Beranda » Festival di Jepang » Festival Great Wisteria Ashikaga

Festival Great Wisteria Ashikaga

Festival Great Wisteria Ashikaga

Sebagai bunga yang menjadi ciri khas negara Jepang, sakura selalu menjadi incaran para turis juga wisatawan lokal. Namun banyak yang kurang tahu, bahwa sakura tak hanya satu-satunya bunga cantik yang ada di Jepang. Nyatanya ada bunga wisteria yang tak kalah cantik dan saat mekar dirayakan dengan festival. Festival Great Wisteria diadakan di Taman Ashikaga, Prefektur Tochigi saat bunga-bunga wisteria (atau disebut bunga Fuji dalam bahasa Jepang) mekar sempurna. Festival biasanya diadakan pada pertengahan bulan April sampai bulan Mei.

Tentang Bunga Wisteria

wisteria yang dalam bahasa Jepang disebut Fuji merupakan nama bunga (pohon) yang asalnya dari famili Fabaceace. Wisteria ini memiliki 8 spesies dan salah satunya yaitu Wisteria floribunda atau yang lebih dikenal dengan sebutan Wisteria Jepang. Wisteria adalah sebuah pohon besar yang memiliki bunga dengan warna yang manis seperti putih, pink, atau ungu yang bunganya tumbuh dalam satu batang yang sama dan menjuntai ke arah bawah dengan panjang sekitar 10-80 cm. Mirip seperti pohon willow.

Tentang bunga wisteria

Bunga Wisteria

Bunga Wisteria di Taman Ashikaga

Di kota Ashikaga ada taman yang menawarkan keindahan dari Wisteria ini. Taman yang bernama Ashikaga Flower Park dengan luas 20 hektar ini terkenal dengan kecantikan pohon-pohon wisterianya yang dapat kita saksikan pada pertengahan bulan April sampai pertengahan bulan Mei. Dan juga kita dapat melihat pohon wisteria terbesar di jepang yang besarnya mencangkup sekitar 1990 meter persegi.

Wisteria yang ditanam di Ashikaga Flower Park ini pun beragam jenisnya, antara lain :

  • Usubeni fuji (pink)
  • Murasaki fuji (ungu)
  • Naga fuji (wisteria panjang)
  • Yae kokuryu (naga hitam berkelopak ganda)
  • Shiro fuji (putih)
Bunga Wisteria di Taman Ashikaga

Bunga Wisteria di Taman Ashikaga

Dan yang terakhir adalah Laburnum anagyroides vossi atau lebih dikenal dengan Wisteria kuning yang diimpor oleh Jepang secara khusus dari Austria dan Swiss pada sekitar tahun 1970.

Suasana Festival Great Wisteria Ashikaga

Tidak perlu diragukan lagi! Taman seluas 9 hektar ini sudah berhasil mempesona jutaan wisatawan dengan keindahan bunga wisteria 3 warnanya. Orang-orang biasanya akan mulai ramai berdatangan saat awal bulan Mei, melihat bunga-bunga sakura, tulip, crocus yang mungil yang mulai mekar. Teman-teman perlu bersiap-siap karena taman ini akan sangat ramai!

Saat Great Wisteria Festival berlangsung, wisatawan bisa berjalan di bawah terowongan bunga wisteria. Jenis bunga wisteria yang ada di Ashikaga Flower Park sudah berusia 150 tahun. Saat malam hari, terowongan ini dibalut lampu sehingga menghasilkan pencahayaan yang indah.

Suasana Festival Great Wisteria Ashikaga

Suasana Festival Great Wisteria Ashikaga

Cara ke Taman Ashikaga

Dengan Menggunakan Kereta

Taman Ashikaga di Tochigi bisa diakses menggunakan kereta JR Utsunomiya (Kereta Lokal), JR Shonan Shinjuku (Ekspress) dari Tokyo Station atau Shinjuku Station sampai ke Oyama Station. Lalu berpindah ke jalur kereta JR Ryomo dan turun di Ashikaga Flower Park Station, satu stasiun sebelum Ashikaga (ingat jangan turun di Ashikaga Station). Taman bisa ditempuh dengan berjalan kaki kurang lebih 5 menit dari stasiun.

Jika naik Shinkansen dari Tokyo Station sampai Oyama Station perlu sekitar 4.000 yen dalam 70 menit atau 1.940 yen bila naik kereta biasa (Shonan Shinjuku Line) dalam 110 menit. Semua transportasi ke Taman Ashikaga tercover dengan Tokyo Wide Pass.

Kita juga bisa naik jalur kereta Tobu Isesaki Line dari Asakusa Station sampai ke Ashikaga-shi Station. Bila naik kereta ekspress “Ryomo Limited Express” durasinya 70 menit dengan ongkos 2.000 yen, dan bila naik kereta biasa ongkosnya 970 yen dengan jarak tempuh sekitar 2 jam. Dari Stasiun Ashikaga-shi, kita bisa naik bis shuttle (hanya tersedia di akhir pekan/ hari libur, dan pada musim selain musim dingin, dengan ongkos 300 yen). Atau bisa dengan naik taksi selama kurang lebih 10 menit dengan ongkos sekitar 2.500-3.000 yen.

Biaya masuk dan jam buka Taman Ashikaga

Taman Ashikaga buka sepanjang tahun kecuali pada hari Rabu dan Kamis ketiga bulan Februari dan tanggal 31 Desember. Sementara itu, biaya masuknya selain berbeda sepanjang tahun, juga bervariasi sesuai keadaan mekarnya bunga.

  • Bulan Maret hingga tengah April buka jam 9.00 – 18.00 dengan biaya masuk 300-1.200 yen untuk dewasa dan anak-anak setengahnya.
  • Pertengahan April hingga akhir Mei buka jam 9.00 – 18.00 dengan biaya masuk 900-1.700 yen untuk dewasa dan anak-anak setengahnya. Sementara itu, untuk tiket malam harinya (saat iluminasi wisteria dalam Festival Great Wisteria) tiketnya 600-1.400 yen untuk dewasa dan anak-anak setengahnya.
  • Mei hingga akhir Juni buka jam 9.00 – 18.00 dengan biaya masuk 500-1.200 yen untuk dewasa dan anak-anak setengahnya.
  • Juli sampai Februari buka jam 10.00 – 17.00 dengan biaya masuk 300-700 yen untuk dewasa dan anak-anak setengahnya.
  • Iluminasi musim dingin dari jam 15:30 – 21:00 (awal Desember sampai Februari).

Video Festival Great Wisteria Ashikaga

Artikel Menarik :

Comments are closed.

Kontak Kami

Apabila ada yang ditanyakan, silahkan hubungi kami melalui kontak di bawah ini.