Beranda » Tips Wisata Jepang » 9 Tips Menikmati Musim Sakura di Jepang, Berasa Kayak Orang Lokal

9 Tips Menikmati Musim Sakura di Jepang, Berasa Kayak Orang Lokal

9 Tips Menikmati Musim Sakura di Jepang, Berasa Kayak Orang Lokal

Sakura di Jepang

Liburan ke Jepang terus gak menikmati sakura, rasanya hambarr broo..! Kayak kopi tanpa gula, masih mending kopi masih bisa dinikmati. Jepang juga masih bisa dinikmati sih, tapi tetep berasa kayak ada yang kurang. Secara kan ya.. sakura ini bagaikan maskotnya Jepang, iconnya Jepang, ciri khasnya Jepang. Ngomongin sakura pasti yang nyantel dipikiran adalah Jepang. Makanya kalau mau ke Jepang cari hari yang pas biar bisa menikmati sakura. Sakura ini mekar di musim semi yang biasa terjadi di bulan Maret sampai Mei. Tetapi di kota Kawazu di semenanjung Izu Jepang, sakura udah mekar sejak Februari. Warna merah muda yang menghiasi setiap sudut kota, langit, dan bumi Jepang memiliki pesona tersendiri yang sayang banget untuk dilewatkan. Nah, supaya kamu bisa menikmati sakura dengan lebih afdhol dan menyenangkan, TripJepang.co.id berbagi 9 Tips Menikmati Musim Sakura di Jepang buat kamu, agar sampai disana liburanmu tidak sia-sia. Ya udah yuk simak tips dan penjelasannya berikut ini.

1. Cari Tiket Pesawat Dan Penginapan Jauh-jauh Hari

Hal pertama yang perlu dilakukan adalah mencari atau booking tiket pesawat dan juga penginapan jauh-jauh hari. Agar ketika waktu sakura sudah mulai bermekaran kamu tinggal berangkat dan disana tak perlu bingung memikirkan penginapan. Lagi pula to, jika kamu pesan tiketnya mendekati musim sakura, itu masuk dalam high season sehingga tiketnya jauh lebih mahal. Jadi ada baiknya persiapkan 6 bulan sebelumnya.

2. Cari Tau Waktu Terbaik Untuk Berkunjung

Selanjutnya adalah mengetahui waktu terbaik untuk melihat sakura yang cantik. Peak season di Jepang untuk musim sakura biasanya dimulai dari minggu terakhir Maret hingga minggu pertama April. Karenanya, banyak yang beranggapan kalau hanami hanya bisa dilakukan selama dua minggu ini saja. Padahal ya, hanami bisa mulai dilakukan sejak awal Maret, bahkan Februari! Jika perlu, kamu bisa update kalender Jepang yang akan memberi petunjuk mekarnya sakura.

Cari Tau Waktu Terbaik Untuk Berkunjung

Sakura di Salah Satu Taman Jepang

Pada akhir Februari, bunga yang paling pertama mekar di Jepang adalah ume alias bunga plum. Bunga ini sebenarnya sama cantiknya dengan sakura, dan biasanya akan mekar hingga pertengahan Maret. Barulah setelahnya musim sakura yang dikenal rakyat dunia ini dimulai hingga minggu pertama April. Setelahnya giliran shibazakura, varietas lain dari bunga sakura, yang akan bermekaran hingga Mei. Pastinya cantik-cantik.. Dan jika kamu berada diwaktu yang tepat dan sedang beruntung kamu bisa melihat juga gugurnya bunga sakura, yang indahnya juga gak karuan. Pasti seru banget kan berada diantara bunga-bunga sakura yang berjatuhan. Karena sakura yang berguguran itu tergantung dari cuaca yang ada.

3. Cari Tahu Info Tempat Hanami Terbaik

Orang lokal, biasanya menikmati sakura dengan cara yang disebut dengan hanami. Mereka melakukan hanami dimanapun pohon sakura berada: taman-taman besar, taman-taman kecil di daerah perumahan, taman-taman pekarangan istana, atau sebatas taman-taman di pinggir sungai. Jadi agar berasa kayak orang lokal, kamu juga bisa melakukan tradisi hanami ini. Kamu juga bisa sewa kimono atau yukata, dengan itu kamu bakalan benar-benar seperti orang Jepang zaman dulu. Namun perlu diketahui bahwa tidak semua taman ini bisa seenaknya didatangi. Saat musim sakura tiba maka jumlah pengunjung pun akan membludak, beberapa taman akan memberlakukan peraturan yang berbeda-beda. Ada yang gratis, ada yang berbayar, ada yang boleh duduk-duduk, ada yang melarang penggunaan karpet piknik, dan sebagainya. Jadi sebaiknya cari tahu lebih dalam soal tempat melakukan hanami yang sedang diincar!

Pesta Hanami di Jepang

Pesta Hanami di Jepang

4. Datang Lebih Pagi

Setelah tahu akan melakukan hanami di mana, langkah selanjutnya adalah datang secepatnya. Di musim sakura ini, semua orang pasti akan berlomba-lomba untuk mendapatkan tempat terbaik untuk menikmati bunga sakura, terutama orang-orang lokal yang sudah lebih tahu “medan perangnya”. Datang jauh lebih awal adalah cara terbaik untuk mendahului mereka, karena berbeda dengan turis yang waktunya lebih luang, orang-orang setempat masih harus melakukan aktivitas sehari-hari mereka, bukan? Apalagi yang berjiwa muda semangatnya pasti masih membara, ditambah lagi akan melihat sakura.

5. Berkeliling Taman

Kalau telat dan kehabisan tempat, jangan hanya menunggu di satu sisi taman saja. Berjalanlah keliling taman terlebih dahulu untuk melihat-lihat apakah ada tempat lowong yang bisa diisi atau baru saja ditinggalkan kelompok sebelumnya. Dengan cara ini pula, kamu bisa sekalian melihat-lihat seluruh penjuru taman dan menyaksikan cantiknya musim sakura dari berbagai sudut.

6. Datangi Sakura Saat Malam Hari

Sakura tak hanya indah di siang hari, saat malam hari pun sakura juga indah. Apalagi saat lampu kota mulai padam, bunga sakura ini bisa bersinar terang ditambah lagi sinar lampu temaram dijalanan yang akan menambah pancaran pesona dari sakura. Bisa jadi spot yang antimainstream, nih!

Datangi Sakura Saat Malam Hari

Sakura Saat Malam Hari

7. Bawa Bekal

Orang lokal biasanya akan datang membawa bekal dari rumah untuk dinikmati bersama-sama ketika melakukan piknik hanami. Tapi bukan berarti kamu tak bisa melakukan hal yang sama, lho! Musim sakura sudah menjadi semacam festival di mana taman-taman biasanya akan diisi stan – stan jajanan jalanan berisi makanan dan minuman khas Jepang. Atau kalau datang ke taman-taman yang lebih kecil dan ragu akan menemukan stan makanan atau tidak, beli saja dulu camilan atau yang lainnya dari swalayan atau convenience store sebelum berangkat ke taman!

8. Bawa Alas Piknik Dan Kantung Sampah

Ketika memasuki musim sakura, toko-toko biasanya akan menjual karpet biru khas hanami serta kantong sampah untuk dibawa ke taman. Belilah semua itu agar tidak perlu duduk di atas rumput, dan agar sampah-sampah bekas makanan dan minuman piknik tidak tercecer di taman. Kan Jepang terkenal dengan negara yang sangat memperhatikan sampah.

Bawa Alas Piknik Dan Kantung Sampah

Sakura

9. Pakai Baju Hangat

Ingat, musim sakura merupakan awal kehadiran musim semi, di mana sisa-sisa musim dingin masih tersisa. Karena hanami merupakan aktivitas yang sebagian besar waktunya dihabiskan dengan duduk-duduk menikmati bunga bersama keluarga atau teman-teman di luar ruang, ada baiknya untuk mengenakan jaket dan syal agar tetap merasa hangat.

Okelah, itu beberapa tips untuk menikmati sakura di Jepang. Semoga tips di atas bisa membantu kamu sekalian yang akan berlibur ke Jepang saat sakura bermekaran. Jika dirasa semua sudah dipersiapkan dengan baik, tinggal berangkat aja ke Jepang. Selamat menikmati bunga sakura yang indah ini.

Artikel Menarik :

Comments are closed.

Kontak Kami

Apabila ada yang ditanyakan, silahkan hubungi kami melalui kontak di bawah ini.