Berbaris di kiri eskalator jepang

10 fakta tentang unik jepang terbaru dan aneh yang wajib anda ketahui

By

Jepang memang negara yang unik, negara yang modern sekaligus melestarikan hal yang masih kuno. Akan tetapi justru perpaduan itulah yang membuat Jepang semakin menarik untuk dikunjungi. Selama berada di Jepang Ada banyak hal yang unik menurut saya, berikut ini ulasan 10 fakta tentang unik jepang terbaru dan aneh yang wajib anda ketahui :

  1. Hutan khusus untuk bunuh diri, hutan ini terletak di kaki gunung Fuji dan terkenal sebagai tempat untuk bunuh diri. Jepang termasuk negara dengan angka bunuh diri yang tinggi, oleh karena itu pemerintah pun berupaya sedemikian rupa untuk menekan angka bunuh diri tersebut. Termasuk di dalam hutan khusus untuk menghadiri itu, pemerintah memasang papan peringatan supaya mereka yang berniat untuk bunuh diri dapat mengurungkan niatnya. Hutan tersebut bernama aokigahara.
    hutan bunuh diri jepang Aokigahara
  2. Suara burung gagak pada siang hari. Masih ingatkah anda dengan film Doraemon, ketika siang hari panas terik sering kali terdengar suara burung gagak, pada awalnya saya mengira bahwasanya itu hanya di film Doraemon saja. Akan tetapi ternyata memang demikian adanya, burung gagak berkeliaran bebas di Tokyo Jepang. Sehingga tidak heran ketika siang hari kita akan bisa mendengar suara burung gagak.
  3. Tisu toilet gratis atau tisu gratis. Awalnya Saya ragu untuk menerima tisu gratis dari orang-orang yang ikan di jalan, karena saya tidak tahu maksudnya dan barangkali disuruh membayar setelah itu. Akan tetapi ternyata tisu toilet itu memang gratis dan menjadi sarana promosi bagi beberapa masakan.
  4. Suka berjalan kaki, hampir jarang saya melihat ada sepeda motor di kota Tokyo. Masyarakat Tokyo Jepang terbiasa berjalan kaki untuk pergi ke mana saja, bersekolah, bekerja, atau berbelanja. Oleh karena itu masyarakat Jepang memilih menggunakan kereta sebagai moda transportasinya. Jika anda mempunyai teman orang Jepang, jangan heran jika ia sangat kuat untuk perjalanan jauh.
  5. Toilet khusus anak-anak, ada di beberapa tempat masih terdapat toilet yang berbentuk kecil, jangan sekali-sekali anda buang air di sana karena toilet itu memang diperuntukkan untuk anak kecil.
    Toilet anak anak di jepang
  6. Baris menggunakan eskalator di sebelah kiri. Di Jepang anda tidak boleh menggunakan eskalator berduaan. Semua orang yang akan menggunakan eskalator dibagi menjadi dua baris, baris kirim untuk Anda yang ingin menggunakan eskalator dengan santai (anda cukup berdiri diam). Dan gunakanlah sisi eskalator sebelah kanan jika anda sedang terburu-buru, oleh karena itu Anda harus berjalan tidak boleh diam ketika melewati eskalator pada sisi kanan.
    Berbaris di kiri eskalator jepang
  7. Kereta api selalu on time. Pastikan anda datang 10 sampai 15 menit sebelum jadwal keberangkatan, karena selain Stasiun Jepang yang ternyata sangat luas sehingga Anda butuh waktu untuk berjalan menuju kereta. Kereta api Jepang juga tidak pernah terlambat, jadi Anda yang harus menunggu kereta api dan bukan kereta api yang akan menunggu Anda.
  8. Membereskan alat-alat maka pergunakan di foodcourt. Tidak seperti di Indonesia yang setelah kita makan kemudian piring sendok dan gelas kita tinggalkan di meja. Di Jepang Anda harus self service, setelah selesai makan maka kumpulkan piring gelas sendok garpu sumpit ke dalam nampan lalu antarkan nampan tersebut ke petugas atau tempat yang telah disediakan.
  9. Tidak boleh memfoto orang secara sembarangan. Orang Jepang sangat menghargai privasi, jika anda ingin mengambil foto orang Jepang, maka anda harus meminta izin terlebih dahulu, atau setidaknya tunjukkan hasil foto anda sebagai isyarat, jika ia setuju maka ia akan mengangguk dan tersenyum. Jika ia tidak setuju jangan ragu untuk segera menghapus foto itu.
  10. Terdapat banyak vending machine untuk makanan dan minuman. Jangan khawatir anda akan kehausan karena banyak terdapat vending machine di sepanjang jalan. Anda cukup memasukkan koin sesuai yang tertera, kemudian pilih minuman atau makanan yang anda inginkan. Jika Anda bingung jangan ragu untuk bertanya kepada orang lain.
    Vending Machine di Jepang

Leave a Comment

You may also like

Hot News

Hubungi Kami via WhatsApp