Home » Tips Wisata Jepang » Makanan Musim Gugur di Jepang, Nikmati dengan Suasana Romantis!

Makanan Musim Gugur di Jepang, Nikmati dengan Suasana Romantis!

fikri kurniawan

Makanan Musim Gugur di Jepang, Nikmati dengan Suasana Romantis!

Makanan Musim Gugur di Jepang

Hari-hari semakin dingin di Jepang dan dedaunan berubah menjadi merah. Dengan suhu yang turun, datangnya musim gugur adalah sesuatu yang harus dirayakan. Musim gugur adalah musim makanan dan santapan tradisional Jepang. Panen musim gugur adalah waktu terbaik untuk menikmati banyak pilihan bahan masakan Jepang di puncaknya.


 Informasi Paket Tour Jepang 2023 

Yuuk.. pilih sendiri tanggal liburanmu, ada pemberangkatan trip ke Jepang setiap bulannya

CRAZY PRICE - Paket Tour ke Jepang Mulai 17jt an saja

Seat terbatas ya.. Jadi segera hubungi kami

Terlengkap - Terseru - Termurah
hanya di tripjepang.co.id


Musim Gugur Jepang itu indah dan menawan dengan caranya sendiri. Makanan lezat di musim gugur sama melimpahnya dengan dedaunan musim gugur yang berwarna-warni. Tripjepang.co.id akan memperkenalkan beberapa makanan musiman yang tidak boleh Anda lewatkan jika berencana bepergian ke Jepang pada musim gugur.

1. Oden

Oden adalah favorit musim gugur Jepang sebagai makan siang atau makan malam singkat. Basisnya adalah sup dashi rasa kedelai yang lembut. Seseorang dapat memilih bahan favorit mereka dari pilihan seperti telur rebus, daikon (lobak Jepang), perkedel ikan, kol gulung atau kulit tahu isi daging dan mochi. Ada juga banyak tambahan yang lebih sehat seperti rumput laut atau konnyaku (jeli keras rendah kalori yang terbuat dari kentang konnyaku).

Oden
Oden

2. Jamur Matsutake

Matsutake adalah bahan makanan mewah di Jepang karena sulit ditemukan. Ini adalah jenis jamur yang paling mahal dan berharga. Anda akan menemukan kombinasi berbagai aroma dan rasa, seperti daging, manis, seperti kayu manis… Ada banyak cara untuk memasak dan menyiapkan jamur matsutake. Salah satu cara yang umum adalah dengan memanggang. Menambahkan jamur matsutake ke dalam oden atau kaldu adalah hal populer lainnya. Anda juga bisa menumis dan menyajikannya dengan ikan dan daging. Namun, rasanya tidak cocok dengan keju atau produk susu. Matsutake dianggap sebagai "raja makanan musim gugur" di Jepang.

Jamur Matsutake
Jamur Matsutake

3. Kuri - Chestnut Jepang

Kuri atau kastanye Jepang , adalah rasa musim gugur yang populer. Mereka bisa dipanggang sebagai camilan (yaki-kuri) atau dimasak bersama nasi (kurigohan). Chestnut juga digunakan dalam sejumlah manisan tradisional Jepang. Manisan chestnut, yang dikenal sebagai kuri kinton, adalah suguhan manis sederhana di mana chestnut dikukus, dihaluskan, dan dipadukan dengan gula. Kuri juga merupakan makanan enak untuk dinikmati secara langsung. Karena rasanya yang manis dan gurih, kuri juga menjadi makanan penutup yang enak.

Kuri
Kuri

4. Shinmai

Panen padi pertama di musim gugur disebut shinmai atau beras baru. Ini dianggap memiliki rasa yang sama sekali berbeda dari beras yang dipanen sepanjang tahun. Beras baru dikatakan lebih lembut dan lebih manis dari beras yang lebih tua. Itu hanya bisa dicoba dari September hingga Desember. Shinmai diproses dan dikemas untuk dijual pada tahun yang sama saat dipanen dan tidak lagi dijual setelah Desember. Anda dapat menikmati semangkuknya sendiri untuk menikmati rasa manis alami atau Anda dapat menambahkan chestnut atau jamur matsutake ke dalam nasi yang menambahkan rasa yang halus namun hangat.

Shinmai
Shinmai

5. Sanma – Saury Pasifik

Saury Pasifik dikenal sebagai "sanma" di Jepang. Musim puncaknya adalah musim gugur. Ikan berkulit perak ini memiliki rasa yang kaya dan paling enak dinikmati dengan cara dipanggang dengan sedikit garam. Hidangan musim gugur yang populer ini disebut sanma no shioyaki (sanma yang dipanggang dengan garam). Ini menawarkan kandungan minyak ikan dan vitamin yang sehat. Itu selalu disajikan utuh.

Kami merekomendasikan untuk memakannya mulai dari kulitnya yang renyah dan menambahkan sedikit air jeruk nipis, daikon (lobak Jepang) atau kecap ke dagingnya untuk mengeluarkan rasa alaminya. Ditemani semangkuk nasi baru dan sup miso, terciptalah makanan yang sempurna untuk memuaskan selera dan indra seseorang.

Sanma
Sanma

6. Yakiimo

Yakiimo berarti ubi panggang. dan sangat mungkin merupakan camilan musim gugur paling populer di Jepang. Ubi jalar dipanggang dan dijual di berbagai tempat mulai dari toko serba ada di atas toko khusus ubi jalar hingga warung makan di festival. Anda dapat menemukan banyak variasi dan rasa yang berbeda di seluruh Jepang. Daratan menyajikan ubi jalar dengan kulit merah dan daging kuning sedangkan murasaki imo, atau ubi ungu, sangat terkenal di Okinawa.

Yakiimo
Yakiimo

7. Kabocha

Kabocha sering disebut sebagai labu Jepang dan merupakan sejenis labu musim dingin. Ia memiliki kulit hijau yang keras dan daging oranye. Kulitnya menjadi lembut saat direbus dan dapat dimakan. Kabocha yang dimasak memiliki tekstur yang lembut, serta rasa yang manis dan pedas. Meski tersedia sepanjang tahun, kabocha terasa paling enak di musim gugur. Ini bisa disiapkan dengan berbagai cara, dari tempura goreng yang direbus dengan kecap dan kaldu dashi atau direbus dalam air.

Kabocha
Kabocha

8. Kaki - Kesemek

Kesemek juga dikenal sebagai kaki, berlimpah di musim gugur Jepang. Mereka manis, lembut dan terlihat sedikit seperti tomat. Mereka paling enak dimakan mentah tetapi juga sering dibuat selai karena teksturnya yang seperti jeli. Ada dua jenis utama kesemek, hachiya (astringent) dan fuyu (non-astringent). Hachiya sangat asam sampai benar-benar matang dan fuyu bisa dimakan keras seperti apel. Di Jepang, Anda kemungkinan besar akan menemukan hachiya yang menjadi sangat lembut dan manis saat matang.

Kaki
Kaki

9. Nashi - Pir Asia

Nashi , atau pir asia , adalah buah Jepang populer lainnya selama musim gugur. "Kosui" adalah sejenis nashi yang ditemukan di sebagian besar tempat di Jepang. Ini memiliki keasaman rendah dan kandungan gula yang tinggi membuatnya sangat manis. Jenis utama nashi Jepang lainnya adalah "hosui". Mirip dengan kosui dalam rasa dan tekstur tetapi sedikit lebih besar dan dapat disimpan lebih lama.

Nashi
Nashi

Musim gugur adalah waktu yang indah di Jepang dengan daunnya yang berwarna merah, jingga, dan kuning, langit cerah, dan cuaca sejuk. Ini juga merupakan waktu untuk menikmati berbagai jenis makanan musim gugur Jepang yang lezat. Maksimalkan kunjungan Anda ke Jepang dengan menghormati tradisi makan musiman, dan nikmati masakan Jepang yang terbaik! Kamu bisa cek paket tour musim gugur di Jepang di sini!

Copyright © 2023 tripjepang.co.id - Paket Tour ke Jepang 2023
Paket Tour Jepang : Maret , April , Mei , Juni 2023
Hubungi Kami via WhatsApp