Jepang ini tanpa dipungut biaya apapun alias GRATIS. Walaupun ada kebijakan untuk bebas visa Jepang, dengan harus pra-registrasi e-paspor ke Kedutaan Besar Jepang/ Kantor Konsulat di seluruh Indonesia/Konsulat Jenderal. E-paspormu nanti akan ditempeli stiker bebas visa Jepang. Dan bagi anda yang pergi ke Jepang tanpa pra-registrasi e-paspor, maka akan ditolak di imigrasi Jepang.

Yang bisa melakukan pra-registrasi bebas visa Jepang hanyalah e-paspor saja, paspor biasa tidak bisa. Untuk pengurusannya bisa diwakilkan jika masih satu keluarga bawa fotocopy KTP dan KK. Kalau bukan keluarga bawa surat kuasa dan fotocopy KTP. Bebas visa Jepang hanya berlaku untuk melakukan tour, kunjungan singkat, bisnis, dan kunjungan selama 15 hari. amun, dapat dipakai berkali-kali selama 3 tahun tanpa harus registrasi ulang. Dengan catatan sekali kunjungan tak lebih dari 15 hari.

Penginapan Murah di Jepang

Hotel murah bisa ditemukan di Jepang, mulai dari 200 ribu hingga jutaan rupiah. Seperti di Youth Hostel, Hostel, Guest House ataupun Capsule Hotel. Namun sebelum menginap, ada baiknya untuk mempertimbangkan fasilitas yang ditawarkan, lokasi penginapan, destinasi wisata yang ada di sekitarnya, waktu check-in/ out dan loker. Terakhir soal harganya sudah sesuai belum dengan fasilitas yang ditawarkan. Alternatif untuk penginapan murah lainnya yaitu Minpaku. Minpaku merupakan penginapan murah di Jepang dengan konsep unik. Jenis penginapan ini cocok untuk wisatawan berombongan atau keluarga. Karena semakin banyak orang, maka semakin murah tarifnya.

Penginapan Murah di Jepang
Capsule Hotel

Transportasi di Jepang

Ada banyak transportasi di Jepang yang akan memudahkan siapa saja, diantaranya adalah :

Japan Rail Pass (JR Pass)

Bagi anda yang akan melakukan perjalanan lintas prefektur maka bisa menggunakan JR Pass. JR Pass ini hanya dapat dibeli di luar Jepang (bisa beli di HIS Travel & Agent). Keuntungan menggunakan JR Pass ini adalah lebih hemat dan bisa digunakan untuk kereta JR di seluruh Jepang kecuali Nozomi. Masa berlaku JR Pass selama 7 hari dan berakhir tepat pada pukul 12 malam di penghujung hari ketujuh.

Pesawat ke Jepang

Dari Bandara Soekarno-Hatta ada pesawat yang bisa langsung ke Jepang, yaitu Garuda Indonesia, All Nippon Airways, dan Japan Airlines. Ada trik tersendiri untuk mendapatkan tiket pesawat lebih murah, caranya bisa di lihat di 8 Rahasia Membeli Tiket Pesawat Murah ke Jepang Yang Tidak Anda Ketahui.

8 Rahasia Membeli Tiket Pesawat Murah ke Jepang Yang Tidak Anda Ketahui

Untuk harganya bisa di cek di Harga Tiket Pesawat Ke Jepang Pulang Pergi Terbaik.

Harga Tiket Pesawat Ke Jepang Pulang Pergi Terbaik

Kereta dan Subway di Jepang

Untuk mendapatkan tiket kereta dan subway di Jepang bisa dengan membeli di vending machine, membeli one day pas atau membayar dengan IC Card. Atau sepaket dengan JR Pass. Jika terjadi kesalahan, seperti salah kereta, salah tiket, mesin eror, dan lain sebagainya. Maka bisa datangi petugas. Untuk mencari rute transportasi di Jepang bisa cek di www.hyperdia.com.

Kereta Api Shiroi Koibito
Kereta Api Shiroi Koibito

Bis di Jepang

Menggunakan bis di Jepang bisa lebih hemat dengan menggunakan one day pass ticket atau membeli tiket diskon. Dan bagi anda yang ingin melihat hiruk pikuknya kota Jepang maka transportasi bis bisa jadi pilihan.

Taksi di Jepang

Dibandingkan transportasi yang lainnya, tarif taksi di Jepang memang cukup mahal. Untuk memesannya bisa meminta tolong ke resepsionis hotel, melalui aplikasi ataupun menunggu di pinggir jalan. Dan satu tips atau etika bagi anda yang baru pertama kali naik taksi di Jepang, saat naik di kursi belakang, jangan pernah menutup pintunya sendiri. Pintu belakang taksi di Jepang merupakan pintu otomatis. Jadi pintunya akan menutup secara otomatis bukan manual.

Dan daripada bingung memilih transportasi yang mana, ada baiknya untuk Rental Mobil Jepang yang disediakan oleh Trip ke Jepang.

Sewa Mobil di Jepang dengan Sopir Beserta Biaya

Tour ke Jepang

Trip ke Jepang menawarkan banyak sekali tour ke Jepang. Ada Open Trip hingga Private Tour Jepang. Setiap bulannya juga disediakan tour ke Jepang, dari 3 hari hingga 8 hari. Atau paket tour setiap musim juga ada. Bersama Trip Ke Jepang, kapanpun Anda bisa berwisata ke Jepang.

Private Tour Ke Jepang Dengan Private Tour Guide Berbahasa Indonesia Terbaik 2019

Hubungi Kami via WhatsApp