Apa Saja yang Harus Dipersiapkan dan Dibawa Liburan ke Jepang

Apa Saja yang Harus Dipersiapkan dan Dibawa Liburan ke Jepang ?

By

Apa Saja yang Harus Dipersiapkan dan Dibawa Liburan ke Jepang ?

Negara empat musim memang memiliki daya tarik tersendiri untuk dijadikan destinasi wisata. Salah satunya adalah negeri “Matahari Terbit”, Jepang. Dengan sakura yang menjadi maskotnya, membuat Jepang ini digandrungi oleh beberapa pelancong dari luar negeri, salah satunya Indonesia. Apalagi Jepang ini memberikan bebas visa dengan syarat registrasi pra keberangkatan untuk WNI pemegang e-paspor sejak Desember 2014 lalu. Wuiiihh.. Menarik kan! Jadi, gak perlu repot-repot banget deh buat liat sakura yang cantik ini. Namun, apa saja sih yang harus dipersiapkan untuk liburan ke Jepang? Nah, TripJepang.co.id akan membagikan hal apa saja yang perlu di persiapkan dan di bawa saat liburan ke Jepang. Yuk disimak..!!

1. e-Paspor

E-paspor Indonesia memiliki banyak keuntungan, salah satunya bebas visa. Kenapa harus e-paspor? Apakah dengan paspor biasa, berarti tidak bisa berhemat ketika berlibur di Jepang? Sebenarnya bisa saja, tapi jika kamu punya e-paspor, paling tidak kamu bisa berhemat untuk bayar visa Jepang. Karena dengan e-paspor ini, kamu berhak untuk mendapatkan visa waiver Jepang atau lebih dikenal dengan bebas visa Jepang.

Hanya dengan mendaftarkan e-paspor kamu di Kedutaan Besar Jepang (pengajuan bebas visa bisa dilakukan di Kedutaan Besar Jepang atau Kantor Konsulat Jepang di Indonesia dengan membawa e-paspor dan mengisi formulir aplikasi di sini). Lumayan kan, bisa berhemat biaya visa sebesar Rp330.000 dengan memiliki e-paspor?

Cara mendapatkan bebas visa Jepang ini mudah, prosesnya hanya memakan sekitar 2 hari kerja, gratis pula! Ditambah lagi, setelah dapat bebas visa, kamu bisa bebas mengunjungi Jepang tanpa perlu mengajukan aplikasi untuk visa lagi. Masa tinggal tiap kali masuk ke Jepang adalah 15 hari dan bebas visa berlaku selama 3 tahun. Untuk info lebih lanjut mengenai pembuatan bebas visa ke Jepang ini, kamu bisa kunjungi situs web resmi Kedutaan Besar Jepang.

E-Paspor Indonesia
E-Paspor Indonesia

3. Tukarkan Uang

Ketika memutuskan untuk pergi ke luar negeri maka kita wajib memiliki mata uang negara tersebut. Karena Jepang ini mata uangnya adalah yen, maka tukarkan uang kamu!

Mata Uang Yen Jepang
Mata Uang Yen Jepang

4. Persiapkan Fisik

Ketika berlibur di Jepang, persiapkan fisik yang kuat, karena ketika di sana akan lebih banyak jalan kaki. Sebaiknya berolahraga kecil-kecilan sebulan sebelum berangkat berlibur.

5. Tiket Pesawat

Yang pertama adalah beli tiket pesawat pastinya. Biar lebih hemat kamu bisa cari promo tiket pesawat. Kalau kamu sering internetan, pasti gampang banget buat nemu promo tiket pesawat ke Jepang. Untuk lebih hemat lagi TripJepang.co.id juga punya tips nih buat kamu, selengkapnya bisa baca disini.

6. Memilih Tempat Penginapan

Ada banyak penginapan yang disediakan di Jepang. Jika kamu ingin merasakan pengalaman seperti budaya dan gaya orang Jepang, kamu bisa memilih menginap di Minshuku atau Ryokan. Berupa guest-house milik pribadi yang menyediakan tempat tinggal dan makan. Memang agak mahal, Ryokan berkisar 6.000 yen (Rp 740.000) per malam dan Minshuku berkisar 4.000 yen (Rp 494.000) per malam. Jika ingin yang lebih murah, bisa memilih capsule hotel yang unik dan hanya berkisar 3.000 yen (Rp 370.000) per malam. Sebagian besar Capsule Hotel ini berada di OSaka dan Tokyo.

Memilih Tempat Penginapan
Minshuku

7. Mencari Waktu Yang Tepat Untuk Berkunjung Ke Jepang

Sebagai negara empat musim, Jepang memiliki pesona tersendiri disetiap musimnya. Kamu mau liburan di musim apapun pasti menyenangkan. Bulan Desember- Februari adalah musim dingin. Kamu bisa datang dibulan ini untuk merasakan dingin dan lembutnya salju. Atau bisa datang di bulan Maret-Mei yang merupakan musim semi. Di musim ini, kamu bisa melihat indahnya sakura yang cantik. Jika beruntung, kamu bisa merasakan sensasi hujan bunga sakura. Kamu juga bisa datang di musim panas. Musim panas di Jepang terkenal dengan festival, banyak festival yang digelar dari bulan Juni-Agustus. Bahkan dibulan Mei sudah ada festival musim panas. Dan jika ingin merasakan suasana romantis, kamu bisa datang saat musim gugur di bulan September-November. Gugurnya daun dan ranting dibarengi dengan berubahnya warna dedaunan menjadi kuning, orange, atau merah. Indah banget deh!

>> Paket Tour Jepang Paling Populer <<

Taman Senkeien musim Sakura
Musim Sakura

8. Buat Itinerary Perjalananmu

Setelah menentukan waktu berkunjung, selanjutnya tentukan objek wisata mana saja yang akan dikunjungi. Objek wisata yang akan kamu kunjungi bisa disesuaikan dengan musimnya. Karena ada banyak banget objek wisata di Jepang. Jadi pilih yang sesuai dengan keperluanmu. Misal di musim dingin kamu bisa mengunjungi daerah Hokkaido.

Paket Private Tour Hokkaido Winter Jepang Snow Resort 5 Hari 4 Malam
Hokkaido

9. Minimalkan Barang Bawaan

Bawa barang yang diperlukan saja! Kamu disana hanya liburan, bukan pindahan. Yang pasti bawa kaos, jaket, kaus kaki, serpatu. Dan ketika berada di Jepang ada baiknya menggunakan pakaian yang berlapis, supaya mudah untuk dipakai dan dilepaskan untuk beradaptasi dengan perbedaan suhu yang berubah drastis saat berada di dalam dan di luar ruangan. Dan beberapa item ada baiknya simpan dalam tas kabin, seperti sepatu, kaos kaki, jaket, kaos. Supaya saat pesawat transit di negara lain tetap ada cadangan pakaian.

10. Mempelajari Kebiasaan Orang Jepang

Sebelum pergi ke Jepang, ada baiknya untuk membiasakan diri berlatih disiplin seperti kebiasaan orang Jepang. Karena orang-orang Jepang itu sangat menghormati dan mematuhi peraturan, seperti membuang sampah pada tempatnya, mengantri dengan rapi, hingga tidak menyeberang jalan saat lampu merah. Dan yang perlu dicermati juga adalah transportasi yang selalu tepat waktu. Misal jadwal keberangkatan bus, subway, atau kereta ekspress pukul 09.52, maka transportasi tersebut benar-benar berangkat pada waktu itu juga. Jadi, bisa melatih diri untuk tepat waktu.

11. Kuliner Khas Jepang

Selanjutnya kamu juga harus tau makanan khas Jepang itu apa saja. Jadi, ketika disana kamu harus mencobanya. Apa saja makanan khas Jepang itu, bisa dibaca disini. Kalau kamu muslim, juga harus bisa memilah dan memilih makanan yang halal.

Ada Apa Saja di Susukino
Kuliner Kepiting di Susukino

12. Transportasi di Jepang

Untuk transportasi, agar lebih hemat kamu bisa memilih Jr Pass (Japan Rail Pass). Terbagi dalam dua tipe, yaitu Green dan Ordinary. Kegunaan kedua tiket ini sama, namuan durasinya yang berbeda. Mulai dari 7 hari, 14 hari, hingga 21 hari. Untuk mendapatkan Jr Pass kamu kamu bisa membelinya di travel agent. Hanya dengan membawa tiket pesawat dan paspor, kamu langsung bisa mendapatkannya.

13. Install Mobile App yang Berguna di Jalan

Di Jepang juga jarang menemukan orang yang bisa berbahasa Inggris, maka ada baiknya menginstall aplikasi Google Translate yaitu aplikasi ini mampu menerjemahkan tulisan bermodalkan kamera HP Anda dan juga menyediakan two-way automatic speech translation. Jangan lupa juga untuk menginstall Hyperdia App. Kegunaanya untuk membantu kamu dalam mencari informasi kereta, baik itu rutenya, tarif komuter, tarif, peta, hingga waktu keberangkatan. Dengan melakukan pencarian pada aplikasi menggunakan suara dengan Bahasa Jepang atau Bahasa Inggris.

14. Sewa Sebuah Pocket Wi-Fi

Tetap online saat liburan itu harus banget. Tapi sayangnya di Jepang, mendapatkan akses wifi gratis agak sulit, kalau mau beli sim card jatuhnya bisa mahal. Nah, ada baiknya sewa router nirkabel saja. Enaknya bisa dibawa kemana-mana dan bisa digunakan bersama. Jadi, sewanya bisa lebih murah. Selengkapnya bisa baca di Tips Jitu Agar Tetap Online Saat Liburan di Jepang.

Sewa wifi router
Sewa wifi router di passpod.id

15. Persiapkan Obat-obatan

Ini juga merupakan hal yang penting, yaitu obat-obatan. Sebab kita gak pernah tau kondisi cuaca di Jepang apakah cocok dengan tubuh kita, maka dari itu, siapkan obat-obatan untuk perjalanan.

16. Prediksi Budget Liburan

Sebelum berangkat, prediksi juga budget liburan. Prediksi budget liburan itu bisa didapatkan dari itinerary yang sudah dibuat.

Itu tadi, beberapa tips liburan ke Jepang buat kamu yang masih pemula. Anti ribet, anti pusing, dan praktis. Dan akan membuat liburanmu semakin seru dan menyenangkan. Selamat Berlibur di Jepang!

You may also like

Hot News

Hubungi Kami via WhatsApp