Beranda » Tips Wisata Jepang » Inilah 13 Rekomendasi Tempat Wisata Terbaik di Jepang Untuk Melihat Bunga Sakura (Hanami)

Inilah 13 Rekomendasi Tempat Wisata Terbaik di Jepang Untuk Melihat Bunga Sakura (Hanami)

Taman Shiba

Cherry Blossom di Jepang

Melihat sakura mungkin impian semua orang. Bunga yang cantik ini memang idaman banyak orang. Keindahannya membuat orang yang melihatnya berasa memiliki semangat baru. Bicara tentang sakura maka yang terlintas dalam pikiran adalah negara Jepang. Hingga akhirnya menimbulkan pertanyaan, dimana tempat terbaik untuk melihat bunga sakura di Jepang? Saat musim semi, tentunya Jepang akan berubah menjadi kawasan penuh warna pink atau putih. Di setiap sudut kota pasti akan ditemui banyak sakura yang bermekaran. Tapi, tentunya ada beberapa titik tertentu atau tempat terbaik untuk menikmati indahnya sakura dengan tradisi Jepang yang disebut Hanami. Untuk menjawab pertanyaan diatas tetap ikuti artikel ini hingga selesai.

Dan berikut 13 Rekomendasi Tempat Wisata Terbaik di Jepang Untuk Melihat Bunga Sakura (Hanami) :

  1. Tokyo – Ueno Park
  2. Rhinoji tempel
  3. Khaneijhi Temple in Neighborhood
  4. Tokyo National Museum
  5. Evening in Ueno Park
  6. Shinjuku Gyoen
  7. Sungai Meguro
  8. Chidorigafuchi
  9. Kokyo Higashi Gyoen
  10. Taman Shiba
  11. Sumida Gawa
  12. Taman Asukayama
  13. Taman Toshimaen

Selengkapnya, yuk simak tempat terbaik melihat sakura dibawah ini.

1. Tokyo – Ueno Park

Merupakan taman terbesar di Central Tokyo, Ueno Park ini tempat yang tepat untuk melihat indahnya sakura. Karena Ueno Park ini memiliki lebih dari 1000 pohon sakura yang akan bermekaran dengan indahnya saat musim semi. Waaoooww.. Awesome tentunya! Pohon sakura ini tumbuh mengelilingi Shinobazu Pond di sepanjang jalan. Keindahan ini semakin bertambah karena didukung adanya berbagai ornamen lampu hias yang menyorot sakura di malam hari. Saat siang hari, taman akan begitu syahdu. Memandang langit biru dengan hiasan bunga sakura pink yang lembut. Menariknya lagi, di tengah taman ada kolam yang dikelilingi bunga sakura. Pantulan bunga di air kolam yang tenang memiliki daya tarik tersendiri. Ditambah bebek-bebek yang sedang berenang dan beberapa burung kunthul berwarna putih terbang menyusuri kolam menjadi momen yang sayang untuk dilewatkan.

Ueno Park in Spring

Taman Ueno Musim Semi

Shinobazu pond itu sendiri merupakan jalan memanjang yang menyusuri sungai. Di pinngir jalan ini terdapat jembatan-jembatan kayu yang dihungkan dengan tali-tali membuat bergitu unik. Yang gak ketinggalan, di sepanjang jalan ini tumbuh ratusan sakura dengan cantiknya. Berjalan disepanjang jalan ini, berasa seperti jalan di negeri dongeng. Berjalan diantara gapura besar yang terbentuk dari cantiknya bunga sakura.

2. Rhinoji tempel

Di taman ini terdapat sebuah kuil yang terlihat semakin cantik karena dihiasi deretan bunga sakura. Pergi kesini seperti sekali mendayung dua pulau terlampaui. Selain bisa menikmati sakura, pengunjung bisa menikmati suasana kuil yang tenang. Para peziarah juga bisa berdoa di dalam kuil. Menarik bukan!

Rhinoji tempel

Rhinoji tempel

3. Khaneijhi Temple in Neighborhood

Selain di Rhinoji tempel, pengunjung juga bisa menikmati sakura di Khaneijhi Temple. Di area ini, berbagai bunga sakura tumbuh dan akan terlihat indah saat bermekaran. Perpaduan warna putih dan pink menjadi hiasan tersendiri untuk langit Tokyo.

Khaneijhi Temple in Neighborhood

Khaneijhi Temple in Neighborhood

4. Tokyo National Museum

Selanjutnya di Tokyo National Museum, pengunjung bisa menikmati warna-warni tanaman yang ada. Karena tak hanya sakura yang tumbuh disana. Ada beberapa pohon lain yang daunnya berwarna hijau. So, pengunjung bisa menikmati perpaduan yang apik antara warna pink, hijau, cokelat, dan orange. Daya tarik lainnya adalah adanya kolam, yang mana pantulan bunga sakura di air yang tenang menjadi semakin indah.

Tokyo National Museum

Tokyo National Museum

5. Evening in Ueno Park

Kembali lagi ke Ueno Park. Tapi kali ini saat sore atau malam hari. Menikmati sakura itu jangan hanya siang hari, karena di malam hari sakura akan tetap memukau bahkan lebih. Saat malam hari, lampu-lampu hias yang berwarna-warni juga ayunan lampion yang tertiup angin menjadi daya tarik tersendiri. Sakura akan terlihat cantik dimalam hari karena mendapat pancaran dari lampu hias. Selain itu, lampiom juga dipasang sejajar di sepanjang jalan untuk memberikan penerangan yang syahdu kepada pengunjung.

Evening in Ueno Park

Cherry blossoms at night in Ueno Park

6. Shinjuku Gyoen

Taman dengan area yang luas memiliki pohon sakura yang bisa mencapai 1100 pohon. Dengan ribuan pohon sakura ini, akan menjadikan suasana taman yang mempesona saat bermekaran, walaupun taman ini sudah cukup tua karena sudah dibangun sejak 100 tahun yang lalu. Taman ini terbagi menjadi tiga wilayah, yaitu Taman ala Perancis, Taman ala Inggris, dan Taman ala Jepang. Setiap wilayah akan memberikan atmosfer yang berbeda sesuai dengan tema yang ada. Di tengah kolam yang ada di taman terdapat “Kyu-Gortei”, yang merupakan sebuah tempat yang dibangun khusus untuk menikmati suasana dengan angin semilir dan pemandangan taman. Bunga sakura yang bermekaran juga yang gugur serta danau, akan menjadi hiasan tersendiri untuk taman saat hanami.

Shinjuku Gyoen Sakura

Shinjuku Gyoen

7. Sungai Meguro

Aliran sungai sepanjang 4 km ini memberikan pengalaman hanami yang unik. Jumlah pohon sakura mencapai 800 pohon. Pengunjung bisa menikmati sakura cantik ini dengan menaiki kapal dan menyusuri sungai. Sesekali akan menemukan sakura yang terjatuh ke aliran sungai. Hanami akan lebih berkesan saat malam hari, karena saat malam hari akan ada banyak sekali lampu tradisional Jepang yang menghiasi yaitu lampu chocin. Menariknya biasanya di Sungai Meguro ini saat musim semi diadakan festival. Sembari menikmati sakura pengunjung bisa berwisata kuliner di derean restoran, kafe, atau kedai makanan.

Sungai Meguro

Sungai Meguro

8. Chidorigafuchi

Berada di bagian barat istana kerajaan, Chidorigafuchi ini adalah tempat populer untuk melakukan hanami. Ada banyak pemandangan yang bisa dinikmati, seperti sakura, berbagai tanaman lain yang menghiasi taman, dan parit istana yang bisa dinikmati dengan naik kapal seperti kayak kecil. Pemandangan kastil Edo tua yang ada di dalamnya serta sungai yang sangat luas yan juga dikelilingi dengan pohon sakura menjadikan pemandangan ini begitu mengesankan di hati.

Chidorigafuchi

Chidorigafuchi

9. Kokyo Higashi Gyoen

Kalau Kokyo Higashi Gyoen ini berada di bagian timur istana. Walaupun jumlah pohon sakura tidak begitu banyak, namun tempat ini termasuk menjadi favorit untuk hanami. Yang menjadi daya tarik adalah sisa-sisa reruntuhan kastil edo dan tentunya mekarnya sakura. Dan tempat ini cocok untuk Anda yang suka dengan budaya Jepang. Karena disini terdapat museum Sannomaru Shozakan yang berisi berbagai barang serta dokumen yang penting.

Kokyo Higashi Gyoen

Kokyo Higashi Gyoen

10. Taman Shiba

Taman Shiba ini terletak di area Tokyo Tower. Ada sekitar 200 pohon sakura ditanam di sini. Pengunjung bisa memilih tempat untuk hanami di taman, menikmati bunga sakura dengan latar belakang Tokyo Tower. Spot menarik lainnya ada air mancur seperti Maruyama dan Danau Benten.

Taman Shiba

Taman Shiba

11. Sumida Gawa

Masih menikmati sakura di pinggir sungai tapi kali ini di Sumida Gawa. Taman Sumida ini terletak di dekat stasiun Asakusa. Pemandangan akan semakin sempurna ketika sakura bermekaran di sepanjang sungai. Pengunjung bisa menikmatinya dengan berjalan-jalan santai atau dengan naik kapal. Pemandangan bunga sakura yang berpadu dengan Tokyo Skytree sebagai simbil Distrik Taito juga menjadi pemandangan yang mengesankan untuk dinikmati.

Sumida Gawa

Sumida Gawa

12. Taman Asukayama

Taman Asukayama adalah tempat hanami favorit bersama keluarga. Para pengunjung bisa membawa tikar dan bekal makanan, lalu duduk bersama keluarga untuk menikmati indahnya sakura. Taman ini semakin lengkap, karena adanya taman bermain anak. Jadi, anak-anak bisa bermain di kereta apai, di permainan anak, dan masih banyak lagi.

Taman Asukayama

Taman Asukayama

13. Taman Toshimaen

Akan menjadi pengalaman yang menyenangkan dan juga anti mainstream jika pengunjung menaiki jet coaster yang populer dengan nama minicylone sembari melihat cantiknya ratusan pohon sakura yang bermekaran. Dan itu bisa dilakukan di Taman Toshimaen. Dan yang pastinya pengunjung akan mendapatkan pengalaman hanami yang lain dari biasanya.

Taman Toshimaen

Taman Toshimaen

Menyenangkan sekali bukan, melepas penat dengan melihat sakura. Setelah lihat sakura yang mempesona, pasti energi semangat kembali membara. Apalagi bisa merasakan saat sakura berguguran atau hujan sakura. Itu akan lebih menyenangkan lagi. Jadi kapan nih, ke Jepang buat lihat sakura?

Artikel Menarik :

Comments are closed.

Kontak Kami

Apabila ada yang ditanyakan, silahkan hubungi kami melalui kontak di bawah ini.